Home
>
News
>
Publication
>
USDJPY Gagal Lanjutkan Reli di Balik Sentimen Hati-Hati Pasar
USDJPY Gagal Lanjutkan Reli di Balik Sentimen Hati-Hati Pasar
Wednesday, 13 October 2021

Indikator Harga

 

Pembukaan

% Perubahan

EURUSD

1.15260

0.23%

GBPUSD

1.35860

0.20%

AUDUSD

0.73500

-0.18%

NZDUSD

0.69300

0.07%

USDJPY

113.600

-0.17%

USDCHF

0.93110

-0.19%

USDCAD

1.24630

-0.02%

GOLDUD

1759.775

0.10%

USD/IDR

14205

0.09%

Fokus USDJPY:

  1. USDJPY mundur dari upaya reli hari kelima
  2. Yen diuntungkan pelarian ke safe-haven

Rabu, 13 Oktober 2021 - USDJPY mulai beringsut lebih rendah pagi ini dan turun ke terendah baru harian, di sekitar wilayah 113.3. Pasangan ini menyaksikan beberapa aksi jual dan mengikis sebagian besar kenaikan semalam ke level tertinggi sejak Desember 2018. - menandai hari pertama pergerakan negatif dalam lima sesi terakhir. Kekhawatiran akan kembalinya stagflasi, bersama dengan kekhawatiran tentang limpahan dari krisis utang China Evergrand terus membebani sentimen investor. Ini, pada gilirannya, memperpanjang beberapa dukungan ke safe-haven Yen Jepang dan ternyata menjadi faktor kunci yang memberikan tekanan pada pasangan USDJPY. Di sisi lain, dari dalam negeri, Indeks sentimen Reuters Tankan untuk manufaktur turun ke 16 pada Oktober dari 18 pada bulan sebelumnya.

Tekanan bearish lebih lanjut mengambil isyarat dari pullback semalam yang disaksikan imbal hasil obligasi Treasury AS, yang membuat USD defensif. Terlepas dari ini, penurunan pasangan juga dapat dikaitkan dengan aksi ambil untung di tengah kondisi overbought - setidaknya untuk jangka pendek. Meskipun demikian, penurunan kemungkinan akan tetap tertahan di tengah ekspektasi pengetatan kebijakan awal oleh The Fed. Terlepas dari berita utama NFP yang mengecewakan pada hari Jumat, investor tampaknya yakin bahwa The Fed tetap berada di jalur untuk mulai menggulirkan kembali stimulus besar-besaran era pandemi segera setelah November. Oleh karena itu, fokus bergeser ke angka inflasi konsumen AS, yang akan dirilis nanti malam, diikuti oleh rilis risalah rapat kebijakan moneter FOMC.

Pada saat penulisan, USDJPY bergerak dengan fokus zona support penting terdekat di level 113.200 dengan resistance terdekatnya berada di areal 113.600. Sementara, resistance terjauhnya berada di sekitar areal 114.000 dan support terjauhnya di 112.900.

AUDUSD - AUDUSD memperpanjang kemunduran akhir hari sebelumnya dari puncak lebih dari satu bulan dan terus melemah pagi ini - ke posisi terendah dua hari, di sekitar wilayah 0.7330. Kemunduran belum memiliki katalis fundamental yang jelas dan dapat dikaitkan dengan beberapa aksi ambil untung di tengah suasana hati-hati yang luas, yang cenderung mendorong arus menjauh dari AUD yang dianggap lebih sensitif risiko. Kekhawatiran tentang kenaikan inflasi yang lebih cepat dari perkiraan dan tanda-tanda perlambatan pemulihan ekonomi global telah memicu kekhawatiran tentang stagflasi. Selain itu, kekhawatiran akan dampak krisis utang China Evergrand terus membebani sentimen investor Antipodean. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.73300 dan resistance di 0.73500.

EURUSD - EURUSD ikut tertekan sejak sesi perdagangan semalam, masih tanpa ada tanda-tanda rebound yang berarti. Pasangan diperdagangkan di dekat posisi terendah tahun 2021. Sentimen pasar masih dalam lingkungan risk-off, tergambar dari penurunan kinerja indeks saham AS. Faktor-faktor seperti tekanan inflasi yang terutama didorong oleh harga energi yang tinggi, kekurangan pasokan, dan penurunan kepercayaan konsumen membuat investor tidak tertarik pada Euro lebih jauh. Di makroekonomi, Jerman merilis Sentimen Ekonomi dan Situasi Saat Ini Survei ZEW untuk Oktober. Sentimen Ekonomi Jerman naik menjadi 223 lebih rendah dari perkiraan 24, sedangkan pembacaan Situasi Saat Ini naik menjadi 21.6, lebih buruk dari perkiraan 29.5, dan membuntuti 31.9 di September. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.15400 dan resistance di 1.15700.

GBPUSD - GBPUSD hampir tidak berubah pagi ini, masih diperdagangkan untuk menguji level 1.36 - dengan nada negatif mengelilingi sentimen pasar. Dalam kalender ekonomi Inggris, Claimant Count Change (MoM) untuk bulan September naik ke -51.1 ribu lebih baik dari pembacaan Agustus di -58.6 ribu. Pada saat yang sama, Tingkat Pengangguran ILO turun menjadi 4.5%, dibandingkan pembacaan sebelumnya sebesar 4.6%, sesuai dengan ekspektasi. Reaksi pasar diredam, meninggalkan pasangan GBPUSD terutama dipengaruhi oleh sentimen pasar, terkait pengumuman pengurangan obligasi Federal Reserve, dan kemungkinan Bank of England menaikkan suku bunga. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.36000 dan resistance di 1.36300.

NZDUSD - NZDUSD terus bergerak lebih rendah pagi ini, dengan tekanan di pasar yang membuat investor gelisah. USD menarik aliran modal pada daya tarik safe-haven di tengah sentimen risk-on dan anggota Fed yang hawkish. Di sisi lain, Kiwi kehilangan momentum karena berkurangnya selera risiko di kalangan investor setelah pembaruan pembatasan COVID-19 dan data ekonomi yang beragam. Dalam perkembangan terakhir, prospek Auckland tetap suram dengan jumlah kasus aktif virus COVID baru melonjak lima kali lipat sejak seminggu lalu. Di sisi data ekonomi, Inflasi Pangan di Selandia Baru melonjak 4% pada September secara tahunan dari 2.8% di bulan sebelumnya. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.69400 dan resistance di 0.69500.

USDCAD - USDCAD lanjut naik lebih tinggi di tengah minggu ini, meski tetap terjebak dalam kisaran perdagangan sempit 1.2440 dan 1.2500 selama tiga sesi terakhir. Dolar AS sedang mundur dari level yang lebih tinggi menjelang pembacaan Indeks Inflasi Inti (CPI) AS. Sementara itu, CAD berhasil mendapatkan daya tarik pada harga WTI yang masih kuat, mengingat ekspor utama Kanada. Krisis energi yang sedang berlangsung mengancam untuk menjaga harga minyak lebih tinggi, terlebih ketika kekurangan energi di Asia telah mendorong China untuk mengizinkan pembangkit listrik tenaga batu bara untuk meneruskan biaya pembangkitan yang tinggi kepada beberapa pengguna akhir. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.24400 dan resistance di 1.24800.

USDCHF - USDCHF mendorong lebih tinggi sejak sesi perdagangan sore kemarin, menjelajahi level di atas 0.9300 untuk pertama kalinya selama sepuluh hari terakhir. Pasangan ini telah menembus resistance atas kisaran perdagangan baru-baru ini, beringsut menuju tertinggi multi-bulan di 0.9380. Hal ini terjadi di balik Indeks Dolar AS (DXY), yang masih diperdagangkan dekat level tertinggi sejak September 2020 - di belakang karakter safe-havennya. Dari AS kemarin, Wakil Ketua Fed Richard Clarida mengatakan bahwa pengurangan bertahap yang berakhir pada pertengahan 2022 mungkin segera diperlukan karena ekonomi telah membuat kemajuan substansial. Dengan tidak adanya angka makroekonomi yang relevan, fokusnya masih pada data Indeks Harga Konsumen AS (CPI) bulan September dan risalah pertemuan FOMC terakhir. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.92800 dan resistance di 0.93000.

DATA EKONOMI HARIAN

Jam

Data

Aktual

Ekspektasi

Sebelumnya

19:30

US - CPI m/m

-

0.3%

0.3%

All Day

All - G20 Meetings

-

-

-

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter

Member of
© 2020. Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 3002 7788