Home
>
News
>
Publication
>
Dikelilingi Kombinasi Faktor Bearish, AUDUSD di Terendah 8-Bulanan
Dikelilingi Kombinasi Faktor Bearish, AUDUSD di Terendah 8-Bulanan
Wednesday, 21 July 2021

Indikator Harga

 

Pembukaan

% Perubahan

EURUSD

1.17800

-0.08%

GBPUSD

1.36270

-0.14%

AUDUSD

0.73310

-0.37%

NZDUSD

0.69160

-0.12%

USDJPY

109.83000

0.03%

USDCHF

0.92130

0.02%

USDCAD

1.268

0.21%

GOLDUD

1810.040

-0.13%

USD/IDR

14520

0.17%

Fokus AUDUSD:

  1. AUDUSD lanjut koreksi pagi ini
  2. Kondisi COVID di Asia-Pasifik suram

Rabu, 21 Juli 2021 - Minat jual tetap belum pudar di sekitar AUDUSD untuk hari kelima berturut-turut pada pagi ini, karena bear mengincar penurunan lebih dalam di bawah 0.7300. Tekanan ini terjadi di balik sentimen risiko yang kembali memburuk di tengah meningkatnya kekhawatiran varian Delta COVID terutama di wilayah Asia-pasifik dengan Australia dan Indonesia yang paling terpukul parah. Menambah kesengsaraan AUD, Penjualan Ritel nasional Australia pagi ini dirilis turun 1.8% di bulan Juni vs. penurunan 0.5% yang diharapkan. Penurunan belanja konsumen sudah mengisyaratkan efek negatif dari penguncian COVID pada ekonomi Australia. Di sisi lain di tengah kekhawatiran pertumbuhan global dan kekhawatiran inflasi yang terlalu tinggi, permintaan Dolar AS bangkit kembali di Asia, yang juga memberikan tekanan tambahan pada pasangan.

Perkembangan terkini, kota terbesar di Australia, Sydney, melaporkan lonjakan 40% dalam kasus COVID selama 24 jam terakhir sementara Victoria melaporkan jumlah kasus harian yang naik dua kali lipat pada hari Selasa. Dua negara bagian terpadat di negara itu kini kembali berada di bawah pembatasan penguncian baru, berkat penyebaran cepat varian Delta. Lebih lanjut, ketegangan AS-China yang sedang berlangsung juga menahan bull AUDUSD. Di antara berita utama terbaru, Wakil Menteri Luar Negeri AS mengatakan bahwa Amerika akan terus terlibat dengan pejabat China - yang terjadi sehari setelah AS, Eropa, Jepang, dan lainnya pada hari Senin menuduh China memiliki pola aktivitas dunia maya yang berbahaya.

Pada saat penulisan, AUDUSD masih terseok-seok dengan fokus zona support penting terdekat di level 0.72900 dengan resistance terdekatnya berada di areal 0.73200 Sementara, resistance terjauhnya berada di sekitar areal 0.73700 dan support terjauhnya di 0.72500.

EURUSD – Pasangan EURUSD sempat mencatatkan rebound kemarin ke 1.1780; namun dengan cepat ditarik kembali ke selatan untuk menguji area 1.1750, turun ke posisi terendah sejak tiga setengah bulan sebelumnya terhadap Dolar AS. Euro yang biasanya diuntungkan oleh suasana pasar juga tetap di bawah tekanan, bahkan ketika sejumlah pasar ekuitas pulih setelah penurunan hari Senin. Ke depannya, acara utama sebagai fokus akan diadakan pada hari Kamis dengan pertemuan Bank Sentral Eropa (ECB) yang pertama sejak strategi baru dicanangkan sehingga beberapa perubahan bahasa diharapkan. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.17600 dan resistance di 1.17800.

GBPUSD – GBPUSD saat ini diperdagangkan coba pulih dari posisi terendah yang dicetak pada awal sesi menguji level 1.36, sebagai level terendah lima bulanan - menyusul permintaan luas untuk safe-haven USD di tengah lonjakan global dalam infeksi Covid Delta. Lebih ironisnya, Inggris mencabut semua pembatasan sosial COVID-19 pada hari Senin, meskipun ada lonjakan infeksi yang sebagian besar disebabkan oleh varian virus Delta - memberikan kekhawatiran baru bagi pasar. Selain itu, kebuntuan atas Protokol Irlandia Utara dari kesepakatan Brexit yang masih memperburuk hubungan antara Inggris dan Uni Eropa, juga jadi tekanan yang masih kokoh. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.35900 dan resistance di 1.36400.

NZDUSD – Pasangan Kiwi secara umum berada pada level yang sama dengan yang berlaku kemarin, setelah mencapai level terendah baru untuk tahun ini sebelum coba pulih sedikit. Di balik mata uang antipodean, ada kinerja ekuitas yang sempat melambung dan telah membantu sentimen risiko, tetapi pasar obligasi tetap sangat fluktuatif dan dari dalam negeri ada tekanan dari rilis harga lelang produk susu yang turun sekitar 3%. Ke depannya, NZD akan tetap rentan akan adanya perubahan sedikitpun pada sentimen pasar, terlebih lagi, suasana di sekitar Asia-Pasifi masih suram dengan dipimpin oleh kinerja AUD. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.69000 dan resistance di 0.69300.

USDCAD – USDCAD memperpanjang reli dan naik melampaui 1.2800 untuk pertama kalinya dalam lima bulan. Namun, dengan aliran risiko mulai mendominasi pasar keuangan sejak paruh kedua kemarin, pasangan ini sempat berbalik arah dan terakhir terlihat di dekat 1.2715. Sebelumnya pada hari itu, penguatan USD berbasis luas memungkinkan USDCAD untuk tetap bullish setelah kenaikan hari Senin. Di sisi lain, harga minyak mentah acuan West Texas Intermediate (WTI), yang kehilangan hampir 7% pada hari Senin, berjuang untuk menghapus kerugiannya dan mempersulit CAD yang sensitif terhadap komoditas untuk menunjukkan ketahanan terhadap USD. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.26700 dan resistance di 1.27400.

USDCHF – Suasana pasar yang suram berlanjut hingga paruh pertama hari Selasa, sempat sedikit membaik selama jam perdagangan AS. Di balik itu, ada kinerja beberapa indeks ekuitas AS yang pulih. Namun demikian, SD tetap kuat dan berhasil membukukan level tertinggi yang lebih tinggi untuk minggu ini terhadap sebagian besar rival utama, termasuk CHF. Satu-satunya data dari AS menunjukkan pada hari Selasa bahwa Housing Starts meningkat sebesar 6.3% setiap bulan di bulan Juni. Namun demikian, investor tidak terlalu memperhatikan laporan ini. Tidak akan ada rilis data utama yang ditampilkan dalam kalender ekonomi AS pada hari Rabu dan persepsi risiko kemungkinan akan terus memengaruhi penilaian mata uang. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.91900 dan resistance di 0.92300.

USDJPY – Fokus pasangan masih dipengaruhi oleh penilaian penghindaran risiko pasar. Terbaru dari dalam AS, pasar masih mencerna komentar dari Ketua Fed Reserve Jerome Powell yang menunjukkan dia tidak peduli dengan tingkat inflasi saat ini, menunjukkan kebijakan moneter akan tetap mendukung. Akibatnya, pasar ekuitas bangkit kembali ke wilayah positif komentar juga mendorong imbal hasil Treasury, mendukung Dolar AS yang sudah menguat terhadap sebagian besar mata uang G10 sepanjang hari. Di sisi lain pula masih ada ketakutan Covid, dimana penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa vaksin tunggal mungkin tidak cukup untuk memerangi varian delta yang pada kesempatannya menarik minat pasar ke USD dan Yen. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 109.600 dan resistance di 110.000.

DATA EKONOMI HARIAN

Jam

Data

Actual

Ekspektasi

Sebelumnya

8:30

AU - Retail Sales m/m

-1.8%

-0.7%

0.4%

21:30

EIA - Crude Oil Inventories

-

-4.6M

-7.9M

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter

Member of
© 2020. Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 3002 7788