Home
>
News
>
Publication
Articles
Di dalam pasar yang terbuka dan tidak banyak intervensi, harga komoditi senantiasa ditentukan oleh kekuatan pasokan (supply) dan kebutuhan pasar (demand).
Kamis, 18 April 2024 – Pasangan mata uang Pound naik ke areal 1.2450. Naiknya kinerja mata uang Poundsterling terdukung oleh terhentinya kenaikan mata uang USD akibat penurunan imbal hasil Treasury AS. Ketua The Fed Jerome Powell mengatakan perekonomian AS telah menunjukkan kinerja yang cukup kuat dan mengakui bahwa data terbaru menunjukkan kurangnya kemajuan lebih lanjut dalam inflasi sehingga menurunkan harapan penurunan suku bunga The Fed dalam waktu dekat ini. Powell menambahkan, "Data terbaru jelas tidak memberi kita kepercayaan diri yang lebih besar dan malah menunjukkan bahwa kemungkinan akan memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan untuk mencapai kepercayaan tersebut," sehingga inflasi berada di jalur menuju 2%. Dia berkata, "Mengingat kekuatan ekonomi pasar tenaga kerja dan kemajuan inflasi sejauh ini, adalah hal yang tepat untuk memberikan kebijakan restriktif lebih lanjut dan membiarkan data serta prospek yang berkembang memandu kita.”
Kamis, 18 April 2024 - Harga minyak mentah pagi ini terpantau bergerak terkonsolidasi di tren bearish dibebani oleh beberapa sentimen negatif antara lain laporan stok EIA, potensi perang dagang antara China dengan Eropa, serta dukungan para pemimpin Eropa untuk mencegah meluasnya konflik antara Israel dengan Iran.
Kamis, 18 April 2024 - Harga emas kembali menguat diangka $2368 setelah mengalami koreksi pada hari perdagangan sebelumnya. Harga emas masih dapat terdongkrak terlepas pernyataan hawkish pejabat the fed yang mengindikasikan pemotongan suku bunga AS yang lebih lama, hal ini disebabkan karena permintaan akan safe-haven asset melonjak ditengah ketegangan geopolitik.
Rabu, 17 April 2024 – Pergerakan pasangan mata uang ini naik ke zona 1.3827 setelah rilisnya IHK Kanada yang meningkat meskipun masih sejalan dengan target Bank of Canada serta komentar hawkish dari ketua The Fed Jerome Powell.
Rabu, 17 April 2024 - Harga emas tetap melambung di area $2385 ditengah kisruhnya ketegangan politik di Timur Tengah setelah Iran melancarkan serangan balasan ke Israel walaupun ekspektasi pasar atas penurunan suku bunga AS di bulan Juni memudar setelah data inflasi AS menunjukan angka yang belum sesuai ekspektasi serta meningkatnya imbal hasil tresuri AS di level 4,63%.
Rabu, 17 April 2024 - Harga minyak pagi ini terpantau bergerak tertekan dipicu oleh proyeksi perlambatan ekonomi global serta rilisnya laporan stok AS. Meski demikian, potensi sanksi tambahan dari AS yang menargetkan sektor minyak Iran dan ketidakpastian sikap Israel dalam merespon Iran membatasi penurunan harga lebih lanjut.
Selasa, 16 April 2024 – Harga emas meningkat ke zona $2382 per troy ons akibat ketegangan di Timur Tengah, meskipun ketika dolar AS menyusul kenaikan penjualan ritel AS yang lebih tinggi dari perkiraan pada bulan Maret, menambah kekhawatiran bahwa Federal Reserve dapat menunda pemotongan suku bunga tahun ini.
Member of
© Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 3002 7788