Home
>
News
>
Publication
>
Kebijakan Mempertahankan Tingkat Suku Bunga Dorong USDCAD
Kebijakan Mempertahankan Tingkat Suku Bunga Dorong USDCAD
Thursday, 01 February 2024

Indikator Harga

 

Pembukaan

% Perubahan

EURUSD

1.0812

-0.05%

GBPUSD

1.2687

-0.06%

AUDUSD

0.6564

-0.06%

NZDUSD

0.6116

-0.10%

USDJPY

146.88

-0.25%

USDCHF

0.8613

0.08%

USDCAD

1.3433

0.02%

GOLDUD

2037.39

0.31%

USD/IDR

15775

0.06%

Fokus USDCAD:

  1. Produk domestik bruto (PDB) riil Kanada tumbuh 0,2% pada bulan November
  2. The Fed mempertahankan Tingkat suku bunga 

Kamis, 1 Februari 2024 – Pergerakan pasangan mata uang USDCAD naik ke zona 1.3433 pasca kebijakan Federal Reserve mempertahankan suku bunganya tidak berubah pada pertemuan hari Rabu seperti yang diharapkan serta mendorong gagasan penurunan suku bunga AS yang pertama pada pertemuan mendatang.

Statistik Kanada pada hari Rabu menunjukan perekonomian Kanada bangkit kembali dengan tajam pada kuartal terakhir tahun 2023, didorong oleh produksi dan pengiriman barang yang lebih tinggi serta permintaan AS yang lebih kuat. Perkiraan awal mengatakan produk domestik bruto tumbuh 0,3%. Sementara itu, Produk domestik bruto (PDB) riil tumbuh 0,2% pada bulan November setelah pada dasarnya tidak berubah selama tiga bulan berturut-turut melebihi perkiraan pasar sebesar 0,1%. Secara keseluruhan, angka-angka berbasis industri menunjukkan pertumbuhan sebesar 1,2% secara tahunan dalam tiga bulan terakhir tahun lalu, membalikkan kontraksi pada kuartal ketiga. Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa perekonomian Kanada terdorong oleh kuatnya belanja konsumen di AS menjelang penutupan tahun 2023.

Di sisi Dolar AS, Ketua Fed Jerome Powell menyatakan "Inflasi masih terlalu tinggi. Kemajuan yang berkelanjutan dalam menurunkannya belum bisa dipastikan," kata Powell setelah komite penetapan kebijakan The Fed mempertahankan suku bunga acuan semalam di kisaran 5,25%-5,50%. Hal ini menunjukan bahwa suku bunga kebijakan kemungkinan telah mencapai puncaknya, yang menunjukkan kemungkinan penurunan suku bunga pada tahun ini. Namun, Powell menekankan bahwa setiap keputusan penurunan suku bunga akan bergantung pada perkembangan perekonomian.

Di sisi data ekonomi AS, Automatic Data Processing (ADP) Amerika Serikat melaporkan permintaan tenaga kerja yang lebih lemah dari yang diantisipasi oleh para pelaku pasar. Perusahaan-perusahaan swasta AS merekrut 107 ribu pencari kerja pada bulan Januari, jauh lebih rendah dari ekspektasi 145 ribu dan sebelumnya 158 ribu

Harga pada pasangan mata uang ini naik. Support terdekatnya di zona 1.3500 dan resistance terdekatnya di zona 1.3560. Support lanjutan di zona 1.3485 dan dilanjutkan ke zona 1.3420. Resistance lanjutan di zona 1.3615 dan dilanjutkan resistance selanjutnya di zona 1.3655.

EURUSD - Pasangan mata uang Euro turun ke zona 1.0800. Mata uang Euro tergelincir turun disebabkan oleh Keputusan suku bunga The Fed pada dini hari tadi. Dari sisi EUR, rilis angka IHK negara ekonomi terbesar Zona Euro melunak. Tingkat inflasi Jerman turun menjadi 2,9% y/y di bulan Januari, turun tajam dari 3,7% di bulan Desember dan sedikit di bawah estimasi pasar sebesar 3,0%. Angka tersebut, yang merupakan perkiraan awal, merupakan tingkat terendah sejak Juni 2021. Penurunan tersebut didorong oleh perlambatan inflasi barang, dengan harga energi dan pangan yang melambat. Namun harga jasa sedikit naik. Secara bulanan, inflasi meningkat menjadi 0,2%, dibandingkan dengan 0,1% pada bulan Desember dan sesuai dengan perkiraan pasar sebesar 0,2%. Inflasi terus menurun di negara dengan perekonomian terbesar di zona euro ini, karena kenaikan tajam suku bunga ECB telah mengurangi tekanan inflasi. Suku bunga yang tinggi juga telah mendinginkan perekonomian Jerman, karena PDB turun sebesar 0,2% q/q. Hal ini mengikuti angka kuartal ketiga sebesar -0,3%, yang berarti perekonomian secara teknis berada dalam resesi dengan pertumbuhan negatif selama dua kuartal berturut-turut. Dari data yang lain, Penjualan ritel Jerman secara tak terduga turun 1,6% bulan ke bulan di bulan Desember. Pada bulan November, penjualan ritel turun 2,4% bulan ke bulan. Para ekonom memperkirakan penjualan ritel akan meningkat sebesar 0,7% pada bulan Desember dari bulan ke bulan. Support terdekatnya di zona 1.0750 dan resistance terdekatnya di zona 1.0860.

GBPUSD – Pasangan mata uang Pound turun ke area 1.2670. Turunnya kinerja mata uang Poundsterling disebabkan oleh Federal Reserve (The Fed) yang memutuskan untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah, sementara Gubernur The Fed Jerome Powell tidak menanggapi spekulasi penurunan suku bunga untuk bulan Maret. Jerome Powell menyatakan bahwa suku bunga kebijakan kemungkinan telah mencapai puncaknya, yang menunjukkan kemungkinan penurunan suku bunga pada tahun ini. Namun, dia menekankan bahwa setiap keputusan penurunan suku bunga akan bergantung pada perkembangan perekonomian. Powell menyoroti ketidakpastian yang sedang berlangsung dalam prospek ekonomi dan mengklarifikasi bahwa keputusan mengenai kebijakan moneter akan ditentukan berdasarkan pertemuan demi pertemuan. Disisi dalam negeri, Bank Inggris (BoE) akan mengumumkan keputusan suku bunga pada hari ini, yang diperkirakan akan mempertahankan status quo stabil di 5,25%. Meskipun demikian, investor akan memantau prospek kebijakan dan bahasanya untuk mendapatkan petunjuk mengenai penurunan suku bunga di masa depan. Support terdekatnya di areal 1.2620 dan resistance terdekatnya di zona 1.2730.

AUDUSD - Pasangan mata uang Aussie turun ke zona 0.6560. Kinerja mata uang Aussie tertekan oleh menguatnya kinerja mata uang USD pasca pertemuan FOMC. Pada pertemuan tersebut The Fed sepakat untuk memutuskan kebijakan suku bunga tetap. Disisi data AUD, tingkat inflasi Australia yang terus menurun, hal ini akan menjadi kabar baik di telinga para pembuat kebijakan bank sentral. CPI untuk Q4 2023 turun menjadi 4,1% y/y, turun tajam dari 5,4% di Q3 dan di bawah estimasi pasar sebesar 4,3%. Inflasi telah melambat selama tiga bulan berturut-turut dan turun ke level terendah sejak November 2021. Penurunan inflasi dirasakan di seluruh perekonomian dan inflasi barang dan jasa mereda. Indikator CPI inti utama, yaitu trimmed mean, turun menjadi 4,2% y/y, turun tajam dari 5,2% dan tepat di bawah estimasi pasar sebesar 4,3%. Penurunan inflasi juga terlihat secara triwulanan. CPI turun dari 1,2% menjadi 0,6% pada kuartal keempat dan rata-rata CPI turun menjadi 0,8%, turun dari 1,2% pada kuartal ketiga. Selanjutnya, Kepercayaan Bisnis National Australia Bank (QoQ) turun menjadi -6 pada kuartal keempat dari penurunan sebelumnya -1. Izin Mendirikan Bangunan (Bulanan) turun 9,5% dibandingkan perkiraan pertumbuhan 1,1% di bulan Desember. Dari data yang lain, Indeks Manajer Pembelian (PMI) Manufaktur Judo Bank Australia untuk bulan Januari menunjukkan pertumbuhan bisnis meningkat sebesar 50,1 MoM, naik dari angka bulan Desember sebesar 47,6 karena Australia semakin memasuki skenario ekonomi soft landing. PMI Manufaktur yang disesuaikan secara musiman mengalami sedikit revisi dari angka awal 50,3 yang tercatat sebelumnya, namun angka tersebut tetap berada di wilayah positif di atas level penting 50,0. Support terdekatnya di zona 0.6520 dan resistance terdekatnya di zona 0.6600.

NZDUSD - Pasangan mata uang Kiwi turun ke area 0.6117. Mata uang Kiwi melemah akibat penguatan kinerja USD. Dini hari tadi, The Fed mempertahankan suku bunga tidak dan membuka kemungkinan penurunan suku bunga. Namun, Ketua The Fed Jerome Powell mengindikasikan bahwa penurunan suku bunga pada bulan Maret terlalu dini. Di sisi lain, Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) menargetkan menjaga inflasi dalam kisaran 1% hingga 3%, dengan fokus menjaga inflasi di masa depan pada kisaran titik tengah 2%. Dengan meredanya inflasi, pasar keuangan memperkirakan Official Cash Rate (OCR) akan dipangkas secepatnya, dengan tiga pemotongan sudah diperkirakan pada tahun ini. Support terdekatnya di areal 0.6090 dan resistance terdekatnya di zona 0.6140.

USDJPY – Pergerakan pasangan mata uang ini turun ke zona 146.88 akibat mata uang yen yang menguat kecenderungan hawkish Bank of Japan, yang mengatakan bahwa kondisi untuk menghapus stimulus besar dan menarik suku bunga jangka pendek keluar dari wilayah negatif sudah tepat. laporan Ringkasan Opini BoJ dari pertemuan Januari 2024 yang diterbitkan pada hari Rabu menunjukkan bahwa bank sentral harus mempertahankan pelonggaran moneter di bawah YCC, meskipun para anggota mendiskusikan prospek untuk keluar dari suku bunga negatif. Support terdekatnya di zona 147.20 dan resistance terdekatnya di zona 147.88

USDCHF - Pasangan mata uang Franc naik ke zona 0.8620. Naiknya kinerja mata uang Swiss sejalan dengan penguatan yang terjadi pada Indeks Dolar pasca pertemuan FOMC. The Fed mempertahankan suku bunga acuannya pada hari Rabu di kisaran 5,25%–5,50% dan menyatakan bahwa mereka tidak akan mulai menurunkan kisaran target tersebut sampai Selama pertemuan kebijakan moneter mereka, para pejabat Federal Reserve dengan suara bulat setuju untuk mempertahankan suku bunga seperti saat ini. Mereka menekankan perlunya menunggu kepastian yang lebih besar bahwa inflasi terus bergerak menuju target 2% sebelum mempertimbangkan penurunan suku bunga. The Fed juga mencatat bahwa prospek pemenuhan mandat ganda mereka semakin membaik dan menekankan kewaspadaan mereka terhadap risiko inflasi. Support terdekatnya di zona 0.8590 dan resistance terdekatnya di zona 0.8660.

DATA EKONOMI HARIAN

Jam

Data

Actual

Ekspektasi

Sebelumnya

2:00

USD - Federal Funds Rate

5.50%

5.50%

5.50%

2:00

USD - FOMC Statement

-

-

-

2:30

USD - FOMC Press Conference

-

-

-

7:30

AUD - Building Approvals m/m

-9.5%

0.5%

0.3%

7:30

AUD - Import Prices q/q

1.1%

0.6%

0.8%

7:30

AUD - NAB Quarterly Business Confidence

-6

-

-0.01

7:30

JPY - Final Manufacturing PMI

48.0

48.0

48.0

15:00

EUR - ECB President Lagarde Speaks

-

-

-

15:30

CHF - Manufacturing PMI

-

44.5

43.0

15:55

EUR - German Final Manufacturing PMI

-

45.4

45.4

16:30

GBP - Final Manufacturing PMI

-

47.3

47.3

17:00

EUR - Core CPI Flash Estimate y/y

-

3.2%

3.4%

17:00

EUR - CPI Flash Estimate y/y

-

2.7%

2.9%

19:00

GBP - BOE Monetary Policy Report

-

-

-

19:00

GBP - Monetary Policy Summary

-

-

-

19:00

GBP - MPC Official Bank Rate Votes

-

-

-

19:00

GBP - Official Bank Rate

-

5.25%

5.25%

19:00

GBP - BOE Gov Bailey Speaks

-

-

-

20:30

USD - Unemployment Claims

-

213K

214K

22:00

USD - ISM Manufacturing PMI

-

47.2

47.4

22:00

USD - ISM Manufacturing Prices

-

46.0

45.2

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter

Member of
© Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 3002 7788