Home
>
GOFX Article
>
Trading Emas Online Aman dengan Produk Berjangka
Trading Emas Online Aman dengan Produk Berjangka
Wednesday, 01 September 2021

Btari Nadine

Apa itu Trading Emas Online?

Trading emas online adalah proses jual-beli emas secara online tanpa ada perpindahan fisik emas, melainkan penyelesaian transaksi secara tunai. Namun dalam beberapa kasus, penyelesaian transaksi dengan penyerahan emas fisik pada pembeli bisa terjadi, sesuai dengan ketentuan dalam kontrak aset emas yang diperjualbelikan.

Beberapa opsi produk trading emas online termasuk kontrak spot (contoh: GOLDUD) dan kontrak berjangka emas. Apa perbedaan keduanya? Akan kita bahas juga pada artikel ini.

Mengenal Kontrak Emas GOLDGR

Jika selama ini trading emas online melalui produk berjangka (futures) umumnya tersedia dalam satuan mata uang US Dollar dan satuan bobot emas troy ons, kini Anda dapat trading emas dengan satuan Rupiah dan gram!

Tentu konversi kurs dan bobot emas bukan lagi jadi penghambat, kan? Sebagai salah satu variasi produk emas GOFX, kontrak berjangka GOLDGR hadir untuk menyesuaikan kebutuhan masyarakat Indonesia akan instrumen keuangan dengan peluang dinamis dan transaksi dalam denominasi Rupiah per gram.

GOLDGR merupakan jenis Kontrak Berjangka Emas dengan satuan gram yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia yang terbiasa bertransaksi dengan satuan gram dan bukan troy ons.

Menyesuaikan dengan kebutuhan investor emas Indonesia, maka Kontrak Berjangka Emas GOLDGR ini ditransaksikan dalam denominasi Rupiah per gram. Denominasi tersebut diharapkan dapat memudahkan investor emas Indonesia dalam bertransaksi emas berjangka.

Apa saja keuntungan transaksi emas berjangka?

Diversifikasi Portofolio

Kontrak emas berjangka, yang tergolong sebagai produk derivatif (turunan), dapat menjadi sarana diversifikasi portofolio investasi. Selain karakteristik dasar emas yang cenderung stabil terhadap krisis, kontrak berjangka emas dapat memberikan peluang keuntungan dari pasar yang berbeda dengan aset-aset emas lainnya.

Peluang Keuntungan Baru

Kontrak emas berjangka memungkinkan investor untuk mengelola keuntungan secara aktif sekaligus mencari sarana lindung nilai. Dengan strategi yang matang, investor dapat memperoleh keuntungan dari pergerakan harga emas di pasar.

Keamanan

Kontrak emas berjangka GOFX ditransaksikan langsung di dalam bursa ICDX yang diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), di bawah Kementerian Perdagangan. Seluruh transaksi juga diselesaikan oleh lembaga kliring Indonesia Clearing House (ICH) yang terintegrasi dengan ICDX. Seluruh produk GOFX, termasuk kontrak GOLDGR, hanya tersedia oleh pialang-pialang (broker) anggota ICDX yang telah terdaftar di Bappebti.

Fleksibilitas

Jika hanya ingin memperoleh keuntungan, investor pun tidak perlu memusingkan soal penyimpanan emas fisik, sebab penyelesaian transaksi dapat dilakukan secara tunai tanpa perlu serah terima fisik terlebih dahulu.

Bedah Kontrak Emas Berjangka GOLDGR

Dasar yang digunakan pada Kontrak Berjangka Emas GOLDGR adalah emas berkadar 999.9. Kadar emas tersebut biasanya merupakan emas yang tergolong Logam Mulia (LM) dan bukan perhiasan.

Mengapa Logam Mulia yang menjadi dasar kontrak?

Sebab LM memiliki tingkat kemurnian yang paling tinggi dan digunakan sebagai instrumen investasi dan bukan digunakan sebagai perhiasan yang dapat tergerus nilainya. Alasan lainnya adalah karena LM dengan kadar tersebut merupakan kadar yang telah terstandardisasi oleh London Bullion Market Association (LBMA).

Satuan kontrak ini mungkin cukup besar bagi sebagian investor, yakni sebesar 100 gram per lot atau setara dengan Rp85.000.000. Namun, produk ini berbentuk kontrak berjangka dan transaksi pada bulan-bulan berjangkanya menggunakan margin sekitar 4% dari total nilai transaksi. Sehingga, dana yang dibutuhkan untuk membeli 1 lot emas (100 gram emas) hanya sebesar Rp3.400.000.

Nilai tersebut jika dibandingkan membeli emas yang fisik hanya mampu mendapatkan kurang dari 5 gram, sehingga dengan kontrak GOLDGR ini maka dana yang dimiliki sekitar 5 gram emas pada nilai saat ini, dapat memiliki kontrak Emas dengan besaran 100 gram.

Perbedaan Kontrak Emas GOLDGR dan GOLDUD

Selain kontrak GOLDGR, GOFX telah meluncurkan terlebih dahulu kontrak emas GOLDUD. Apa bedanya?

Denominasi

GOLDUD merupakan kontrak gulir harian emas US Dollar dengan satuan troy ons, sementara GOLDGR menggunakan Rupiah dan gram.

Jangka Waktu

Transaksi kontrak GOLDUD akan terus bergulir setiap harinya dan akan ditutup ketika pelaku pasar melakukan pembukaan posisi yang berlawanan atau dengan menutup posisinya. Sementara pada GOLDGR, setiap pelaku pasar bebas melakukan pembukaan posisi sesuai strategi perdagangannya, baik pada bulan-bulan jauh dari penyerahan (Bulan Berjangka) hingga 12 bulan ke depan maupun pada bulan Spot (Bulan Penyerahan). 

Harga

Transaksi yang dilakukan pada kontrak GOLDUD hanya dapat dilakukan pada satu harga, yakni pada harga spot. Sementara harga kontrak GOLDGR bervariasi.

Salah satu ciri khas dari perdagangan kontrak berjangka (GOLDGR), yaitu terdapat perbedaan pada transaksi yang dilakukan di bulan berjangka dan di bulan penyerahan. Transaksi pada bulan berjangka akan dikenakan tingkat margin yang lebih rendah, yaitu sebesar Rp1.600.000 atau kurang dari 4% dari total nilai transaksi. Sementara pada bulan penyerahan, margin yang dikenakan akan lebih tinggi mencapai 30% dari nilai kontrak atau sekitar Rp24.750.000 per lot (SEB 301).

Kenaikan tingkat margin tersebut terjadi pada saat awal ketika memasuki bulan penyerahan. Kenaikan tersebut dimaksudkan supaya para pelaku pasar yang memiliki posisi terbuka pada kontrak berjangka untuk dapat mempersiapkan dananya menjelang hari penyerahan yang pada akhirnya harus menyerahkan dana sebesar nilai transaksi yang dilakukan.

Pada transaksi Kontrak Berjangka Emas GOLDGR, mekanisme penyelesaian dapat dilakukan dengan beberapa metode, diantaranya adalah dengan mekanisme penyelesaian tunai dan dengan mekanisme penyerahan fisik.

Pada mekanisme penyelesaian tunai, setiap posisi terbuka hingga hari perdagangan akan otomatis ditutup dan dihitung kerugian dan keuntungan atas posisi terbuka tersebut terhadap harga penyelesaian. Sementara pada mekanisme penyerahan fisik, pihak yang bersedia melakukan penyerahan fisik wajib memberitahukan kepada bursa bahwa ia siap untuk melakukan penyerahan atau penerimaan fisik emas. 

Pada mekanisme penyelesaian fisik emas, penyerahan hanya dapat dilakukan apabila terdapat 2 belah pihak yang bersedia melakukan penyerahan dan penerimaan fisik emas. Apabila hanya 1 pihak yang bersedia melakukan penyerahan dan tidak ada yang bersedia melakukan penerimaan, maka penyelesaian kontrak berjangka akan dilakukan menggunakan metode penyelesaian tunai pada Hari Perdagangan Terakhir.

Sementara apabila terdapat beberapa pihak yang berniat melakukan penyerahan fisik, maka alokasi penyerahan dan penerimaan dilakukan dengan metode acak pada setiap akhir hari perdagangan di Bulan Spot. Apabila setelah dilakukan alokasi dengan metode acak tersebut terdapat posisi yang belum terkena alokasi maka akan dilakukan penyelesaian tunai.

Member of
© Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 3002 7788