Home
>
News
>
Press Release
>
ICDX TAMBAH 17 LOKASI PENYERAHAN CPO
ICDX TAMBAH 17 LOKASI PENYERAHAN CPO
Wednesday, 03 January 2024

Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) menambah 17 lokasi penyerahan terkait perdagangan pasar fisik CPO melalui Bursa. Penambahan lokasi penyerahan ini merupakan upaya ICDX untuk memperluas layanan serta mendekatkan lokasi penyerahan dengan lokasi perkebunan kelapa sawit. Terkait pemilihan lokasi ini, merupakan masukan dari para pelaku yang kemudian dilakukan pembahasan oleh Komite CPO yang telah dibentuk oleh ICDX, dan selanjutnya menjadi masukan kepada Bursa CPO. Demikian disampaikan Yugieandy, Direktur Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) melalui keterangan tertulis kepada media, 22 Desember 2023.

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi sebagai regulator dalam bursa CPO juga telah menerbitkan persetujuan untuk penambahan lokasi penyerahan ini. Dengan adanya penambahan, lokasi penyerahan menjadi 19 lokasi setelah sebelumnya terdapat di Belawan dan Dumai.

Penambahan 17 lokasi penyerahan CPO ini meliputi Teluk Bayur, Panjang Lampung, Talang Dukuh Jambi, Boom Baru Palembang, Kijing Pontianak, Bagendang Sampit, Pulau Baai Bengkulu, Meulaboh Aceh, Bumiharjo Pangkalan Bun, Trisakti Banjarmasin, Semayang Balikpapan, Maloy Kutai Timur, Mamuju, Manokwari, Bintuni, Jayapura, dan Merauke.

Yugieandy menambahkan, “Pertimbangan kami terkait adanya penambahan lokasi penyerahan ini adalah dalam memberikan kemudahan kepada para pelaku kelapa sawit. Kita tahu, perkebunan kelapa sawit benyak tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Selain melakukan penambahan lokasi penyerahan, ICDX saat ini juga terus melakukan sosialisasi terkait Bursa CPO ke sentra-sentra industri kelapa sawit di berbagai wilayah di Indonesia.

Terkait sebaran perkebunan kelapa sawit, data Biro Pusat Statistik tahun 2022 menyebutkan, total perkebunan kelapa sawit di Indonesia mencapai 14,9 juta hektar. Terdapat 7 wilayah yang masing-masing memiliki luas perkebunan diatas 1 juta hektar, yaitu provinsi Riau dengan luas perkebunan 2,9 juta hektar, Kalimantan Barat sebesar 2 juta hektar, Kalimantan Tengah dengan luas 1,8 juta hektar, Sumatera Utara dengan luas 1,5 juta hektar, Kalimantan Timur dengan luas 1,4 juta hektar, Sumatera Selatan dengan luas 1,2 juta hektar dan Jambi dengan luas perkebunan kelapa sawit seluas 1,1 juta hektar.

 

[END]

 

Tentang Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)

Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX), juga dikenal sebagai Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) adalah bursa komoditi dan derivatif yang berbasis di Indonesia. Visi ICDX menjadi bursa pasar global yang meningkatkan kesejahteraan nasional, dengan misi menjadi tolok ukur penetapan harga komoditi dunia melalui produk-produk primer Indonesia. ICDX adalah Bursa yang didukung oleh anggotanya yang terdiri dari pialang dan pedagang yang teregulasi oleh BAPPEBTI. Anggota ICDX memfasilitasi layanan transaksi nasabah yang mencakup kontrak perdagangan berjangka komoditi ICDX. Perdagangan di ICDX akan diselesaikan, dijamin, dan dikliring oleh Indonesia Clearing House.

 

Informasi lebih lanjut hubungi :

P Giri Hatmoko

Head of Corporate Communication

Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) Group

Midpoint Place, Lt.22-23

Jl. H. Fachrudin No.26

Jakarta Pusat

Telp : (021) 30027788

[email protected]

www.icdx.co.id


Member of
© Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 4050 7788