Home
>
GOFX Article
>
Apa itu Safe Haven? Pengertian, Jenis, dan Keuntungan
Apa itu Safe Haven? Pengertian, Jenis, dan Keuntungan
Friday, 21 October 2022

Apa Itu Safe Haven?

Safe haven adalah aset instrumen investasi yang mampu menjaga nilainya meskipun kondisi perekonomian dunia tidak stabil. Aset investasi ini memiliki nilai yang aman di tengah situasi ekonomi, politik, atau geopolitik yang kacau sehingga nilainya mampu menghadapi volatilitas pasar. Bahkan, aset safe haven ini cenderung memiliki potensi menguat atau meningkat seiring tingginya jumlah permintaan.

Jenis-jenis Aset Safe Haven

1. Emas

Aset emas adalah instrumen investasi yang paling aman dan terpercaya dari masa ke masa. Oleh sebab itu, emas menjadi aset safe haven yang paling investor minati.

Logam mulia sebagai komoditas ini memiliki nilai yang cenderung naik dari tahun ke tahun dan pencetakan logam mulia tidak seperti mata uang. Secara historis, nilai logam mulia juga terkenal dengan sebutan a store of value karena potensi keuntungannya tinggi di tengah inflasi. Bahkan, nilai logam mulia justru akan menguat saat terjadi inflasi. 

2. Surat Berharga Negara (SBN)

Surat Berharga Negara (SBN) adalah surat berharga berupa obligasi yang pemerintah RI terbitkan untuk pembangunan negara. SBN memiliki periode investasi yang beragam. SBN konvensional antara lain Saving Bond Ritel (SBR) dan Obligasi Negara Ritel (ORI). Ada pula produk SBN syariah, antara lain Sukuk Tabungan (ST) dan Sukuk Ritel (SR). Instrumen ini cocok sekali bagi kamu yang ingin mengamankan dana investasimu dalam jangka waktu pendek hingga menengah.

3. US Treasury

Aset ini memiliki risiko keamanan yang terjamin meski kondisi perekonomian sedang tidak stabil. Saat jatuh tempo, pemerintah AS akan melunasi tagihan sesuai dengan nominalnya. Umumnya, investor memilih instrumen ini saat harga saham mengalami kenaikan karena aset US Treasury berpotensi gagal bayar yang sangat rendah.

Keuntungan Memiliki Aset Safe Haven

1. Mengamankan kekayaan

Saat mengalokasikan sebagian penghasilan Anda ke instrumen yang aman ini, Anda tidak perlu merasa cemas di tengah situasi ekonomi yang pelik. Jika melakukan penanaman modal ke instrumen obligasi negara, maka akan mendapatkan imbal hasil berupa kupon selama periode investasi.

2. Nilai stabil di tengah inflasi

Umumnya, kondisi perekonomian yang kritis di suatu negara dapat mempengaruhi inflasi. Hal ini berdampak besar bagi situasi pasar yang semakin tidak stabil. Namun, aset safe haven dapat menjadi “penakluk” inflasi karena nilainya tetap bertahan. Bahkan, aset emas dapat mengalami kenaikan harga di tengah inflasi. Selain itu, logam mulia juga dapat menjadi penyeimbang devaluasi mata uang saa inflasi. Oleh karena itu, nilai instrumen investasi yang aman ini bisa menjadi pilihan aset penanaman modal andalan bagi investor dari berbagai kalangan. 

3. Aset andalan untuk diversifikasi investasi

Dalam berinvestasi, Anda perlu melakukan strategi diversifikasi investasi atau mengalokasikan dana ke berbagai instrumen aset penanaman modal. "Don't put your eggs in one basket". Kalau hanya menaruh di satu aset saja, maka Anda dapat menghadapi risiko kerugian besar saat nilainya mengalami penurunan. Strategi ini penting untuk meminimalisir risiko investasi Anda. 

Ingin memiliki aset Safe Haven kamu sekarang?
Coba sekarang melalui Demo Account
Member of
© Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 3002 7788