Home
>
GOFX Article
>
Mengenal Kontrak Berjangka
Mengenal Kontrak Berjangka
Thursday, 07 October 2021

Kevin Andrew Oktavianus

Apa Itu Kontrak Berjangka?

Kontrak berjangka adalah perjanjian sah antara seller untuk menyerahkan komoditi dalam jumlah yang spesifik dan kualitas yang spesifik dari komoditas tertentu, dalam waktu yang telah ditentukan di masa depan pada harga yang telah disetujui pada saat kontrak pertama kali dilakukan kepada buyer.

Berbeda dengan kontrak forward, kontrak futures diperdagangkan di bursa yang menjadikan keamanan transaksi dan penyelesaian transaksi lebih terjamin. Bursa menstandarisasi komoditi yang diperdagangkan, oleh sebab itu komoditi yang diperdagangkan harus memenuhi spesifikasi tertentu. 

Ketika berspekulasi atau hedging menggunakan kontrak berjangka, pelaku pasar harus mengenal mekanisme kontrak itu berjalan. Pelaku pasar dapat mengenal kontrak berjangka melalui spesifikasi kontrak yang distandarisasikan oleh bursa.

Spesifikasi kontrak menjelaskan jumlah aset dan mutu aset dalam satu kontrak. Spesifikasi kontrak meliputi spesifikasi mutu, bulan perdagangan, Contract Size, Tick Size, dan sebagainya. Berikut contoh spesifikasi kontrak berjangka emas GOLDGR yang diperdagangkan di ICDX.

Ukuran Kontrak

Ukuran kontrak (contract size) menentukan banyaknya jumlah aset yang dapat diperdagangkan dalam setiap kontrak. Ukuran kontrak disesuaikan dengan kebutuhan pasar, sehingga ukuran kontrak dapat efektif diperdagangkan.

Jika ukuran kontrak terlalu kecil menyebabkan hedger (pelaku pasar yang menggunakan kontrak berjangka untuk tujuan lindung nilai, bukan spekulasi) dari pelaku bisnis sulit bertransaksi di pasar, karena terlalu sulit untuk melakukan lindung nilai, selain itu juga membutuhkan banyak biaya untuk bertransaksi terkait biaya yang dibebankan pada tiap kontrak.

Sebaliknya, jika ukuran kontrak terlalu besar, speculators (pelaku pasar yang menggunakan kontrak berjangka untuk memperoleh keuntungan dari pergerakan harga saja) sulit untuk berspekulasi karena terlalu besarnya ukuran kontrak.

Spesifikasi Mutu

Spesifikasi mutu menentukan standar mutu dari komoditas yang diperdagangkan di bursa. Pada dasarnya standar mutu disesuaikan dengan kualitas akhir produksi dari suatu daerah dalam memproduksi suatu komoditas dan biasanya merujuk pada standar yg telah berlaku di pasar fisik, sebagai contoh untuk mutu Crude Palm Oil (CPO) umumnya pelaku pasar menggunakan standarisasi mutu yang ditetapkan dalam pasar fisik CPO Malaysia karena memang standar mutu yang ditetapkan lebih tinggi sehingga lebih memenuhi kebutuhan dari pengguna akhir produk-produk CPO.

Bulan Kontrak

Bulan kontrak adalah tenggat akhir waktu kapan kontrak tersebut aktif diperdagangkan. Bulan kontrak juga disesuaikan dengan waktu produksi komoditi tertentu khususnya agrikultur, karena bulan panen juga mendasari penentuan bulan kontrak aktif diperdagangkan.

Maka dari itu, bulan kontrak setiap komoditi dapat berbeda-beda disebabkan faktor-faktor yang mendasari produksi dan kebutuhan pasar dari komoditi tersebut. Jika komoditi agrikultur atau pertambangan, bulan kontrak tersedia setiap bulan, maka akan sedikit berbeda dengan komoditi finansial, seperti indeks saham yang bulan kontraknya tersedia setiap kuartal menyesuaikan dengan rilis laporan keuangan kuartalan. 

Tick Size

Tick size merupakan perubahan harga minimum yang berlaku pada suatu kontrak. Contohnya tick size dalam kontrak berjangka emas GOLDGR yang diperdagangkan di ICDX memiliki tick size sebesar Rp100 per gram maka harga dapat berubah setiap Rp100 dan kelipatannya.

Tick Size ditentukan berdasarkan perhitungan efektifitas terhadap pasar, contohnya jika tick size terlalu tinggi akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menunggu harga berubah, sementara akan menyebabkan perubahan ekuitas yang terlalu besar baik naik maupun turun. Namunm jika tick size terlalu rendah, maka akan mengakibatkan pelaku pasar membutuhkan waktu untuk break-even point-nya dalam transaksi suatu komoditas.

Member of
© Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 3002 7788