Periodic Report
Friday, 03 December 2021
Publication
Jumat, 03 Desember 2021 - USDCAD sedang bergerak untuk menguji zona penting 1.3000 yang diekspektasi akan terus bertindak sebagai patokan hingga beberapa hari mendatang. Di tengah kurangnya arus berita fundamental Kanada yang baru, pedagang USDCAD terutama berfokus pada valuasi Dolar AS dan tajuk dari pasar minyak mentah. Dimulai dengan yang pertama; Dolar AS secara luas netral terhadap rekan-rekan G10 kemarin, meskipun data makro AS dirilis lebih kuat. Klaim pengangguran mingguan awal dan PHK penantang November kemarin keduanya dirilis lebih baik dari yang diharapkan. Rilis tersebut menyusul setelah survei IMP Manufaktur ISM November dan perkiraan perubahan pekerjaan ADP yang kuat. Namun, USD mungkin masih mengabaikan data yang kuat karena secara luas sesuai dengan narasi kekuatan ekonomi/pasar tenaga kerja AS yang sebeumnya diserukan oleh The Fed.
Jumat, 03 Desember 2021 - Pada penutupan pekan pagi ini, harga minyak terpantau bergerak tertekan dibebani oleh keputusan OPEC+ untuk tetap menaikkan produksi di tengah potensi melemahnya permintaan yang dipicu oleh ancaman varian Omicron. Selain itu, penerapan aturan perjalanan internasional AS juga turut membebani pergerakan harga minyak lebih lanjut.
Jumat, 3 Desember 2021 - Harga emas bergerak tertekan dan masuki zona $1770 sejak sesi perdagangan semalam, dengan harapan terhadap the Fed semakin tinggi untuk melakukan perubahan suku bunga lebih agresif. Tekanan pada harga emas juga diakselerasi oleh rilis data AS yang cukup baik semalam.
Thursday, 02 December 2021
Publication
Kamis, 02 Desember 2021 - USDJPY berjuang untuk mempertahankan kenaikan harian pertama sejak awal pekan ini, bergerak di sekitar 113.00 di awal hari ini. Harga tampaknya cenderung mengambil petunjuk dari rebound USD dan lonjakan volatilitas pasar global untuk menggambarkan pergerakan terbaru - terlacak di tengah kekhawatiran beragam atas langkah Fed selanjutnya dan krisis Omicron. Terbaru, kasus Omicron pertama di AS telah mendorong pemerintahan Presiden Joe Biden untuk memperpanjang aturan mengenakan masker di angkutan umum - memperluas persyaratan bagi para pelancong untuk memakai masker di pesawat terbang, kereta api dan bus dan di bandara dan stasiun kereta api hingga pertengahan Maret.
Kamis, 2 Desember 2021 - Harga emas kembali berkonsolidasi di sekitar zona $1780. Pergerakan harga emas terlihat berfluktuasi jelang rilisnya data penting terkait kondisi sektor ketenaga kerjaan AS. Oleh sejumlah data yang ada pasar juga terlihat bingung apakah nantinya the Fed akan mempercepat proses pengetatan ekonomi.
Kamis, 02 Desember 2021 - Setelah ditutup bearish pada perdagangan kemarin yang dipicu oleh laporan EIA serta berita penemuan kasus pertama varian Omicron di AS dan Arab Saudi, pergerakan harga minyak pagi ini terkoreksi menguat didukung oleh keyakinan bahwa OPEC+ akan kembali mengetatkan produksinya serta sinyal penyesuaian waktu perilisan cadangan minyak strategis dari negara-negara konsumen minyak utama.
Rabu, 01 Desember 2021 - AUDUSD coba rebound kuat pagi ini mulai menguji ke sekitar 0.7160, setelah kenaikan awal yang terlacak katalisnya dari rilis PDB Q3 Australia yang lebih baik dari perkiraan pagi ini. PDB kuartal ketiga (Q3) Australia dirilis naik melewati ekspektasi 3.0% YoY menjadi 3.9% sementara angka QoQ cenderung masih kontraksi meski di atas konsensus pasar -2.7% menjadi -1.9%. Sebelumnya masih dari data, PMI Manufaktur Commonwealth Bank Australia melonjak melewati angka 58.2 menjadi 59.2 untuk November. Kendati demikian, harga dinilai akan tetap bergantung pada katalis risiko di tengah kekhawatiran beragam atas varian Omicron. Juga menantang AUDUSD sebagai pasangan barometer risiko adalah ketakutan reflasi dan kesengsaraan kenaikan suku bunga Fed yang berasal dari komentar dari Ketua Federal Reserve (Fed) Jerome Powell semalam.
Rabu, 01 Desember 2021 - Harga minyak pagi ini terpantau mengalami koreksi ke zona bullish mendekati pertemuan OPEC dan sekutunya, yang diperkirakan OPEC+ akan memperketat produksinya melihat dari ancaman varian Omicron yang semakin mengkhawatirkan. Sementara itu, pernyataan dari CDC dan Moderna, serta laporan API memberikan sentimen negatif terhadap pasar minyak yang membatasi pergerakan harga minyak lebih lanjut.
Historical Price
Get our historical price data to enrich your market analysis.

Analyze more accurately with our historical price data

ICDX market historical price data is an important indicator for your technical analysis and will help you give a more accurate market analysis.

Product
Tin Price
Daily price update for tin price based on the tin exchange at ICDX
Select Product
Date Day Product Settlement Ydsp Change Volume UOM
Physical Price
Daily price update for physical product based on the physical product at ICDX
Select Physical Product
Date Day Product Settlement Ydsp Change Volume UOM
Member of
© Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 3002 7788