Home
>
GOFX Article
>
Cara Trading dengan Triangle Pattern
Cara Trading dengan Triangle Pattern
Thursday, 25 November 2021

Diperbarui 2024

Apa Itu Triangle Pattern

Triangle Pattern Merupakan pola gabungan yang terjadi di tengah tren. Pola ini umumnya menandakan kelanjutan (kontinuitas) dari tren yang telah ada. Trader biasanya menunggu momen 'breakout' sebagai sinyal untuk masuk pasar. 

Jenis-jenis Triangle Pattern

Ascending Triangle Pattern

Pola grafik segitiga ini terjadi saat harga bergerak naik tapi tertahan di level resistance, sehingga pergerakan harga memusat ke level resistance tersebut. Ini berarti, pembeli mulai mendapatkan kekuatan karena mereka membuat posisi terendah yang lebih tinggi.

Mereka terus memberikan tekanan pada level resistance tersebut hingga harga menembus resistance (breakout). Terkadang level resistance terlalu kuat dan daya beli yang ada tidak ada cukup untuk mendorongnya. Namun dalam banyak kasus, setelah breakout harga akan terus naik, melanjutkan tren sebelumnya. 

Pola ini menghasilkan target yang jelas, yakni berdasarkan ketinggian maksimal dari Ascending Triangle, yang umumnya menguntungkan pembeli. Sebagai pembeli, disarankan untuk menetapkan entry di atas garis resistensi dan di bawah kemiringan titik terendah yang lebih tinggi.


Descending Triangle Pattern

Terjadi saat harga bergerak turun tapi tertahan di level support, sehingga pergerakan harga memusat ke level support tersebut. Saat harga menembus level support (breakdown) biasanya harga akan terus turun melanjutkan tren sebelumnya. Pola ini umumnya menguntungkan penjual.

Grafik pada pola ini menunjukkan bagaimana harga secara bertahap membuat harga tertinggi yang lebih rendah. Dalam beberapa kasus, garis support akan terlalu kuat, dan harga akan terpental dan membuat pergerakan naik yang kuat. Namun, kebanyakan kasus menunjukkan harga pada akhirnya akan menembus garis support dan terus turun.

Ketika hal ini terjadi, disarankan agar menempatkan entry order di atas garis atas (lower highs) dan di bawah garis support.

Symmetrical Triangle Pattern

Segitiga simetris adalah formasi grafik di mana kemiringan harga tertinggi dan kemiringan harga terendah bertemu bersama ke titik yang terlihat seperti segitiga. Grafik ini menunjukkan bahwa pasar membuat nilai tertinggi yang lebih rendah dan posisi terendah yang lebih tinggi. 

Dengan kata lain, pembeli maupun penjual tidak ada yang mendorong harga terlalu jauh untuk menciptakan tren yang jelas. Jika ini sebuah kompetisi, bisa dikatakan pola ini menunjukkan hasil seri.

Pada pola ini, arah pergerakan harga selanjutnya tidak diketahui. Umumnya, jika harga berhasil menembus salah satu trendline (naik atau turun) maka pergerakannya akan berlanjut. Jadi, bagaimana trader bisa memanfaatkan situasi ini?

Sederhana. Trader dapat menempatkan order masuk di atas kemiringan lower highs dan di bawah kemiringan higher lows. Karena kita sudah tahu bahwa harga akan menembus, kita bisa ‘menumpang’ ke arah mana pun pasar bergerak.

Member of
© Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 4050 7788