Home
>
News
>
Publication
Articles
Minyak kelapa sawit (CPO) merupakan salah satu komoditas unggulan tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Kebutuhan pasar yang besar menjadikan minyak kelapa sawit sebagai minyak nabati yang paling banyak digunakan di dunia.
Articles
Friday, 04 November 2022
Publication
Untuk memfasilitasi transaksi pasar uang syariah, Malaysia menggunakan komoditi murabahah. Penggunaan komoditi murabahah sebagai underlying contract instrument IIMM, juga diperkuat dengan dikeluarkannya Commodity Murabahah Programme (CMP) pada Maret 2007. Bank Negara Malaysia (BNM) mengeluarkan the Commodity Murabahah Programme (CMP) untuk memfasilitasi investasi dan manajemen likuiditas. Penggunaan komoditi murabahah yaitu sebagai kontrak jual beli dimana pihak perbankan membeli komoditi dari pedagang komoditi secara tunai, kemudian dijual kepada nasabah dengan cara tangguh. Kemudian, dikarenakan memiliki tujuan untuk memperoleh uang tunai, nasabah akan menjual komoditi tersebut kepada pihak lainnya secara tunai. Oleh sebab itu, komoditi syariah menjadi instrumen yang paling umum digunakan oleh perbankan syariah untuk menyediakan likuiditas antar bank jangka pendek.
Articles
Teknologi karbon atau teknologi hijau secara umum mengikuti prinsip ekologi dan hukum ekonomi yang ekologis, yaitu penghematan sumber daya dan energi, eliminasi atau pengurangan polusi serta kerusakan lingkungan, dan meminimalkan dampak negatif ekologis dalam proses inovasi.
Articles
Thursday, 03 November 2022
Publication
Isu krisis iklim semakin mengkhawatirkan sehingga urgensi untuk bisnis berkelanjutan semakin meningkat. Sejak revolusi industri, pertumbuhan manusia sangat bergantung pada sektor keuangan. Peran utama sektor keuangan adalah untuk mengelola keuangan global secara efisien dan penggunaan investasi yang tepat bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat.
Articles
Wednesday, 02 November 2022
Publication
Perdagangan unit emisi karbon sukarela merupakan bentuk perdagangan yang bisa memberi insentif berbasis pasar kepada proyek-proyek penurunan emisi. Proyek-proyek yang dapat menyerap emisi karbon dari atmosfer ataupun yang bisa menurunkan emisi karbon yang dilepaskan, bisa mendapatkan sertifikasi atas besarnya unit emisi karbon yang berhasil dikurangi atau dihindari. Unit emisi karbon ini kemudian dapat dijual kepada perusahaan-perusahaan yang berpotensi menghadapi regulasi seperti CBAM di atas atau regulasi terkait pembatasan emisi karbon lainnya. Hasil penjualan tentu digunakan oleh penyelenggara proyek untuk memelihara dan bahkan memperluas proyek penurunan emisi karbon yang dilakukan tersebut.
Articles
Robot trading atau dengan istilah Expert Advisor (EA) merupakan sebuah software komputer yang dapat bekerja secara otomatis untuk memonitor pasar, melakukan kalkulasi peluang entry, menempatkan transaksi, dan melakukan manajemen risiko berdasarkan algoritma yang telah ditanamkan pada basis programnya.
Articles
Monday, 17 October 2022
Publication
Hadirnya berbagai instrumen investasi, mendorong masyarakat untuk memahami instrumen investasi yang akan dipilih. Sebelum investasi, seseorang harus menentukan tingkat risiko dari instrumen yang diambil. Beberapa tahun belakangan, instrumen derivatif mulai dilirik para pelaku pasar sebagai instrumen berinvestasi. Derivatif juga sudah cukup dikenal oleh masyarakat karena potensinya sebagai instrumen investasi.
Articles
Monday, 03 October 2022
Publication
ICDX baru saja meluncurkan kontrak USDHKDMic, yakni kontrak dengan subyek kontrak pergerakan kurs Dollar Amerika Serikat terhadap kurs Dollar Hongkong. Kontrak ini memiliki satuan kontrak yang kecil, yakni US$ 1.000. Selain satuan kontrak yang kecil, untuk bertransaksi USDHKDMic juga hanya diperlukan margin transaksi sebesar US$1 saja. Diantara kontrak-kontrak yang masuk dalam kampanye GOFX, ini adalah kontrak dengan kebutuhan margin paling kecil.
Member of
© Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 3002 7788