Home
>
News
>
Publication
>
RESPON SUASANA PASAR DAN DATA CHINA, AUDUSD AWALI PEKAN DENGAN KOREKSI
RESPON SUASANA PASAR DAN DATA CHINA, AUDUSD AWALI PEKAN DENGAN KOREKSI
Monday, 17 May 2021

Indikator Harga

Pembukaan

% Perubahan

EURUSD

1.18110

0.07%

GBPUSD

1.36860

0.11%

AUDUSD

0.75810

0.36%

NZDUSD

0.69600

0.29%

USDJPY

108.720

0.19%

USDCHF

0.93550

0.03%

USDCAD

1.25750

-0.05%

GOLDUD

1734.300

-0.04%

USD/IDR

14420

0.21%

Fokus AUDUSD:

  1. AUDUSD dibuka dengan koreksi signifikan
  2. Fokus The Fed tak berlangsung lama


Senin, 17 Mei 2021 - AUDUSD pagi ini kehilangan penawaran sekitar 0.775 dengan fokus tersensitif datang dari rilis data dari China yang mengecewakan. Sisi bawah pasangan ini juga bisa dilacak sebagai lanjutan konsolidasi untuk kenaikan berat hari Jumat lalu, yang sebelumnya didukung oleh suasana risk-on. Pagi ini, Penjualan Ritel China tergelincir di bawah 34.2% sebelumnya dan 24.9% sebagaimana diekspektasi, menjadi 17.7% YoY. Sedangkan Produksi Industri dirilis sesuai dengan konsensus pasar 9.8% versus pembacaan sebelumnya 14.1%. Juga di sisi lain adalah kekhawatiran bahwa larangan informal China atas impor batu bara Australia yang akan bertahan hingga 2022 dan kekhawatiran akan meningkatnya ketegangan Australia-China, seperti yang diisyaratkan oleh berbagai perwakilan resmi
Di tempat lain, masalah refleksi tetap ada, tetapi pidato Fed pekan lalu tampaknya berhasil menambahkan harapan kebijakan uang mudah yang dipertahankan, setelah data AS dirilis suram pada hari Jumat. Selain itu, masalah pandemi di Asia yang kontras dengan vaksinasi yang lebih cepat di Barat dan harapan pemulihan ekonomi yang lebih kuat di Inggris dan AS juga memberikan 'bahan bakar' tersendiri. Jauh di penjuru lain, pergolakan geopolitik di Timur Tengah juga mengganggu suasana risiko, meskipun Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menahan diri dari campur tangan langsung apa pun ke dalam urusan Gaza. Ke depannya, di tengah kalender yang minim pasangan AUDUSD akan kembali menjadi salah satu pasangan refleksi suasana risiko pasar.
Pada saat penulisan, AUDUSD masih koreksi dengan fokus zona support penting terdekat di level 0.77300 dengan resistance terdekatnya berada di areal 0.77800. Sementara, resistance terjauhnya berada di sekitar areal 0.78400 dan support terjauhnya di 0.77000.

EURUSD – EURUSD turun dari puncak intraday sebelumnya, dan kini tetap di sekitar 1.215 dalam mengawali pekan baru. Di balik itu, mata uang utama mengkonsolidasikan kenaikan besar pada hari Jumat tetapi tetap positif di tengah suasana risk-on baru-baru ini, didukung oleh surutnya harapan tapering dan atau kenaikan suku bunga Fed. Oleh karenanya, tekanan jual yang meningkat di sekitar USD terus memberikan dorongan. Dari bank sentral Eropa, Pembacaan Akun dari pertemuan terakhir mencatat bahwa Dewan Pengurus tidak membahas pengurangan program pembelian obligasi. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.21100 dan resistance di 1.21600.

GBPUSD – Harga dalam menutup sesi pekan kemarin terus menyegarkan puncak harian sebagai reaksi terhadap angka Penjualan Ritel AS yang lebih lemah, dengan bulls sekarang menunggu pergerakan berkelanjutan melampaui level 1.41. Kombinasi faktor memperpanjang beberapa dukungan untuk pasangan GBPUSD, meskipun kenaikan tidak memiliki keyakinan bullish. Di sisi lain, GBP tetap didukung oleh prospek optimis pemulihan ekonomi Inggris dari pandemi. Juru bicara Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berbicara terbaru pada hari Jumat bahwa sejauh ini mereka belum melihat bukti atau data yang menunjukkan Inggris harus menjauh dari rencana untuk melonggarkan pembatasan, seperti yang telah digadang-gadang sejumlah analis. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.40400 dan resistance di 1.41100.

NZDUSD – NZDUSD naik lebih lanjut setelah awal sesi pagi ini dan nyaman bergerak di sekitar 0.72500. Pasangan ini tetap didukung oleh selera risiko dan Dolar AS yang lebih lemah pada hari Jumat. Investor sekarang tampak yakin bahwa Fed akan mempertahankan suku bunga rendah untuk periode yang lebih lama. Hal ini diperkuat oleh penurunan imbal hasil obligasi Treasury AS yang sedang berlangsung. Terlepas dari ini, kenaikan baru di pasar ekuitas semakin merusak safe-haven USD dan menguntungkan mata uang Kiwi yang dianggap lebih berisiko. Selebihnya, pasangan juga memanfaatkan nada yang sama di sekitar AUDUSD, Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.71800 dan resistance di 0.72600.

USDCAD – Pasangan Loonie berada di bawah tekanan bearish baru di jam-jam awal perdagangan sesi Amerika dan turun ke terendah harian di bawah 1.21. Pekan kemarin, Statistik Kanada melaporkan bahwa Penjualan Manufaktur dan Penjualan Grosir di Kanada naik masing-masing sebesar 3.5% dan 2.8%, di bulan Maret. Selain itu, harga minyak acuan West Texas Intermediate (WTI) naik lebih dari 1% di hari sebelumnya, dan semakin membantu CAD melawan USD. Ke depannya, selain fokus persepsi risiko pasar, CAD akan memanfaatkan tolok ukur energi yang berjuang untuk membenarkan optimisme pasar terhadap kebijakan uang lebih mudah dari The Fed serta ketegangan geopolitik di Timur Tengah. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.21000 dan resistance di 1.21700.

USDCHF – Fokus pasangan masih tertuju pada beberapa tajuk dari dalam AS. Terkait data, Penjualan Ritel AS yang suram pada hari Jumat dan Indeks Sentimen Konsumen Michigan, tidak melupakan Produksi Industri, memberikan kesempatan lain kepada pembuat kebijakan dalam mempertahankan kebijakan uang mudah. Akibatnya, pasar global berbalik positif dan membebani indeks dolar AS (DXY) serta imbal hasil US Treasury. Tak luput dari perhatian pasar juga, sisi positifnya adalah vaksinasi yang progressnya tetap stabil, terutama di sejumlah negara-negara Barat. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.90000 dan resistance di 0.90700.

USDJPY – USDJPY pagi ini mulai upayakan pemulihan dari penurunan dua hari sebelumnya saat mengambil tawaran dekat 109.45. Dari data dalam negeri, Indeks Harga Produsen (IHP) Jepang untuk bulan April dapat disebut sebagai dorongan terbaru dengan dirilis melintasi perkiraan 0.5% MoM dan 3.1% YoY dengan angka masing-masing 0.7% dan 3.6%. Data optimis membantu memperpanjang mood risk-on pada hari Jumat meskipun kondisi pandemi masih parah di Jepang. Terbaru, langkah-langkah aktivitas ketat dimulai di enam prefektur Jepang pada Minggu ini ketika pemerintah berjuang untuk menjinakkan pandemi menjelang Olimpiade yang dijadwalkan. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 109.200 dan resistance di 109.600.


DATA EKONOMI HARIAN

Jam

Data

Aktual

Ekspektasi

Sebelumnya

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter


Member of
© Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 4050 7788