Home
>
News
>
Publication
>
Komentar Hawkish Pejabat The Fed Topang Kenaikan USDJPY
Komentar Hawkish Pejabat The Fed Topang Kenaikan USDJPY
Friday, 09 February 2024

Indikator Harga

 

Pembukaan

% Perubahan

EURUSD

1.0777

-0.04%

GBPUSD

1.2620

-0.03%

AUDUSD

0.6493

-0.12%

NZDUSD

0.6095

0.43%

USDJPY

149.32

0.07%

USDCHF

0.8740

0.09%

USDCAD

1.3461

0.06%

GOLDUD

2033.49

-0.02%

USD/IDR

15630

0.00%

Fokus USDJPY:

  1. Klaim pengangguran mingguan AS turun lebih dari perkiraan pada minggu lalu
  2. Barkin dari Fed mengatakan bahwa bank sentral harus bersabar dengan penurunan suku bunga meskipun data yang luar biasa menunjukkan bahwa inflasi menurun.

Jumat, 9 Februari 2024 – Pergerakan pasangan mata uang USDJPY naik ke zona 149.32 ditengah data ekonomi AS yang positif serta komentar beberapa pejabat The Fed mengisyaratkan bahwa mereka tidak terburu-buru menurunkan biaya pinjaman sampai mereka yakin inflasi akan turun ke target The Fed sebesar 2%.

Deputi Gubernur Bank of Japan (BoJ) Shinichi Uchida mengatakan pada hari Kamis bahwa pengetatan yang agresif tidak mungkin dilakukan bahkan setelah keluar dari kebijakan suku bunga negatif. Selain itu, ekspektasi bahwa perusahaan-perusahaan besar Jepang dapat menawarkan kenaikan upah yang cukup besar tahun ini akan mendukung inflasi yang berkelanjutan dan stabil, yang memungkinkan BoJ untuk beralih dari pengaturan kebijakan moneter ultra-dovish.

Di sisi Dolar AS, Data makro AS yang kuat, bersama dengan komentar hawkish baru-baru ini dari beberapa pejabat Federal Reserve, membuat ekspektasi pasar beralih untuk mengurangi ekspektasi mereka untuk penurunan suku bunga yang lebih awal dan tajam tahun ini. Laporan dari Departemen Tenaga Kerja pada hari Kamis menunjukkan jumlah pengangguran menyusut sedikit pada akhir Januari setelah membengkak ke level tertinggi dalam dua bulan sebelumnya. Klaim awal tunjangan pengangguran negara turun 9.000 menjadi 218.000 yang disesuaikan secara musiman untuk minggu yang berakhir pada tanggal 3 Februari.  Thomas Barkin dari The Fed Richmond mengatakan pada hari Kamis bahwa bank sentral memiliki waktu untuk bersabar dalam perubahan suku bunga dan bahwa ia perlu melihat angka inflasi yang baik dipertahankan dan meluas.

Harga pada pasangan mata uang USDJPY turun. Support terdekatnya di zona 149.00 dan resistance terdekatnya di zona 149.65 Support lanjutan di zona 148.85 dan dilanjutkan ke zona 148.20 Resistance lanjutan di zona 149.90 dan dilanjutkan resistance selanjutnya di zona 150.14

EURUSD – Pergerakan pasangan mata uang ini turun ke zona 1.0777. Di sisi Euro, Kepala Ekonom Bank Sentral Eropa (ECB), Philip Lane, menyatakan pada hari Kamis bahwa data menunjukkan bahwa disinflasi jangka pendek terjadi lebih cepat daripada yang diprakirakan, namun kemajuan lebih lanjut diperlukan untuk mencapai target 2%. Sementara itu, anggota Dewan Pemerintahan ECB, Pierre Wunsch, mengatakan bahwa ada beberapa tanda yang memberi harapan pada upah, tetapi tidak cukup bagi ECB untuk mulai membatalkan kebijakan yang membatasi. Wunsch menambahkan bahwa ia lebih memilih untuk menunggu lebih banyak data sebelum memangkas suku bunga. Support terdekatnya di zona 1.0720 dan resistance terdekatnya di zona 1.0800.

GBPUSD – Pergerakan pasangan mata uang ini turun ke zona 1.2620. Di sisi Inggris, Gubernur BoE Andrew Bailey mencatat pekan lalu bahwa segala sesuatunya mengarah ke arah yang benar dan bahwa tingkat suku bunga bank saat ini tetap sesuai. Selain itu, kepala ekonom BoE, Huw Pill, mengatakan pada awal pekan ini bahwa suku bunga dapat turun tahun ini sebagai hadiah bagi perekonomian karena telah menurunkan inflasi. Support terdekatnya di areal 1.2530 dan resistance terdekatnya di zona 1.2650.

AUDUSD – Pergerakan pasangan mata uang ini turun ke zona 0.6493 akibat terseret oleh penguatan Dolar AS ditengah para pejabat AS mengisyaratkan bahwa mereka tidak terburu-buru menurunkan biaya pinjaman sampai mereka yakin inflasi akan turun ke target The Fed sebesar 2% dan data ekonomi AS yang positif. Di sisi Australia, Gubernur Reserve Bank of Australia (RBA) Michele Bullock menegaskan kembali komitmen RBA untuk mengelola inflasi, dengan mencatat tanda-tanda yang menggembirakan dalam data inflasi. Bullock menyoroti bahwa meskipun dewan tidak mengesampingkan kemungkinan kenaikan suku bunga lebih lanjut, mereka juga belum mengkonfirmasi apapun. Di sisi data ekonomi Australia, Penjualan Ritel Australia q/q  membaik dengan kenaikan 0,3% di kuartal keempat dibandingkan dengan pertumbuhan sebelumnya sebesar 0,2%. Support terdekatnya di areal 0.6450 dan resistance terdekatnya di zona 0.6530.

NZDUSD – Pergerakan pasangan mata uang ini naik ke zona 0.6095 akibat pelaku pasar mengantisipasi kenaikan Tingkat suku bunga Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) di bulan Februari dan April karena Data pasar tenaga kerja kuartal keempat dari Selandia Baru melampaui ekspektasi Reserve Bank of New Zealand. Selain itu, Tingkat Pengangguran Selandia Baru baru-baru ini tumbuh lebih kecil dari prakiraan RBNZ. Saat ini Official Cash Rate (OCR) berada di 5,5%. Support terdekatnya di areal 0.6050 dan resistance terdekatnya di zona 0.6130.

USDCAD – Pergerakan pasangan mata uang ini naik ke zona 1.3461 terdorong oleh kinerja Dolar AS. Di sisi Kanada, Pada hari Rabu, risalah rapat kebijakan BoC pada 24 Januari menunjukkan bank sentral khawatir bahwa kenaikan upah di tengah nol pertumbuhan produktivitas dapat menambah tekanan inflasi. Tanda-tanda pemulihan di pasar perumahan Kanada Hal ini bisa menjadi risiko lain terhadap prospek inflasi, dimana para agen properti mengatakan bahwa permintaan yang terpendam, kekurangan rumah yang kronis, lonjakan harga sewa dan harapan penurunan suku bunga dapat memicu kenaikan di sektor ini. Fokus pasar ke depan menunggu laporan ketenagakerjaan Kanada, yang dirilis pada hari Jumat, diperkirakan menunjukkan perekonomian menambah 15.000 pekerjaan pada bulan Januari. Support terdekatnya di zona 1.3380 dan resistance terdekatnya di zona 1.3520.

USDCHF – Pergerakan pasangan mata uang ini naik ke zona 0.8740 terdorong oleh kinjera Dolar AS. Pada hari Kamis, data ekonomi Swiss melaporkan pada bulan Januari, tingkat Pengangguran Swiss yang disesuaikan secara non-musiman (tahunan) naik ke 2,5%, naik dari sebelumnya 2,3%. Sementara itu, Tingkat Pengangguran yang disesuaikan secara musiman (bulanan) tetap tidak berubah di 2,2%, sesuai dengan ekspektasi. Pada Pertemuan sebelumnya, Swiss National Bank (SNB) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga utamanya di 1,75%, menandakan berakhirnya fase pengetatan baru-baru ini. Support terdekatnya di zona 0.8720 dan resistance terdekatnya di zona 0.8750.

DATA EKONOMI HARIAN

Jam

Data

Actual

Ekspektasi

Sebelumnya

0:05

USD - FOMC Member Barkin Speaks

-

-

-

5:30

AUD - RBA Gov Bullock Speaks

-

-

-

20:30

CAD - Employment Rate

-

16.0K

0.1K

20:30

CAD - Unemployment Rate

-

5.9%

5.8%

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter

Member of
© Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 3002 7788