Home
>
News
>
Publication
>
Tingkat Pengangguran Kanada Meningkat serta Data NFP AS Melampaui Ekspektasi, Topang Kenaikan USDCAD
Tingkat Pengangguran Kanada Meningkat serta Data NFP AS Melampaui Ekspektasi, Topang Kenaikan USDCAD
Monday, 10 June 2024

Indikator Harga

 

Pembukaan

% Perubahan

EURUSD

1.0795

-0.21%

GBPUSD

1.2721

-0.02%

AUDUSD

0.6578

-0.09%

NZDUSD

0.6099

-0.15%

USDJPY

156.73

0.10%

USDCHF

0.8964

0.03%

USDCAD

1.3754

0.06%

GOLDUD

2294.88

0.21%

USD/IDR

16255

0.18%

Fokus USDCAD:

  1. Tingkat pengangguran Kanda naik menjadi 6,2% dari 6,1%
  2. Nonfarm payrolls AS naik 272.000 di bulan Mei

Senin, 10 Juni 2024 – Pergerakan pasangan mata uang USDCAD naik ke zona 1.3754 setelah data ekonomi Kanada melaporkan tingkat pengangguran Kanada naik tipis ke level tertinggi dalam lebih dari dua tahun pada bulan Mei dan pertumbuhan upah meningkat, dimana hal ini memberikan dua sinyal berbeda untuk Bank of Canada terhadap keputusan suku bunga pada bulan Juli.

Data ekonomi Kanada pada hari Jumat melaporkan Tingkat pengangguran naik menjadi 6,2% dari 6,1% di bulan April, sesuai perkiraan. Namun, pertumbuhan upah rata-rata per jam untuk karyawan tetap meningkat ke tingkat tahunan sebesar 5,2% dari 4,8% di bulan April. Tingkat pertumbuhan tersebut merupakan yang tertinggi sejak tingkat pertumbuhan 5,3% pada bulan Januari. Pelaku pasar menilai, meningkatnya pengangguran merupakan tanda bahwa sebagian perekonomian melemah di bawah tekanan suku bunga yang tinggi. Namun pertumbuhan upah yang lebih cepat, terutama ketika pertumbuhannya lebih cepat dari inflasi, mempersulit upaya mengendalikan kenaikan harga konsumen. Inflasi tahunan di bulan April mencapai 2,7%. Pada pertemuan sebelumnya, Dewan Komisaris memangkas suku bunga kebijakan utamanya menjadi 4,75% dan mengindikasikan bahwa pelonggaran lebih lanjut akan dilakukan secara bertahap dan bergantung pada data serta memperingkatkan bahwa jika pertumbuhan upah tetap tinggi, hal ini dapat memperlambat kemajuan dalam mengendalikan inflasi.

Di sisi Dolar AS, kinerja Dolar AS menguat setelah data ekonomi AS menunjukan menciptakan lebih banyak lapangan kerja dibandingkan perkiraan pada bulan lalu, menunjukkan bahwa Federal Reserve memerlukan waktu untuk memulai siklus pelonggaran kebijakannya tahun ini. Nonfarm payrolls meningkat sebesar 272.000 pekerjaan pada bulan lalu, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja Departemen Tenaga Kerja. Revisi menunjukkan 15.000 lebih sedikit pekerjaan yang diciptakan pada bulan Maret dan April jika digabungkan dibandingkan yang dilaporkan sebelumnya. Pelaku pasar memperkirakan jumlah gaji meningkat sebesar 185.000. Selain itu, Laporan ketenagakerjaan yang diawasi ketat oleh Departemen Tenaga Kerja pada hari Jumat juga menunjukkan tingkat pengangguran meningkat menjadi 4,0% dari 3,9% pada bulan April.

Harga pada pasangan mata uang ini meningkat. Support terdekatnya di zona 1.3730 dan resistance terdekatnya di zona 1.3780. Support lanjutan di zona 1.3695 dan dilanjutkan ke zona 1.3670. Resistance lanjutan di zona 1.3795 dan dilanjutkan resistance selanjutnya di zona 1.3835.

EURUSD - Pasangan mata uang Euro turun ke zona 1.0795. Penurunan kinerja Euro disebabkan oleh optimisnya laporan NFP AS untuk bulan Mei yang menopang kinerja mata uang USD dan menekan kinerja Euro. Sebelumnya pada pekan lalu, ECB menekan pemicu penurunan suku bunga dan memangkas suku bunga deposito sebesar 0,25% menjadi 3,75%. Hal ini mengikuti rekor tingkat tertinggi selama lima bulan berturut-turut sebesar 4,0%. Siklus pengetatan suku bunga ECB yang tajam telah memangkas tingkat inflasi namun para pembuat kebijakan masih ragu-ragu untuk menurunkan suku bunga hingga kemarin, karena khawatir bahwa inflasi dapat kembali pulih setelah penurunan suku bunga. Presiden ECB Lagarde mengatakan pada konferensi pers setelah pertemuan bahwa ada “kemungkinan besar” bahwa penurunan suku bunga adalah awal dari “memanggil kembali” suku bunga, namun menekankan bahwa keputusan suku bunga akan didasarkan pada data. Selanjutnya, pelemahan mata uang ini menjadi sebuah tanda kegelisahan yang mungkin melanda Eropa ketika Presiden Prancis Emmanuel Macron menyerukan pemilihan legislatif yang mengejutkan setelah dikalahkan dalam pemungutan suara di Uni Eropa oleh kelompok sayap kanan. Kaum nasionalis Eurosceptic memperoleh perolehan terbesar dalam pemilihan Parlemen Eropa pada pemilu hari Minggu, sementara Partai Hijau dan liberal kalah telak, berdasarkan hasil jajak pendapat agregat. Support terdekatnya di zona 1.0730 dan resistance terdekatnya di zona 1.0830.

GBPUSD – Pasangan mata uang Pound turun ke area 1.2721. Tekanan pada mata uang Poundsterling diakibatkan oleh data penting AS yang baik, yaitu Laporan Gaji Non Pertanian Laporan (NFP) bulan Mei mengindikasikan bahwa permintaan tenaga kerja dan pertumbuhan upah lebih kuat dari perkiraan. Laporan ketenagakerjaan bulanan yang diawasi ketat oleh Departemen Tenaga Kerja menunjukkan bahwa perekonomian AS menambah 272 ribu pekerjaan di bulan Mei dibandingkan dengan perkiraan 185 ribu dan bulan sebelumnya yang direvisi naik sebesar 175 ribu. Selain itu, Pendapatan Per Jam Rata-rata melampaui perkiraan konsensus dan meningkat sebesar 4,1% selama 12 bulan hingga bulan Mei, menutupi kenaikan tingkat pengangguran menjadi 4,0%. Namun demikian, data tersebut memaksa investor untuk mengurangi ekspektasi mereka terhadap penurunan suku bunga yang akan segera dilakukan oleh Federal Reserve (Fed) pada bulan September.  Di sisi lain, data Ketenagakerjaan Inggris yang akan rilis pada hari Selasa, termasuk data Perubahan Jumlah Penggugat, Perubahan Ketenagakerjaan, dan Pendapatan Rata-rata. Tanda-tanda PHK lebih lanjut dapat memicu ekspektasi penurunan suku bunga lebih awal oleh Bank of England (BoE) dan melemahkan Pound Sterling (GBP).  Support terdekatnya di areal 1.2650 dan resistance terdekatnya di zona 1.2780.

AUDUSD - Pasangan mata uang Aussie turun ke zona 0.6578.  Penurunan kinerja mata uang Aussie dibungkam oleh rilis data NFP AS yang lebih kuat. Data ketenagakerjaan AS yang kuat mungkin mendukung pertumbuhan ekonomi dan memperkecil kemungkinan The Fed menurunkan biaya pinjamannya dalam waktu dekat sehingga memberikan tekanan untuk kinerja mata uang ini. Di sisi Australia, sikap hawkish dari Reserve Bank of Australia (RBA) mungkin membatasi penurunan pasangan ini. Minggu lalu, Gubernur RBA Michele Bullock mengatakan bahwa bank sentral diperkirakan tidak akan melakukan penurunan suku bunga tahun ini, dan menambahkan bahwa bank sentral siap untuk menaikkan suku bunga lebih lanjut jika inflasi tidak kembali ke kisaran target 1% –3%. Support terdekatnya di zona 0.6550 dan resistance terdekatnya di zona 0.6620.

NZDUSD - Pasangan mata uang Kiwi turun ke area 0.6099. Kinerja mata uang Kiwi melemah ditekan oleh kuatnya kinerja mata uang USD yang didukung oleh data NFP AS untuk bulan Mei pada pekan lalu yang rilis lebih kuat daripada perkiraan. The Fed bertujuan untuk menciptakan pasar tenaga kerja yang seimbang untuk mengekang inflasi tanpa meningkatkan pengangguran atau memicu resesi. Data saat ini menunjukkan skenario soft landing, dimana pembukaan lapangan kerja dan perekrutan melambat, namun PHK tetap minimal. Para ahli berpendapat bahwa penurunan bertahap ini merupakan hal yang ideal untuk menghindari gangguan pasar yang drastis. Disisi lain, RBNZ diperkirakan akan akan mempertahankan suku bunganya. Support terdekatnya di areal 0.6070 dan resistance terdekatnya di zona 0.6150.

USDJPY – Pergerakan pasangan mata uang ini naik ke zona 156.73 terdorong oleh Kinerja Dolar AS akibat data ekonomi yang positif. Di sisi Jepang, PDB Jepang menyusut sebesar 1,8% yang direvisi secara tahunan pada kuartal pertama dibandingkan tiga bulan sebelumnya, data Kantor Kabinet menunjukkan pada hari Senin, penurunan yang lebih kecil dari perkiraan median para ekonom untuk kontraksi 1,9% dan penurunan estimasi awal sebesar 2,0%. Selain itu terdapat spekulasi bahwa BOJ mungkin membahas pemotongan pembelian obligasi pemerintah Jepang (JGB) pada tinjauan kebijakannya minggu ini sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi stimulus moneter untuk mengekang pelemahan yen. Support terdekatnya di zona 156.55 dan resistance terdekatnya di zona 157.10.

USDCHF – Pergerakan pasangan mata uang ini naik ke zona 0.8964 akibat Dolar AS yang meningkat di tengah perekonomian AS menciptakan lebih banyak lapangan kerja dibandingkan perkiraan pada bulan Mei dan pertumbuhan upah tahunan kembali meningkat, menggarisbawahi ketahanan pasar tenaga kerja dan mengurangi kemungkinan Federal Reserve dapat memulai penurunan suku bunga pada bulan September. Support terdekatnya di zona 0.8920 dan resistance terdekatnya di zona 0.8975.

DATA EKONOMI HARIAN

Jam

Data

Actual

Ekspektasi

Sebelumnya

All Day

AUD - Bank Holiday

-

-

-

6:50

JPY - Bank Lending y/y

3.0%

3.1%

3.1%

6:50

JPY - Current Account

2.52T

2.09T

2.01T

6:50

JPY - Final GDP Price Index y/y

3.4%

3.6%

3.6%

6:50

JPY - Final GDP q/q

-0.5%

-0.5%

-0.5%

12:00

JPY - Economy Watchers Sentiment

-

48.6

47.4

14:00

CHF - SECO Consumer Climate

-

-37

-38

15:00

EUR - Italian Industrial Production m/m

-

0.3%

-0.5%

15:30

EUR - Sentix Investor Confidence

-

-1.5

-3.6

16:00

EUR - German Buba President Nagel Speaks

-

-

-

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter

Member of
© Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 4050 7788