Home
>
News
>
Publication
>
PENJUALAN RITEL AUSSIE MELESET DARI PERKIRAAN, AUDUSD BALIK KOREKSI
PENJUALAN RITEL AUSSIE MELESET DARI PERKIRAAN, AUDUSD BALIK KOREKSI
Tuesday, 11 May 2021

Indikator Harga

Pembukaan

% Perubahan

EURUSD

1.18110

0.07%

GBPUSD

1.36860

0.11%

AUDUSD

0.75810

0.36%

NZDUSD

0.69600

0.29%

USDJPY

108.720

0.19%

USDCHF

0.93550

0.03%

USDCAD

1.25750

-0.05%

GOLDUD

1734.300

-0.04%

USD/IDR

14420

0.21%

Fokus AUDUSD:

  1. AUDUSD balik bergerak merah pagi ini
  2. Pergerakan dramatis dialami USD Jumat lalu


Senin, 10 Mei 2021 - Pasangan AUDUSD pagi ini kembali kehilangan traksinya dan memulai pekan secara merah setelah menyentuh level tertinggi multi-minggu di hari Jumat lalu. Arahan fundamental pagi ini dapat dilacak dari pasangan yang memperhatikan dua rilis data dari dalam Australia. Pertama, harga memperhatikan sedikit angka sentimen optimis National Australia Bank (NAB) dan cenderung merespon laporan kinerja sektor ritel. Pembacaan akhir Penjualan Ritel Australia bulan Maret mundur dari perkiraan awal 1.4% dan sebelumnya, untuk dirilis di angka pertumbuhan 1.3%. Di sisi lain, Keyakinan Bisnis NAB melonjak ke 26 dari 15 sedangkan Kondisi Bisnis NAB naik dari 25 menjadi 3. Selanjutnya, kalender ringan membuat pedagang AUDUSD terus diarahkan pada tajuk makro untuk dorongan baru.
Setelah reli pada hari Jumat, karena kekecewaan besar dari angka ketenagakerjaan AS yang menentang obrolan pelonggaran kebijakan The Fed, optimisme yang disumbangkan barometer risiko berasal dari berita utama vaksin COVID-19 terutama dari Uni Eropa (UE) dan Australia. Perlu dicatat bahwa berita yang menunjukkan sinyal ketersediaan vaksin Pfizer-BioNTech lebih rapid di New South Wales Australia serta vaksin Uni Eropa (UE) telah direspon secara baik oleh pasar. Sisi positifnya juga bisa jadi tidak adanya kata-kata konfrontatif dari Iran saat berbicara tentang kesepakatan nuklir dengan AS. Di atas segalanya, para pedagang cenderung melepas posisi terhadap USD hampir di seluruh papan pasar keuangan, dalam hal merespon angka ketenagakerjaan yang suram.
Pada saat penulisan, AUDUSD masih koreksi dengan fokus zona support penting terdekat di level 0.78200 dengan resistance terdekatnya berada di areal 0.78600. Sementara, resistance terjauhnya berada di sekitar areal 0.78800 dan support terjauhnya di 0.78000.

EURUSD – Harga menutup pekan kemarin dengan reli kuat, didukung oleh kombinasi sentimen yang mendukung Euro melawan USD. Dari dalam Eropa, kabar baik datang dari Uni yang berhasil menandatangani kesepakatan besar dengan produsen vaksin Pfizer-BioNTech. Lebih lanjut, disampaikan oleh Presiden Komisi Eropa (EC) Ursula von der Leyen, pihak otoritas kesehatan Uni telah menyiapkan laju program vaksinasi yang digembor-gemborkan memiliki kecepatan rata-rata 30 orang divaksin setiap detiknya. Hal ini pun menyumbang dampak yang signifikan pada harga mengingat kurangnya kepercayaan pasar sebelumnya terhadap program vaksinasi di Uni Eropa. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.21300 dan resistance di 1.21900.

GBPUSD – GBPUSD ikut mengakhiri sesi Jumat kemarin dengan apresiasi kuat untuk kembali ke level psikologis atas 1.40000. Suasana minat risiko yang luas cenderung mendorong pasar untuk sedikit memperhatikan berita yang menunjukkan lebih banyak tantangan kepada PM Inggris Boris Johnson, karena hasil pemilu Skotlandia serta kesepakatan perdagangan pasca-Brexit yang baru-baru ini disepakati. Menyusul hasil pemilu, PM Inggris Johnson mengeluarkan surat untuk bergabung dengan KTT pemulihan Covid di seluruh Inggris yang melibatkan keempat pemerintah, mengambil pendekatan yang lebih lembut. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.39900 dan resistance di 1.40500.

NZDUSD – Pasangan Kiwi juga didukung oleh prospek pemulihan ekonomi global yang didukung oleh program vaksinasi yang cepat dan pembukaan kembali perekonomian, meskipun secara bertahap lintas kawasan, keseimbangan masih timpang. Pergeseran sentimen mendukung aset berisiko, yang juga mendukung NZD sebagai mata uang sensitif komoditi dan risiko. Terbaru dari dalam NZ, dalam pidato pra-anggaran, Menteri Keuangan Selandia Baru menunjukkan keyakinannya pada pemulihan ekonomi dengan mengatakan bahwa progres sekarang lebih baik dari yang diharapkan. Sedangkan untuk data domestik, indeks ANZ Business Outlook naik menjadi 9 poin menjadi 7 pada Mei. Selain itu, Tingkat Pengangguran turun menjadi 4.7% di Q1, mengalahkan ekspektasi pasar sebesar 4.9%. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.72600 dan resistance di 0.72900.

USDCAD – USDCAD kembali turun ke level terendah empat tahunan baru sambil mengambil penawaran ke dekat 1.211 pagi hari ini. Pembeli pasangan Loonie menyambut baik pelemahan Dolar AS yang luas pada hari Jumat sementara kenaikan terbaru dari WTI, item ekspor utama Kanada didukung suasana risk-on. WTI mengambil tawaran di tengah katalis campuran karena Iran menggoda kesepakatan nuklir dan Irak memadamkan api di sumur minyak kedua di ladang minyak utara. Perlu disebutkan juga, laporan pekerjaan Kanada untuk bulan April juga tertinggal di belakang konsensus pasar, sementara sebelumnya, optimisme Bank of Canada juga dihargai tinggi untuk wacana penyesuaian pengetatan kebijakan moneter pertama. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.21100 dan resistance di 1.21700.

USDCHF – Harga bergerak di belakang USD yang anjlok pada hari Jumat, menyusul laporan Nonfarm Payroll AS yang buruk. AS menambahkan hanya 266 ribu pekerjaan di bulan itu, vs sekitar 1 juta yang diharapkan. Selain itu, Tingkat pengangguran meningkat menjadi 6.1% terhadap penurunan yang diharapkan menjadi 5.8%, sementara tingkat partisipasi meningkat menjadi 61.7% dari 61.5%. Sebaliknya, upah naik lebih dari yang diantisipasi tetapi pada kecepatan yang lebih lambat dari rata-rata. Data-data AS tersebut entah bagaimana menegaskan kembali kekhawatiran pasar terhadap kebijakan moneter ultra-longgar Federal Reserve AS. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.90000 dan resistance di 0.90500.

USDJPY – Bergerak minim hingga akhir pekan, USDJPY tak dapat mengelak dari koreksi tajam USD di hari Jumat berkat kekecewaan atas laporan pekerjaan bulanan AS. Selain fokus dari AS, tajuk terkait persepsi risiko pasar juga ditawarkan melalui alternatif kegelisahan Brexit dan ketidakpastian politik di Inggris, serta kesengsaraan pandemi yang parah di Jepang, menguji kenaikan. Infeksi virus COVID-19 harian yang dikonfirmasi di Jepang mencapai angka 6,000 untuk hari ketiga berturut-turut pada hari Minggu, sementara jumlah pasien dengan gejala parah naik ke rekor 1,144, di tengah penyebaran varian yang lebih menular. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 109.700 dan resistance di 109.000.


DATA EKONOMI HARIAN

Jam

Data

Aktual

Ekspektasi

Sebelumnya

    08:30
AU - Retail Sales m/m
    1.3%
    1.4%
    1.4%

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter


Member of
© Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 4050 7788