Home
>
News
>
Publication
>
Apa itu Komoditas
Apa itu Komoditas
Wednesday, 01 September 2021

Apa Itu Komoditas

Pengertian komoditas adalah benda berwujud yang nyata, atau bahan mentah dari hasil bumi suatu negara atau wilayah yang layak untuk diperjualbelikan di pasar internasional dengan mutu yang sesuai standar pasar ekspor dan impor atau dapat ditukarkan dengan jenis barang lain yang nilainya sama. Pada perdagangan komoditas akan mementingkan kesetaraan harga dan nilai suatu produk, sehingga tidak memperdulikan merek apa dan siapa yang memproduksinya. Menurut sejarahnya, komoditas dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan sumber dan cara memperolehnya yaitu diawali dengan produk primer seperti produk pertanian, pertambangan, dan energi.  

Komoditas Pertanian

Komoditas pertanian merupakan berbagai produk hasil dari usaha tani yang dapat diperjualbelikan, disimpan, dan dipertukarkan. Komoditas pertanian meliputi hasil perkebunan, tanaman pangan, perikanan budidaya dan tangkap, peternakan, tanaman hortikultura kelompok sayuran dan buah-buahan, dan komoditas kehutanan. Hasil perkebunan dapat berupa kelapa sawit, teh, tebu, cengkeh, karet, kelapa, dan tembakau. Sedangkan komoditas  tanaman pangan dapat berupa pangan pokok seperti padi, jagung, ubi kayu, ubi jalar, maupun kacang-kacangan. Pada komoditas perikanan dapat dibagi menjadi kelompok perikanan budidaya dan kelompok perikanan tangkap. Contoh perikanan budidaya dapat dihasilkan dari budidaya laut, sawah, keramba, kolam, tambak dan jaring apung. 

Sedangkan contoh hasil dari perikanan tangkap dapat bersumber dari tangkapan laut atau air tawar yang dikelompokkan menjadi kelompok ikan, binatang berkulit keras, binatang lunak, dan tanaman air. Hasil perikanan juga termasuk ke dalam klasifikasi komoditas pertanian yang berupa daging sapi, kerbau, kambing, ayam (kampung & ras), babi, telur, susu segar, dan pakan ternak yang biasanya dijual dalam satuan pon. Adapun tanaman hortikultura yang termasuk dalam komoditas pertanian yaitu kelompok sayuran dan buah-buahan. Kelompok sayuran dapat berupa cabai rawit, cabai merah, bawang putih, bawang merah, bayam, sawi, tomat, wortel, dll. 

Sedangkan contoh kelompok buah-buahan yaitu apel, alpukat, jeruk, nangka, pisang, rambutan, pepaya, dll. Hasil kehutanan seperti kayu bulat dan kayu bakar juga termasuk di dalam komoditas pertanian yang layak untuk diperdagangkan di perdagangan internasional. 

Komoditas Pertambangan

Komoditas pertambangan merupakan produk yang diperoleh dari kegiatan pengambilan endapan pada lapisan kulit bumi di permukaan maupun di bawah permukaan bumi, serta di bawah permukaan air yang memiliki nilai ekonomis tinggi untuk diperjualbelikan di bursa internasional. Proses pertambangan ada beberapa tahapan yaitu: prospeksi dan analisa, eksplorasi, eksploitasi dan pemurnian hingga didapatkan hasil tambang murni. Hasil dari pertambangan ini dapat berupa logam dan energi. Hasil pertambangan yang berupa logam dibagi menjadi dua kelompok yaitu logam mulia atau berharga dan logam industri. Contoh dari logam mulia antara lain yaitu emas, perak, platinum, dan palladium. 

Sedangkan jenis logam industri berupa batubara, minyak dan gas bumi, bijih nikel, bijih bauksit, bijih mangan, bijih tembaga, bijih timah, aluminium, magnesium, titanium, karbon, pasir besi, dll. Satuan yang digunakan dalam perdagangan komoditi pertambangan ini adalah ons, kilogram, ton dan metrik.

Komoditas Energi

Komoditas energi sebenarnya berasal dari kegiatan eksplorasi pertambangan juga, tetapi yang membedakan dengan jenis komoditi pertambangan adalah terletak pada fungsinya yang digunakan khusus sebagai bahan bakar. Biasanya produk energi ini dapat berupa minyak bumi yaitu bensin, diesel, crude oil, dan batu bara. Satuan yang digunakan dalam perdagangan komoditi energi ini adalah ton, barrel, dan metrik

Ciri khas dari perdagangan komoditi ini terletak pada harganya yang sangat fluktuatif karena adanya pengaruh perubahan iklim dan cuaca yang tidak menentu, kapasitas produksi yang berubah-ubah karena ada beberapa komoditas pertanian yang mengandalkan musim dan kuantitas hasil panen, adanya aturan pemerintah dan situasi politik suatu negara juga dapat mempengaruhi harga komoditi bisa naik atau turun secara tiba-tiba. Fluktuasi harga pada perdagangan komoditas memang menjadi salah satu resiko yang harus dihadapi para trader komoditi. 

Sesuai dengan hukum dasar ekonomi, penentuan harga setiap harinya ditentukan oleh permintaan dan penawaran pasar yang dipengaruhi oleh harga komoditi itu sendiri, adanya komoditi sejenis ataupun substitusinya, kapasitas produksi, permintaan konsumen, dan ekspektasi dari pasar. Sehingga tidak menutup kemungkinan ketika pasar menawarkan barang yang terbatas, maka akan selalu ada permintaan konsumen yang tidak bisa terpenuhi secara keseluruhan. Keuntungan seorang produsen diperoleh ketika suatu harga komoditas mengalami kenaikan maka produsen bisa menjual komoditinya dengan harga yang lebih tinggi. 

Tetapi sebaliknya, konsumen akan merugi karena harus membayar dengan harga yang lebih tinggi untuk jumlah komoditi yang sama. Untuk mengatasi ketidakpastian ini maka di perdagangan komoditi secara konvensional diberlakukan kontrak berjangka yang mengatur standarisasi terkait volume, jumlah, dan kualitas minimal yang boleh masuk di perdagangan bursa komoditas. Dengan adanya standarisasi ini akan membuat komoditas menjadi salah satu aset investasi pilihan yang tepat karena lebih terpercaya dari segi kualitas dan keamanan pada perdagangan di bursa komoditas. 

Berinvestasi dengan komoditas berjangka juga memungkinkan seorang trader mendapat keuntungan ketika fluktuasi harga sedang naik maupun turun dan tidak perlu mengkhawatirkan tentang penyimpanan komoditi secara fisik. Potensi keuntungan berinvestasi di bursa berjangka komoditi bisa lebih besar dibandingkan dengan deposito, saham dan obligasi. Pemilihan pialang berjangka pada pasar komoditi harus dilakukan dengan berhati-hati karena memiliki risiko lebih besar. Perkembangan perdagangan di bursa komoditi saat ini membuatnya menjadi peluang bisnis baru karena pergerakannya di pasar global dapat diakses dengan mudah dan juga aman. 



(forextradingbursa berjangkakomoditi)

Member of
© 2020. Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 3002 7788