Home
>
News
>
Publication
>
Minim Arahan, GBPUSD Masuki Fase Konsolidasi
Minim Arahan, GBPUSD Masuki Fase Konsolidasi
Thursday, 22 July 2021

Indikator Harga

 

Pembukaan

% Perubahan

EURUSD

1.17910

0.05%

GBPUSD

1.37120

-0.03%

AUDUSD

0.73580

-0.04%

NZDUSD

0.69690

-0.22%

USDJPY

110.31000

-0.17%

USDCHF

0.91750

-0.02%

USDCAD

1.256

0.12%

GOLDUD

1803.325

-0.13%

USD/IDR

14490

0.15%

Fokus GBPUSD:

  1. GBPUSD bergerak konsolidatif pagi ini
  2. Suasana pra-ECB selimuti pasar

Kamis, 22 Juli 2021 - GBPUSD bergerak ke dekat 1.370 pagi ini di tengah sesi Asia yang cenderung tenang. Pasangan ini berbalik dari posisi terendah Februari, menandai kenaikan harian terbesar dalam dua minggu, memanfaatkAn mundurnya USD pada hari sebelumnya. Namun, pembeli tampaknya telah kehilangan momentum kenaikan akhir-akhir ini di tengah kurangnya katalis utama dan sentimen hati-hati menjelang pertemuan ECB. Dari Brexit Uni Eropa dilaporkan menolak makalah setebal 28 halaman untuk mengubah permintaan protokol Irlandia Utara (NI) oleh Inggris, meski kedua pihak telah sepakat untuk tidak akan menyetujui negosiasi ulang protokol. Di sisi lain, Inggris melaporkan jumlah COVID harian yang sedikit lebih tinggi, dan lonjakan mingguan bombastis sebanyak 50% yang terus menyoroti ketakutan akan varian Delta COVID.

Di tempat lain, Indeks Dolar AS (DXY) kemarin menghentikan tren naik dari level tertinggi sejak April karena sentimen pasar membaik. Meskipun tidak ada berita utama positif yang dapat dilacak sebagai katalis, kinerja optimis dapat ditelusuri di pasar ekuitas yang kuat dan suasana risk-on. Di balik itu, ada kabar bahwa pembuat kebijakan AS masih menolak debat pembuka tentang RUU pengeluaran infrastruktur Presiden Joe Biden. Selanjutnya, perselisihan AS-China juga masih meningkat ketika Perwakilan Dagang AS Katherine Tai mendukung sengketa perdagangan Australia dengan China. Mempertimbangkan kurangnya data/momentum utama di Inggris, para pedagang GBPUSD akan mengawasi hasil pertemuan ECB dan aliran data tingkat kedua AS, tidak melupakan katalis risiko, untuk dorongan baru.

Pada saat penulisan, GBPUSD masih konsolidasi dengan fokus zona support penting terdekat di level 1.36500 dengan resistance terdekatnya berada di areal 1.37300 Sementara, resistance terjauhnya berada di sekitar areal 1.38000 dan support terjauhnya di 1.36100.

AUDUSD – AUDUSD tetap tertekan di sekitar rendah intraday pagi ini di dekat 0.7345. Di balik itu, pasangan Aussie membalikkan pemulihan pada hari Rabu dari level terendah tahunan dengan masih menyerap sentimen dari perkembangan infeksi COVID yang melonjak di Australia. New South Wales (NSW) Australia mencatat infeksi harian tertinggi sejak awal Juni 2021, sebanyak 122 kasus. Berbicara tentang data, Keyakinan Bisnis National Australia Bank (NAB) untuk kuartal kedua (Q2) pagi ini dirilis turun di bawah 21 konsensus pasar menjadi 17, dibandingkan 19 yang direvisi sebelumnya. Mempertimbangkan kurangnya data/peristiwa utama menjelang sesi AS, pedagang AUDUSD dapat terus mengambil petunjuk dari kondisi pandemi di dalam negeri. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.73300 dan resistance di 0.73800.

EURUSD – EURUSD sempat menguji zona 1.1800, setelah rebound dari level awal April, di tengah awal sesi Asia pada hari Kamis ini. Selera risiko yang luas kembali mengirimkan imbal hasil AS dan reli lain dalam ekuitas, membangun koreksi hari sebelumnya setelah terseok-seok awal minggu ini. Sementara itu, tanpa data utama yang keluar, fokusnya sangat banyak pada debat fiskal yang sedang berlangsung di AS, dan pertemuan ECB hari Kamis. Sehubungan dengan pertemuan ECB, para analis mengatakan bahwa acara tersebut akan membantu memperjelas target inflasi baru ECB. Namun, kesimpulan dari tinjauan strategis ECB akan bertindak untuk distribusi probabilitas condong ke EURUSD yang sensitif. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.17800 dan resistance di 1.18000.

NZDUSD – NZDUSD berjuang untuk memperpanjang pergerakan pemulihan hari sebelumnya, yang terkuat dalam lebih dari seminggu, di sekitar area 0.6960-80 di tengah awal sesi Asia pagi ini. Pasangan kiwi menggambarkan jeda perdagangan pra-ECB di tengah kalender yang cerah. Secara luas, pergerakan pemulihan harga dari terendah delapan bulan dapat ditelusuri ke kinerja optimis ekuitas AS. Hal yang sama juga menyeret Indeks Dolar AS (DXY) dari tertinggi tiga bulan sementara juga menghentikan tren naik empat hari. Sementara itu, untuk menantang pergerakan adalah berita utama mengenai varian Delta COVID di Australia yang menandai infeksi harian tertinggi sejak Juni. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.69400 dan resistance di 0.69700.

USDCAD – Setelah diperdagangkan dalam kisaran yang relatif ketat di sekitar 1.2700 selama paruh pertama sesi kemarin, pasangan USDCAD lanjut berada di bawah tekanan bearish yang kuat dan turun hingga ke 1.252 sebelum memasuki fase konsolidasi. Meskipun laporan mingguan Administrasi Informasi Energi (EIA) AS menunjukkan bahwa stok minyak mentah meningkat sebesar 2.1 juta barel, harga minyak WTI mempertahankan momentum bullishnya yang didukung oleh arus risiko. Di sisi lain, pelemahan USD yang baru memberikan beban tambahan di pundak USDCAD, di balik kinerja pasar ekuitas yang optimis untuk mengonfirmasi sentimen risk-on di pasar. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.25500 dan resistance di 1.26400.

USDCHF – Harga bergerak di balik suasana pasar yang membaik dan pelemahan USD, meskipun tidak ada level kritis yang ditembus. USD beringsut sedikit lebih rendah terhadap sebagian besar rival utama karena indeks global ditutup di zona hijau. Imbal hasil obligasi pemerintah AS juga naik tajam, menandakan penurunan permintaan untuk safe-haven. Kemudian pada hari ini, fokus dapat memanfaatkan data Penjualan Rumah Saat Ini Juni dan data Klaim Pengangguran Awal mingguan yang akan ditampilkan dalam kalender ekonomi AS. Namun demikian, persepsi risiko kemungkinan akan terus berdampak signifikan pada pergerakan USDCHF menjelang akhir pekan. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.91600 dan resistance di 0.92000.

USDJPY – USDJPY gagal memperpanjang kenaikan dua hari sebelumnya, turun intraday ke dekat 110.20 pagi ini. Kemunduran terbaru tidak memiliki katalis utama yang dapat diandalkan, di tengah libur Marine Day di Jepang, setidaknya pelemahan USD masih dapat dimaklumi. Perlu dicatat bahwa Tokyo melaporkan angka COVID tertinggi sejak pertengahan Januari untuk kemarin, yang pada gilirannya mendorong pemerintah Jepang untuk memperketat kontrol perbatasan. Ke depan, kalender ringan di dalam negeri membuat pedagang USDJPY mencari katalis risiko untuk arahan baru. Di antara mereka, perkembangan pandemi dan stimulus AS, belum lagi pembicaraan anggaran, akan menjadi kunci untuk diikuti. Di atas segalanya, acara utama ECB akan diperhatikan pula secara ketat. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 110.000 dan resistance di 110.400.

DATA EKONOMI HARIAN

Jam

Data

Actual

Ekspektasi

Sebelumnya

18:45

EU - Monetary Policy & Rate Statement

-

0.0%

0.0%

19:30

US - Unemployment Claims

-

350K

360K

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter

Member of
© 2020. Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 3002 7788