Home
>
News
>
Publication
>
Komentar Novak Serta Manufaktur China Topang Minyak Bergerak Bullish
Komentar Novak Serta Manufaktur China Topang Minyak Bergerak Bullish
Monday, 01 April 2024

Indikator Harga

 

Pembukaan

% Perubahan

EURUSD

1.07860

-0.01%

GBPUSD

1.26290

-0.02%

AUDUSD

0.65100

0.18%

NZDUSD

0.59810

-0.12%

USDJPY

151.310

0.05%

USDCHF

0.90170

0.04%

USDCAD

1.35430

0.04%

GOLDUD

2,239.490

0.78%

COFU

83.14

0.38%

USD/IDR

15,855

0.19%

Fokus Crude Oil:

  • Rusia akan lebih fokus untuk mengurangi produksi dibanding ekspor pada kuartal kedua, kata Novak.
  • Aktivitas pabrik China bulan Maret meningkat untuk pertama kalinya dalam enam bulan.

***************************************************************

Senin, 01 April 2024 - Mengawali pembukaan pekan pagi ini, harga minyak terpantau bergerak bullish dipicu oleh sentimen dari komitmen Rusia untuk fokus pada pengurangan produksi di kuartal kedua tahun ini, dan ditambah dengan rilisnya data positif ekonomi terbaru China. Selain itu, ketidakpastian negosiasi gencatan senjata di Gaza juga membuat risiko geopolitik di Timur Tengah tetap menjadi fokus perhatiaan pasar.

Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak pada hari Jumat mengatakan bahwa perusahaan minyaknya akan fokus pada pengurangan produksi daripada ekspor pada kuartal kedua, sehingga dapat mencapai alokasi kuota produksi sesuai yang disepakati bersama dengan negara-negara anggota OPEC+ lainnya. Serangan drone Ukraina akhir-akhir ini yang melumpuhkan aktivitas beberapa kilang Rusia yang berkonstribusi terhadap hampir 1 juta bph kapasitas pemrosesan minyak mentah, membuat ekspor secara otomatis berkurang, tambah Novak. Selain itu, sumber industri juga mengatakan bahwa pemerintah Rusia telah memerintahkan langsung kepada perusahaan-perusahaan energi di Rusia agar target produksi sebesar 9 juta bph pada akhir Juni dapat terpenuhi.

Turut mendukung pergerakan harga lebih lanjut, data statistik terbaru China menunjukkan aktivitas manufaktur pada bulan Maret di negara ekonomi terbesar kedua dunia itu meningkat untuk pertama kalinya dalam enam bulan, ungkap survei resmi yang dirilis hari Minggu. Indikator-indikator positif yang dirilis baru-baru ini mengindikasikan pemulihan ekonomi China, yang turut mendorong peningkatan proyeksi pertumbuhan permintaan China untuk tahun ini, termasuk minyak mentah.

Dari Timur Tengah, kelompok Islam Hamas menuduh saingannya Otoritas Palestina telah mengirim petugas keamanan ke Gaza utara dengan menyamar untuk mengamankan truk bantuan, kata kementerian dalam negeri Gaza yang dikelola Hamas pada hari Minggu. Meskipun tuduhan itu langsung dibantah oleh seorang pejabat Otoritas Palestina, namun situasi tersebut menghambat upaya pencapaian gencatan senjata yang sedang diupayakan saat ini.

Sementara itu, pembicaraan terkait gencatan senjata antara Israel dan Hamas masih belum mencapai kesepakatan. Dalam upaya terbaru untuk mendorong tercapainya gencatan senjata, AS dan Israel dijadwalkan akan mengadakan pertemuan secara virtual pada hari Senin guna membahas proposal alternatif terkait rencana invasi militer Israel ke Rafah, ungkap sumber tiga pejabat Israel dan AS pada hari Minggu.

Melihat dari sudut pandang teknis, harga minyak berpotensi menemui posisi resistance terdekat di level $86 per barel. Namun, apabila menemui katalis negatif maka harga berpotensi turun ke support terdekat di level $81 per barel.

DATA EKONOMI HARIAN

Jam

Data

Aktual

Ekspektasi

Sebelumnya

20:45

USA - S&P Global Manufacturing PMI Final

 

 

52.2

21:00

USA - ISM Manufacturing PMI

 

48.4

47.8

21:00

USA - Construction Spending MoM

 

0.6%

-0.2%

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Crude Oil Daily Newsletter

Member of
© Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 3002 7788