Home
>
News
>
Publication
>
IHK Tahunan Kanada Melemah Dorong Kenaikan USDCAD
IHK Tahunan Kanada Melemah Dorong Kenaikan USDCAD
Wednesday, 22 November 2023

Indikator Harga

 

Pembukaan

% Perubahan

EURUSD

1.0909

-0.05%

GBPUSD

1.2537

-0.02%

AUDUSD

0.6555

-0.06%

NZDUSD

0.6046

-0.10%

USDJPY

148.39

0.04%

USDCHF

0.8835

0.02%

USDCAD

1.3700

0.03%

GOLDUD

1998.49

-0.12%

USD/IDR

15510

0.39%

Fokus USDCAD:

  1. Tingkat inflasi tahunan Kanada turun menjadi 3,1%
  2. Rilisnya Risalah FOMC

Rabu, 22 November 2023 – Pergerakan pasangan mata uang ini naik ke zona 1.3700 pasca rilisnya risalah FOMC dan tingkat inflasi tahunan Kanada yang menurun lebih dari yang diperkirakan.

Data ekonomi Kanada pada hari Selasa mengungkapkan tingkat inflasi tahunan Kanada turun lebih dari yang diharapkan menjadi 3,1% pada bulan Oktober turun dari 3,8% di bulan September. Angka ini lebih rendah dari perkiraan pasar sebesar 3,2%. IHK tumbuh 0,1% secara bulanan, seperti yang diharapkan. Selain itu, IHK Inti bulanan naik 0,3%, tetapi IHK Inti tahunan turun menjadi 2,7% dari 2,8%. Pelaku pasar menilai hal ini menjadi kemungkinan menutup kemungkinan kenaikan suku bunga lebih lanjut karena perlambatan inflasi umum dapat memperkuat spekulasi investor bahwa Dewan Komisaris akan mulai menurunkan suku bunga kebijakan utamanya dari level tertinggi dalam 22 tahun sebesar 5,00% pada paruh pertama tahun 2024. Pada pertemuan sebelumnya, Bank sentral telah mempertahankan suku bunga stabil dalam dua pertemuan terakhir, namun mengatakan pihaknya tetap siap untuk menaikkan lagi jika diperlukan. Bank Dunia memproyeksikan inflasi akan berada di kisaran 3,5% hingga pertengahan tahun 2024, sebelum turun ke target 2% pada akhir tahun 2025.

Di sisi Dolar AS, menurut notulen pertemuan FOMC, para anggota mempertimbangkan pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut jika "informasi yang masuk mengindikasikan bahwa kemajuan menuju tujuan inflasi Komite tidak mencukupi." Para pembuat kebijakan juga sepakat bahwa kebijakan harus tetap ketat untuk beberapa waktu sampai inflasi secara jelas dan berkelanjutan turun menuju target Komite. Fokus pasar kedepan menunggu klaim pengangguran mingguan dan survei Sentimen Konsumen Michigan dan untuk Kanada adalah pidato Gubernur BoC Tiff Macklem di Saint John Region Chamber of Commerce.

Harga pada pasangan mata uang ini turun. Support terdekatnya di zona 1.3670 dan resistance terdekatnya di zona 1.3730. Support lanjutan di zona 1.3635 dan dilanjutkan ke zona 1.3550. Resistance lanjutan di zona 1.3766 dan dilanjutkan resistance selanjutnya di zona 1.3795.

EURUSD - Pasangan mata uang Euro turun ke zona 1.0909. Kinerja mata uang Euro melemah setelah risalah terbaru Federal Reserve dari pertemuan bank sentral AS pada tanggal 31 Oktober - 1 November mengungkapkan bahwa Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) tetap berkomitmen kuat membawa suku bunga pada level yang lebih tinggi demi melawan ekspektasi inflasi ke depan. dengan berakhirnya Risalah Rapat The Fed, pasar sekarang akan beralih ke fokus pada Klaim Pengangguran AS pada hari Rabu dan survei Keyakinan Konsumen UE untuk bulan November. Disisi Euro, Kepercayaan Konsumen diperkirakan akan menunjukkan peningkatan, namun hanya sedikit: analis memperkirakan sedikit kenaikan dari -17.9 ke -17.6. Support terdekatnya di zona 1.0850 dan resistance terdekatnya di zona 1.0960.

GBPUSD – Pasangan mata uang Pound turun ke areal 1.2537. Mata uang Poundsterling tetap melemah meskipun adanya dorongan dari katalis dalam negeri. Kinerja mata uang ini melemah akibat menguatnya kinerja USD pasca risalah FOMC. Namun disisi lain, Poundsterling mendapat kekuatan dari komentar hawkish Gubernur BoE Andrew Bailey pada acara Treasury Select Committee di parlemen dan menyatakan bahwa inflasi berada di jalur yang tepat untuk mencapai sasaran 2%, meskipun menekankan bahwa risikonya cenderung ke atas. Dia menambahkan “terlalu dini untuk memikirkan penurunan suku bunga,” meskipun pasar swap telah memperkirakan penurunan suku bunga untuk tahun depan. Dalam sidang yang sama, Catherine Mann dari anggota BoE yang hawkish mengatakan dia mendukung pengetatan tambahan untuk memastikan inflasi kembali ke target. Support terdekatnya di areal 1.2480 dan resistance terdekatnya di zona 1.2590.

AUDUSD - Pasangan mata uang Aussie turun ke zona 0.6555. Turunnya kinerja mata uang Aussie disebabkan oleh menguatnya kinerja USD pasca rilis risalah FOMC. Menurut risalah rapat FOMC, para anggota akan mempertimbangkan pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut jika "informasi yang masuk mengindikasikan bahwa kemajuan menuju tujuan inflasi Komite tidak mencukupi." Para pengambil kebijakan juga sepakat bahwa kebijakan harus tetap bersifat restriktif untuk beberapa waktu sampai inflasi secara jelas dan berkelanjutan turun menuju target Komite. Namun optimisme Dolar Aussie mendapat dukungan naik menyusul pernyataan Gubernur Reserve Bank of Australia (RBA) Michele Bullock dan risalah pertemuan RBA yang agak hawkish pada bulan November. Ia mengatakan pasar tenaga kerja Australia berjalan dengan baik dan tren lapangan kerja dapat terus berlanjut. Gubernur Bullock menambahkan bahwa masalah inflasi merupakan kekhawatiran utama dalam satu atau dua tahun ke depan karena hal ini disebabkan oleh permintaan yang mendasar dan bukan hanya masalah pasokan. Dia akan berbicara lagi pada hari Rabu, tetapi diperkirakan tidak ada kejutan. Support terdekatnya di zona 0.6500 dan resistance terdekatnya di zona 0.6590.

NZDUSD - Pasangan mata uang Kiwi turun ke areal 0.6046. Kinerja Kiwi masih tertekan oleh risalah pertemuan FOMC The Fed. Federal Reserve merilis risalah pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal yang diadakan pada tanggal 31 Oktober – 1 November 2023. Menurut Risalah tersebut, para peserta menyoroti data yang sangat kuat mengenai PDB riil, belanja konsumen dan pertumbuhan gaji. Pada saat yang sama, para peserta mencatat bahwa penawaran dan permintaan tenaga kerja terus mencapai keseimbangan yang lebih baik, yang penting bagi The Fed karena pasar tenaga kerja yang ketat merupakan sumber inflasi. Meskipun beberapa pedagang mungkin ingin menafsirkannya sebagai sinyal hawkish, perlu dicatat bahwa Fed sebelumnya telah menegaskan kembali bahwa mereka siap menaikkan suku bunga jika diperlukan. Pada titik ini, pasar terus bersiap untuk penurunan suku bunga pada paruh pertama tahun depan. Support terdekatnya di areal 0.6000 dan resistance terdekatnya di zona 0.6080.

USDJPY – Pergerakan pasangan mata uang ini naik ke zona 148.39 di tengah dorongan kinerja Dolar AS setelah rilisnya risalah FOMC. Disisi Jepang, dalam berita yang beredar, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, berbicara kepada para anggota Parlemen hari Rabu ini, mengatakan bahwa kebijakan moneter Bank of Japan (BoJ) tidak ditujukan untuk mengarahkan nilai tukar mata uang dengan cara tertentu. Kishida menambahkan bahwa pemerintahnya mengharapkan BoJ untuk mengambil kebijakan moneter yang tepat dan berbagi pandangan dengan pemerintah. Selain itu, pada pertemuan sebelumnya Gubernur BoJ Kazuo Ueda mengatakan bahwa Jepang membuat kemajuan dalam mencapai target inflasi 2% secara berkelanjutan dan bahwa bank sentral tidak perlu menunggu sampai upah riil berubah menjadi positif untuk keluar dari kebijakan akomodatif yang telah berlangsung selama satu dekade. Support terdekatnya di zona 148.00 dan resistance terdekatnya di zona 148.60.

USDCHF – Pergerakan pasangan mata uang naik ke zona 0.8835 pasca rilisnya notulen pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang dirilis pada hari Selasa menunjukkan bahwa semua peserta setuju keputusan kebijakan pada setiap pertemuan akan terus didasarkan pada totalitas informasi yang masuk. Selain itu, semua peserta setuju bahwa kebijakan moneter harus tetap ketat sampai inflasi secara berkelanjutan bergerak menuju target Komite. Support terdekatnya di zona 0.8810 dan resistance terdekatnya di zona 0.8865.

DATA EKONOMI HARIAN

Jam

Data

Actual

Ekspektasi

Sebelumnya

2:00

USD - FOMC Meeting Minutes

-

-

-

6:30

AUD - MI Leading Index m/m

0.0%

-

0.1%

15:35

AUD - RBA Gov Bullock Speaks

-

-

-

16:00

EUR - ECB Financial Stability Review

-

-

-

Tentative

GBP - Autumn Forecast Statement

-

-

-

20:30

USD - Unemployment Claims

-

226K

231K

20:30

USD - Core Durable Goods Orders m/m

-

0.2%

0.4%

20:30

USD - Durable Goods Orders m/m

-

-3.2%

4.6%

22:00

EUR - Consumer Confidence

-

-18

-18

22:00

USD - Revised UoM Consumer Sentiment

-

61.1

60.4

23:30

CAD - BOC Gov Macklem Speaks

-

-

-

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter

Member of
© Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 3002 7788