Home
>
News
>
Publication
>
Komentar Pejabat ECB Menyebabkan Kenaikan Pada Mata Uang Euro
Komentar Pejabat ECB Menyebabkan Kenaikan Pada Mata Uang Euro
Monday, 12 February 2024

Indikator Harga

 

Pembukaan

% Perubahan

EURUSD

1.0779

0.14%

GBPUSD

1.2621

0.13%

AUDUSD

0.6511

0.20%

NZDUSD

0.6134

0.05%

USDJPY

149.24

-0.05%

USDCHF

0.8743

-0.03%

USDCAD

1.3460

-0.02%

GOLDUD

2024.03

-0.03%

USD/IDR

15630

-0.06%

Fokus EURUSD:

  1. Raga komentar pejabat ECB.
  2. Fokus pada data CPI AS.

Senin, 12 Februari 2024 - Pasangan mata uang Euro naik ke zona 1.0779. Kenaikan kinerja mata uang Euro ditopang oleh komentar dari Fabio Panetta dari ECB tentang penurunan suku bunga ECB. Ia mengatakan, saatnya semakin dekat bagi bank sentral untuk memangkas suku bunga, dan langkah-langkah yang tepat waktu dan bertahap dapat membantu mengurangi volatilitas di pasar keuangan dan perekonomian. Namun disisi lain, Mario Centeno dari ECB turut mengatakan dia ingin melihat penurunan suku bunga secara bertahap dan terus-menerus dibandingkan penurunan yang lebih cepat. Ekspektasi pasar terhadap pemotongan suku bunga pertama telah berpindah ke bulan Juni dibandingkan bulan April sebelumnya, dan investor memperkirakan total pelonggaran sebesar 125 basis poin (bps) selama 12 bulan ke depan dibandingkan 150 bps pada awal bulan.

Disisi data, Inflasi utama Jerman dipastikan berada pada level terlemahnya selama dua setengah tahun. Indeks Harga Konsumen naik sebesar 2,9% secara tahunan pada bulan Desember, di bawah 3,1% pada bulan November dan melanjutkan tren penurunan yang terlihat sejak mencapai puncaknya di atas 8% pada awal tahun 2023. Selanjutnya, Angka Sentimen Ekonomi ZEW untuk Jerman dan Zona Euro akan menjadi fokus pelaku pasar pada Selasa besok. Penurunan tak terduga pada Indeks Sentimen Ekonomi ZEW Jerman dapat menekan kinerja mata uang Euro. Para ekonom memperkirakan Indeks Sentimen Ekonomi ZEW Jerman akan meningkat dari 15,2 menjadi 17,5.

Di sisi AS, data IHK AS pada hari Selasa akan menjadi fokus utama pelaku pasar. IHK utama diperkirakan sebesar 3,0% YoY vs. 3,4% di bulan Desember, sedangkan angka inti diperkirakan sebesar 3,8% YoY vs. 3,9% di bulan Desember. Data yang lebih kuat dari perkiraan dapat meyakinkan The Fed untuk menunda siklus pelonggaran, dan hal ini akan mendukung kuatnya kinerja USD. Beberapa pejabat Fed menyarankan agar mereka memerlukan lebih banyak waktu untuk mengamati apakah inflasi terus menurun. Presiden Fed Minneapolis Neel Kashkari dan Presiden Fed Boston Susan Collins sepakat bahwa FOMC dapat meninjau data ekonomi lebih lanjut sebelum menurunkan suku bunga.

Harga pada pasangan mata uang EURUSD naik.  Support terdekatnya di zona 1.0730 dan resistance terdekatnya di zona 1.0820. Support lanjutan di zona 1.0700 dan dilanjutkan ke zona 1.0670. Resistance lanjutan di zona 1.0850 dan dilanjutkan resistance selanjutnya di zona 1.0890.

GBPUSD – Pasangan mata uang Pound naik ke areal 1.2621. Kenaikan kinerja mata uang Pound masih ditopang oleh ekspektasi penurunan suku bunga The Fed  menyusul data data cemerlang dari AS. Disisi Inggris, para pengambil kebijakan (BoE) juga mengambil tindakan selama minggu ini namun gagal memberikan dampak yang kecil atau tidak sama sekali terhadap Pound Sterling meskipun mereka mempertahankan sikap hawkish mereka. Kepala Ekonom BoE Huw Pill mengatakan pada hari Senin bahwa masih terlalu dini untuk menyatakan inflasi sepenuhnya ditekan masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Wakil Gubernur Sarah Breeden mengatakan pada hari Rabu, "Fokus saya telah beralih ke pemikiran tentang berapa lama suku bunga harus tetap pada level saat ini.” Pengambil kebijakan BoE Catherine Mann pada hari Kamis menyatakan bahwa ia tidak yakin bahwa perlambatan inflasi umum dalam jangka pendek akan terus berlanjut. Sementara itu, pada hari Jumat, Jonathan Haskel dari BoE mengatakan ia terdorong oleh tanda-tanda bahwa tekanan inflasi Inggris mungkin berkurang namun ia akan membutuhkan lebih banyak bukti untuk menenangkan diri sebelum mengubah pendiriannya. Support terdekatnya di areal 1.2590 dan resistance terdekatnya di zona 1.2670.

AUDUSD - Pasangan mata uang Aussie naik ke zona 0.6511. Menguatnya kinerja mata uang Aussie masih didukung oleh ekspektasi suku bunga The Fed pada Maret mendatang yang membebani kinerja mata uang USD. Selain itu, peningkatan Pinjaman Baru Tiongkok dapat memberikan dukungan tambahan untuk Dolar Australia. Pemberi pinjaman Tiongkok biasanya memberikan pinjaman di awal tahun, dan data Pinjaman Baru bulan Januari yang dirilis pada hari Jumat mencerminkan tren ini, dengan bank-bank memberikan 4,920 miliar Yuan, rekor tertinggi yang melampaui angka bulan Desember sebesar 1,170 miliar Yuan sebanyak lebih dari empat kali lipat. Disisi data, Indeks Industri AiG Australia bulan Desember berada di -27,3 dibandingkan dengan -22,4 sebelumnya. Penjualan Ritel (QoQ) Australia membaik dengan kenaikan 0,3% pada kuartal keempat dibandingkan pertumbuhan sebelumnya sebesar 0,2%. Support terdekatnya di zona 0.6380 dan resistance terdekatnya di zona 0.6460.

NZDUSD - Pasangan mata uang Kiwi naik ke areal 0.6134. Gubernur Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) Orr memberikan kesaksian di hadapan Komite Keuangan dan Pengeluaran pada hari Senin. Orr menjawab pertanyaan pada Laporan Stabilitas Keuangan November 2023. Ia mengatakan Inflasi masih terlalu tinggi, itu sebabnya kami mempertahankan tingkat suku bunga di 5,5%. Q3 2023 adalah 5,6%. Hal yang memprihatinkan adalah pertumbuhan populasi yang begitu pesat pada saat pembangunan perumahan melambat. Kinerja mata uang Kiwi menguat sejalan dengan penguatan yang terjadi pada mata uang Aussie. Penguatan tersebut didukung oleh sentiment peningkatan pinjaman baru dari Tiongkok. Pemberi pinjaman Tiongkok biasanya memberikan pinjaman di awal tahun, dan data Pinjaman Baru bulan Januari yang dirilis pada hari Jumat mencerminkan tren ini, dengan bank-bank memberikan 4,920 miliar Yuan, rekor tertinggi yang melampaui angka bulan Desember sebesar 1,170 miliar Yuan sebanyak lebih dari empat kali lipat. Support terdekatnya di areal 0.6100 dan resistance terdekatnya di zona 0.6170.

USDJPY - Pasangan mata uang Yen turun ke zona 149.24. Turunnya kinerja mata uang Yen sejalan dengan turunnya kinerja mata uang USD di tengah issue penurunan suku bunga The Fed, serta pernyataan dovish baru-baru ini dari Deputi Gubernur Bank of Japan (BoJ) Shinichi Uchida, terus melemahkan safe-haven JPY. Mata uang USD terus berjuang untuk mendapatkan daya tarik yang berarti di tengah ketidakpastian mengenai kemungkinan waktu dan kecepatan penurunan suku bunga oleh Federal Reserve (Fed). Kombinasi kekuatan yang berbeda gagal memberikan dorongan yang berarti kepada Yen Jepang pada hari Senin di tengah volume perdagangan yang relatif tipis dan hari libur di Jepang. Deputi Gubernur Bank of Japan (BoJ) Shinichi Uchida mengatakan pada hari Kamis bahwa pengetatan agresif tidak mungkin terjadi bahkan setelah keluar dari kebijakan suku bunga negatif. Support terdekatnya di zona 148.70 dan resistance terdekatnya di zona 149.60.

USDCAD - Pasangan mata uang Loonie turun ke zona 1.3460. Mata uang Kanada ditekan oleh data Ketenagakerjaan Kanada untuk bulan Januari telah melampaui ekspektasi. Statistik Kanada telah melaporkan pertumbuhan tenaga kerja yang kuat sebesar 37,5 ribu dibandingkan ekspektasi 15 ribu dan revisi naik angka bulan Desember sebesar 12,3 ribu. Tingkat pengangguran secara mengejutkan turun menjadi 5,7% sementara investor mengantisipasi kenaikannya menjadi 5,9% dari angka sebelumnya sebesar 5,8%. Data pasar tenaga kerja yang optimis akan memperkuat argumen Bank of Canada (BOC) untuk mempertahankan suku bunga pada level saat ini. Support terdekatnya di zona 1.3410 dan resistance terdekatnya di zona 1.3490.

USDCHF - Pasangan mata uang Franc turun ke zona 0.8743. Penurunan kinerja mata uang Swiss sejalan dengan melemahnya kinerja mata uang USD di tengah sentimen penurunan suku bunga Federal Reserve (Fed). Pelaku pasar telah mengurangi ekspektasi mereka terhadap penurunan suku bunga The Fed secara dini dan tajam pada tahun 2024 seiring dengan ketahanan ekonomi AS dan komentar hawkish dari pejabat FOMC. Presiden Fed Bank Dallas Lorie Logan mengatakan pada hari Jumat bahwa tidak ada urgensi untuk menurunkan suku bunga dan dia menginginkan bukti lebih lanjut mengenai inflasi untuk memastikan bahwa kemajuan tersebut akan bertahan lama. Ditambah dengan Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic mencatat bahwa inflasi sudah terlalu tinggi dalam jangka waktu yang terlalu lama, dan masih ada jalan yang harus ditempuh dan bahwa AS berada pada jalur menuju aktivitas ekonomi sebelum pandemi. Support terdekatnya di zona 0.8700 dan resistance terdekatnya di zona 0.8770.

DATA EKONOMI HARIAN

Jam

Data

Actual

Ekspektasi

Sebelumnya

All Day

JPY - Bank Holiday

-

-

-

7:30

NZD - RBNZ Gov Orr Speaks

-

-

-

21:20

USD - FOMC Member Bowman Speaks

-

-

-

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter


Member of
© Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 3002 7788