Home
>
GOFX Article
>
Apa itu Depth Of Market?
Apa itu Depth Of Market?
Monday, 05 September 2022

Apa itu Depth of Market dalam MetaTrader 5? 

MetaTrader5 merupakan platform trading multi-aset yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Metaquotes. Platform trading ini sangat populer para trader di dunia gunakan.

MetaTrader5 bisa digunakan untuk memantau pasar keuangan secara real time kapan pun dan di mana pun, melakukan transaksi pembelian dan penjualan dengan cepat, serta tanpa perantara dan transparan melakukan transaksi perdagangan multilateral.

Salah satu fitur yang paling menarik dari MetaTrader5 adalah fitur Depth of Market (DOM). Fitur DOM ini memungkinkan trader untuk bisa memantau informasi tentang likuiditas pasar.

Jika berbicara soal likuiditas dalam bursa komoditi, maka kita akan memperhatikan ramai atau tidaknya pasar suatu komoditi. Semakin ramai perdagangannya (banyak trader yang terlibat), semakin mudah bagi nasabah untuk bertransaksi jual atau beli dalam jangka waktu singkat. Inilah yang disebut likuid.

Perlu Anda ketahui bahwa DOM ini terbentuk dari harga yang muncul oleh penawaran (harga jual) dan pembelian (harga beli) yang trader inginkan.

DOM ini juga sering kali kita kenal sebagai order book karena terdiri dari daftar pesanan tertunda yang diurutkan berdasarkan tingkat harga dan diperbarui real time untuk menampilkan aktivitas saat ini. Data dalam buku tersebut berguna untuk menentukan transaksi-transaksi mana yang akan terproses.

Kegunaan Depth of Market

  1. DOM sangat cocok bagi para trader yang menggunakan pendekatan scalping atau trading dalam jangka waktu yang singkat. Dengan mengukur penawaran dan permintaan secara real time, maka DOM para trader di gunakan untuk menentukan kemungkinan arah harga aset sehingga Anda dapat menentukan waktu yang optimal untuk membeli atau menjual suatu aset.
  2. Trader juga bisa menggunakan DOM untuk memahami bid ask spread pada sebuah aset bersamaan dengan volume saat ini.
  3. DOM juga digunakan untuk mengukur jumlah aset yang bisa dibeli tanpa menyebabkan harganya terapresiasi atau naik.
  4. Apabila suatu aset sangat likuid, maka aset tersebut memiliki banyak pembeli dan penjual. Pembeli bisa membeli aset dalam jumlah besar tanpa menyebabkan pergerakan harga yang substantial.
  5. Sedangkan jika aset tidak terlalu likuid, maka aset tidak diperdagangkan secara konstan. Membeli aset dalam jumlah besar dapat memberikan dampak yang berpengaruh pada harga aset tersebut.
  6. Apabila trader mampu melihat informasi DOM pada suatu aset dalam keadaan real time, maka bisa memungkinkan trader untuk mendapatkan keuntungan dari volatilitas harga jangka pendek.
Member of
© Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 3002 7788