Home
>
News
>
Publication
>
Suasana Kehati-hatian The Fed Mengiringi Kenaikan Aset Dolar Australia
Suasana Kehati-hatian The Fed Mengiringi Kenaikan Aset Dolar Australia
Monday, 20 May 2024

Indikator Harga

 

Pembukaan

% Perubahan

EURUSD

1.0864

0.07%

GBPUSD

1.2699

0.02%

AUDUSD

0.6692

0.10%

NZDUSD

0.6131

0.08%

USDJPY

155.60

0.18%

USDCHF

0.9092

0.02%

USDCAD

1.3611

-0.04%

GOLDUD

2414.52

0.71%

USD/IDR

15950

0.13%

Fokus AUDUSD:

  1. Kinerja DXY turun ke level 104.40.
  2. Rilis data Tiongkok

Senin, 20 Mei 2024 - Pasangan mata uang Aussie naik ke zona 0.6692. Dukungan kenaikan pada mata uang Aussie didorong oleh pelemahan yang terjadi pada mata uang Dolar AS. 

Saat ini, kondisi pasar diiringi oleh suasana kehati-hatian pasar menjelang pidato beberapa pejabat The Fed, dijadwalkan Bostic, Barr, Waller, Jefferson, dan Mester dari The Fed akan menyampaikan pidatonya pada hari Senin ini, sedangkan Reserve Bank of Australia (RBA) akan mempublikasikan risalah pertemuan kebijakan moneternya pada hari Selasa besok. Pada pekan sebelumnya, Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic menyatakan pada hari Jumat bahwa ia melihat tanda-tanda penurunan inflasi dalam laporan CPI baru-baru ini, namun ia lebih memilih untuk melihat data bulan Mei dan Juni untuk memastikan bahwa inflasi tidak berbalik arah. Sementara itu, Presiden Fed Richmond Tom Barkin mencatat bank sentral perlu menjaga biaya pinjaman tetap tinggi lebih lama untuk memastikan inflasi berada pada jalur yang ditargetkan.

Disisi Australia, tingkat pengangguran Australia naik lebih dari perkiraan bulan lalu, sehingga mengurangi kemungkinan kenaikan suku bunga RBA lagi. Laporan ketenagakerjaan baru-baru ini menunjukkan perekonomian menambah 38,5 ribu pekerjaan di bulan April, sementara Tingkat Pengangguran naik menjadi 4,1%. Menurut perkiraan RBA untuk lapangan kerja dan inflasi, bank sentral Australia memperkirakan tingkat pengangguran akan menjadi 4% pada bulan Juni, 4,2% pada akhir tahun, dan 4,3% pada bulan Juni 2025.

Disisi Tiongkok, Produksi industri meningkat sebesar 6,7% y/y di bulan April, dibandingkan dengan 4,5% di bulan Maret dan jauh di atas estimasi pasar sebesar 5,5%. Manufaktur telah menunjukkan aktivitas yang lebih kuat karena pemerintah telah memberikan stimulus kepada perekonomian yang mengalami pemulihan yang sulit dari Covid. Konsumen Tiongkok telah mengurangi belanja karena kondisi ekonomi yang tidak menentu dan penjualan ritel bulan April mengecewakan, turun menjadi 2,3% y/y. Angka ini turun dari 3,1% di bulan Maret dan jauh dari konsensus pasar sebesar 3,8%. Penjualan ritel tetap berada di wilayah positif namun rilis bulan April merupakan yang terendah dalam 15 bulan dan hal ini pasti akan menarik perhatian para pengambil kebijakan. Tiongkok adalah mitra dagang terbesar Australia dan tren penurunan permintaan domestik di Tiongkok akan menimbulkan masalah bagi sektor ekspor Australia dan dapat membebani dolar Australia.

Harga pada pasangan mata uang AUDUSD naik. Support terdekatnya di zona 0.6650 dan resistance terdekatnya di zona 0.6720. Support lanjutan di zona 0.6610 dan dilanjutkan ke zona 0.6580. Resistance lanjutan di zona 0.6760 dan dilanjutkan resistance selanjutnya di zona 0.6790.

EURUSD - Pasangan mata uang Euro naik ke zona 1.0864. Kenaikan pada kinerja mata uang Euro didukung oleh melemahnya kinerja mata uang USD yang masih dipengaruhi oleh data inflasi AS yang lebih lemah pada bulan April. Disisi Euro, data statistik euro mengatakan Tingkat inflasi tahunan kawasan euro tetap di 2,4% pada April 2024, sama dengan Maret 2024. Angka ini menunjukkan penurunan yang signifikan dari angka 7,0% yang diamati pada bulan April 2023. Demikian pula, tingkat inflasi tahunan UE stabil pada angka 2,6% pada bulan April 2024, turun dari 8,1% pada tahun sebelumnya sedangkan inflasi inti sesuai ekspektasi, yaitu 2,7%. Bank Sentral Eropa telah melakukan tugasnya dengan baik dalam memangkas inflasi, yang mencapai 7% pada tahun lalu. ECB telah mengisyaratkan bahwa mereka siap untuk mengubah kebijakan dan menurunkan suku bunga pada pertemuan bulan Juni. Presiden ECB Lagarde telah banyak mengisyaratkan pemotongan suku bunga pada bulan Juni namun tetap bungkam tentang apa yang terjadi setelahnya. Lagarde tidak ingin meningkatkan ekspektasi terhadap serangkaian penurunan suku bunga dan kemudian mengecewakan pasar jika ECB tidak menindaklanjutinya. Support terdekatnya di zona 1.0830 dan resistance terdekatnya di zona 1.0910.

GBPUSD – Pasangan mata uang Pound naik ke area 1.2699. Naiknya asset mata uang Pound masih didukung oleh jatuhnya kinerja mata uang USD ditengah menunggu pidato dari Bostic, Barr, Waller, Jefferson, dan Mester dari Federal Reserve (Fed) yang dijadwalkan berpidato hari ini. Selanjutnya, investor mengalihkan fokus ke data Indeks Harga Konsumen (CPI) Inggris untuk bulan April, yang akan diterbitkan pada hari Rabu. Data inflasi Inggris akan memberikan isyarat baru mengenai prospek suku bunga. Investor masih terpecah antara pertemuan bulan Juni dan Agustus mengenai kapan Bank Inggris (BoE) dapat mulai menurunkan suku bunga. Data inflasi bulan April diperkirakan akan secara signifikan mempengaruhi pergerakan Poundsterling selanjutnya seperti yang dikatakan oleh Gubernur BoE Andrew Bailey setelah rilis data CPI bulan Maret pada tanggal 17 April, “Inflasi di Inggris akan turun mendekati target 2% bulan depan” dan telah menurun sejalan dengan proyeksi BoE di bulan Februari. Support terdekatnya di areal 1.2660 dan resistance terdekatnya di zona 1.2740.

NZDUSD - Pasangan mata uang Kiwi naik ke area 0.6131. Kenaikan pada kinerja mata uang Kiwi masih didukung oleh ekspektasi penurunan suku bunga The Fed pasca rilisnya angka inflasi AS untuk bulan April. Selanjutnya, Katalis penting berikutnya untuk nilai tukar NZD/USD adalah keputusan suku bunga Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) mendatang yang dijadwalkan pada hari Rabu. Pertemuan ini akan diadakan pada saat inflasi Selandia Baru masih berada pada tingkat tinggi sementara perekonomian sedang bangkit dari kemerosotan yang dalam. Data terbaru menunjukkan Indeks Harga Konsumen (IHK) utama turun menjadi 4,0% pada kuartal pertama, turun dari 4,7% pada kuartal sebelumnya. Ini mencapai puncaknya pada 7,3% pada tahun 2022. Support terdekatnya di areal 0.6070 dan resistance terdekatnya di zona 0.6150.\

USDJPY – Pergerakan pasangan mata uang ini naik ke zona 155.60 pasca laporan PDB Jepang yang lebih lemah pada kuartal pertama (Q1), pelaku pasar manilai hal ini sebagai tantangan baru bagi Bank of Japan (BoJ) dengan agenda mereka untuk memperketat kebijakan moneter lebih lanjut. Perekonomian Jepang berkontraksi pada laju yang lebih cepat di 0,5% dibandingkan estimasi 0,4%. Support terdekatnya di zona 155.45 dan resistance terdekatnya di zona 156.00.

USDCAD – Pergerakan pasangan mata uang ini turun ke zona 1.3611 terseret oleh kinerja Dolar AS karena spekulasi pasar terus berputar mengenai waktu penurunan suku bunga Federal Reserve di tengah tanda-tanda meredanya inflasi yang terus berlanjut dan melemahnya perekonomian AS. Pada pertemuan sebelumnya, Presiden The Fed Atlanta Raphael Bostic menyatakan bahwa ia melihat tanda-tanda pendinginan inflasi dalam laporan IHK baru-baru ini, tetapi ia lebih memilih untuk mengamati data bulan Mei dan Juni untuk memastikan bahwa inflasi tidak berbalik arah. Support terdekatnya di areal 1.3600 dan resistance terdekatnya di zona 1.3655.

USDCHF – Pergerakan pasangan mata uang ini naik ke zona 0.9092 setelah rilisnya volume produksi Industri di Swiss turun 3,1% pada kuartal pertama, menyusul penurunan yang direvisi lebih tinggi menjadi 0,5% pada kuartal sebelumnya. Ini menandai penurunan aktivitas industri selama dua kuartal berturut-turut. Para pelaku pasar masih memetakan jalur suku bunga AS setelah komentar hati-hati dari pejabat Federal Reserve, bahkan ketika inflasi menunjukkan tanda-tanda mereda. Support terdekatnya di zona 0.9070 dan resistance terdekatnya di zona 0.9115.

DATA EKONOMI HARIAN

Jam

Data

Actual

Ekspektasi

Sebelumnya

2:30

USD - Fed Chair Powell Speaks

-

-

-

6:01

GBP - Rightmove HPI m/m

0.8%

-

1.1%

11:30

JPY - Tertiary Industry Activity m/m

-

0.1%

1.5%

All Day

CHF - Bank Holiday

-

-

-

All Day

EUR - French Bank Holiday

-

-

-

All Day

EUR - German Bank Holiday

-

-

-

16:00

GBP - MPC Member Broadbent Speaks

-

-

-

18:30

USD - FOMC Member Bostic Speaks

-

-

-

All Day

CAD - Bank Holiday

-

-

-

19:45

USD - FOMC Member Bostic Speaks

-

-

-

20:00

USD - FOMC Member Waller Speaks

-

-

-

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter

Member of
© Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 4050 7788