Home
>
News
>
Publication
>
USDJPY CERNA RILIS LAPORAN KEBIJAKAN DAN PANDANGAN EKONOMI BOJ
USDJPY CERNA RILIS LAPORAN KEBIJAKAN DAN PANDANGAN EKONOMI BOJ
Tuesday, 27 April 2021

Indikator Harga


Pembukaan

% Perubahan

EURUSD

1.18110

0.07%

GBPUSD

1.36860

0.11%

AUDUSD

0.75810

0.36%

NZDUSD

0.69600

0.29%

USDJPY

108.720

0.19%

USDCHF

0.93550

0.03%

USDCAD

1.25750

-0.05%

GOLDUD

1734.300

-0.04%

USD/IDR

14420

0.21%

Fokus USDJPY:

  1. USDJPY masih hijau pagi ini
  2. Suasana hati-hati pasar jelang FOMC


Selasa, 27 April 2021 - Mengawali sesi dengan upaya rebound, pasangan USDJPY kini sedang konsolidasi dengan pasar yang masih mencerna momentum penting dari dalam Jepang. Baru saja dirilis, Bank of Japan (BOJ) menetapkan kebijakan moneternya tidak berubah untuk periode April. Bank sentral mempertahankan suku bunga acuan di -10bps sambil mempertahankan janjinya untuk membeli J-REITS pada kecepatan tahunan hingga JPY180 miliar. Melihat ke bulan sebelumnya, BOJ mengklarifikasi bahwa imbal hasil JGB 10 tahun dapat naik atau turun di sekitar target 0%, dan telah mengubah batas pembelian ETFnya. Meskipun BoJ kini dinilai cenderung defensif, pasar masih harus mencerna lebih dalam petunjuk dari laporan perkiraan ekonomi BoJ triwulanan untuk Q1 2021, yang beberapa poin menunjukkan sinyal "merah".
Di sisi lain, barometer risiko menggambarkan pergerakan pasar yang khas menjelang pertemuan kebijakan moneter The Fed AS, di tengah pengujian sentimen terkait tajuk pandemi. Di tempat lain, pergeseran yang diharapkan dalam kekuatan Republik AS, terutama karena laporan konsensus terbaru, serta meningkatnya ketidaksukaan terhadap rencana kenaikan pajak Presiden AS Joe Biden di kalangan bisnis Amerika menimbulkan keraguan atas wacana belanja infrastruktur yang banyak ditunggu - sementara Biden masih menahan diri untuk mengurungkan niatnya. Masih sama, kesengsaraan yang meningkat terkait pandemi di India dan Jepang, masih terus memperbaharui kekhawatiran atas kesehatan ekonomi global.
Pada saat penulisan, USDJPY sedang konsolidasi dengan fokus zona support penting terdekat di level 108.000 dengan resistance terdekatnya berada di areal 108.400. Sementara, resistance terjauhnya berada di sekitar areal 108.700 dan support terjauhnya di 107.700.

AUDUSD – Setelah membukukan kenaikan harian terbesar sejak pertengahan April serta menguji puncak bulanan, bulls AUDUSD kini terpantau berhenti sejenak dalam kisaran 0.78. Meskipun volatilitas di Asia-Pasifik cenderung rendah kemarin, harga tembaga yang kuat dan harapan untuk segera keluar dari pandemi menyusul vaksinasi yang lebih cepat, mendukung daya tarik AUD. Kini, kembalinya pedagang Australia setelah Hari Libur ANZAC tampaknya menyaksikan suasana hati-hati menjelang peristiwa utama minggu ini, yaitu Indeks Harga Konsumen Q1 untuk Australia hari Rabu dan pertemuan kebijakan moneter Fed. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.77500 dan resistance di 0.78000.

EURUSD – Belum ada fokus yang jelas untuk menggerakkan pasangan EURUSD sepanjang sesi hari Senin, selain USD yang masih diterpa aksi jual luas. Di antara katalis risiko, adalah sedikit gejolak baru yang ditawarkan oleh senat AS. Di sisi lain, wacana yang belum berubah dari Inggris dan AS terkait harapan vaksinasi yang lebih cepat akan pemulihan ekonomi yang lebih cepat, juga menjaga suasana pasar. Di sisi lain, data dari AS menunjukkan peningkatan pesanan barang tahan lama yang lebih rendah dari perkiraan di bulan Maret. Ke depan, acara utama minggu ini masih dinantikan dari rilis hasil pertemuan FOMC dengan diharapkan tidak ada perubahan dalam kebijakan. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.20500 dan resistance di 1.20900.

GBPUSD – Masih memanfaatkan pelemahan USD di keseluruhan papan keuangan kemarin, GBPUSD tetap gagal untuk mempertahankan posisinya di atas zona 1.39. Dari dalam Inggris sesuai pembaruan terbaru dari The Telegraph, Inggris siap mengajukan paspor COVID selama pertemuan Kelompok Tujuh (G7) di bulan Juni. Berita tersebut menyatakan timeline untuk melaksanakan rencana tersebut, yang inisiasi awalnya terdiri dari Inggris, AS, Prancis, Italia dan Jerman, per 28 Juni. Proposal tersebut mencakup paspor COVID dengan negara-negara 'daftar hijau' untuk perjalanan ke dan dari, serta koridor perjalanan bilateral untuk memungkinkan tes bypass, karantina bagi mereka yang telah divaksinasi. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.38500 dan resistance di 1.39200.

NZDUSD – Pasangan Kiwi lanjut terbang ke level tertinggi lima mingguanya pada hari Senin kemarin, memanfaatkan terjun bebasnya USD dan daya tarik di sekitar kompleks komoditas. Kompleks komoditas terpantau naik dalam beberapa pekan terakhir dengan pelemahan USD, untuk turun hampir 3% sejak akhir Maret karena imbal hasil Treasury AS, yang telah meningkat tahun ini tetap lesu. Di tajuk yang masih sama, kesengsaraan pandemi yang meningkat di India dan Jepang memperbaharui kekhawatiran atas kondisi pemulihan secara keseluruhan. Secara umum, bagaimanapun, investor kini sedang mengkonsolidasikan posisi menjelang pertemuan kebijakan moneter Federal Reserve Rabu ini. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.72100 dan resistance di 0.72400.

USDCAD – USDCAD berhenti sejenak di sekitar zona 1.24 sejak pergantian sesi kemarin. Di balik pergerakannya, pasangan masih mencari petunjuk baru di dekat titik terendah tahun ini. Meskipun tantangan terhadap suasana risk-on sebelumnya tampaknya telah menghentikan penurunan USDCAD akhir-akhir ini, harga acuan minyak mentah WTI yang optimis dan kelemahan luas USD lanjur membuat pasangan ini tetap stabil. Ke depannya arahan dari Gubernur BoC Macklem akan dicerna bersamaan dengan petunjuk dari persepsi risiko pasar - setidaknya menjelang bagaimana USD meresponn acara penting The Fed besok. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.23800 dan resistance di 1.24400.

USDCHF – Dapat mengelak dari tekanan kuat yang dialami indeks DXY sejak awal pekan, pasangan USDCHF justru menutup sesi kemarin di teritori hijau, dan kini melanjutkan upaya apresiasinya. Selain katalis campuran, tidak adanya kinerja optimis oleh Pesanan Barang Tahan Lama AS untuk Maret, yang naik 0.5% versus perkiraan 2.5%, juga membebani suasana risiko. Ke depan, pedagang mungkin terus mencari arahan baru dan mungkin akan terus menyerap perkembangan tajuk pandemi dan stimulus menjelang keputusan Fed. Sementara itu, penilaian pasar terhadap USD, setidaknya sebagai safe-haven, masih lebih dipercaya ketimbang CHF. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.91400 dan resistance di 0.91600.


DATA EKONOMI HARIAN

Jam

Data

Aktual

Ekspektasi

Sebelumnya

    10:02
JP - BOJ Outlook & Policy Report
   -0.10%
   -0.10%
   -0.10%
    21:00
US - CB Consumer Confidence
     -
    113.1
    109.7

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter


Member of
© Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 4050 7788