a

Indikator Harga

Pembukaan % Perubahan
EURUSD 1.18110 0.07%
GBPUSD 1.36860 0.11%
AUDUSD 0.75810 0.36%
NZDUSD 0.69600 0.29%
USDJPY 108.720 0.19%
USDCHF 0.93550 0.03%
USDCAD 1.25750 -0.05%
GOLDUD 1734.300 -0.04%
USD/IDR 14420 0.21%

Fokus AUDUSD:

      1. AUDUSD dibuka koreksi pagi ini
      2. Angka aktivitas jasa di China warnai fokus



Selasa, 06 April 2021 - AUDUSD pagi ini menghentikan apresiasi kuat di hari sebelumnya, dengan pasangan mengambil petunjuk dari data PMI Layanan Caixin China untuk bulan Maret, di tengah sentimen hati-hati menjelang paparan RBA dalam waktu dekat, terutama tentang langkah pemulihan. Dari China, PMI Layanan Caixin berbeda dari PMI Manufaktur Caixin sementara untuk naik ke 54.3 versus 51.7 konsensus pasar dan 51.5 pembacaan sebelumnya. Sebelumnya dari dalam Aussie sendiri, Iklan Lowongan ANZ bulan Maret Australia tumbuh melewati -7.2% sebelumnya menjadi +7.4%. Ke depannya, selain menunggu momentum penting dari RBA, pergeseran sentimen pasar juga menantang pergerakan AUDUSD.
Barometer risiko melonjak ke optimisme pada hari sebelumnya karena sentimen pasar menyambut data optimis IMP Jasa ISM AS dan meningkatnya peluang rencana infrastruktur Presiden AS Joe Biden sebesar $ 2.25 triliun bahkan ketika Partai Republik memperingatkan atas kenaikan pajak. Vaksinasi yang lebih cepat dan upaya pembukaan lockdwn di Inggris dan AS juga sempat jadi katalis tambahan untuk mendukung kenaikan pasar. Selain itu, kesiapan Selandia Baru untuk membuka perbatasan nasional dengan Australia juga dinantikan dampaknya sebagai pondasi kuat harga. Namun, tantangan baru-baru ini terhadap suasana risiko datang dari sedikit perkembangan negatif terkait vaksin AstraZeneca dan peringatan Bank of Japan (BOJ) atas penurunan suku bunga.
Pada saat penulisan, AUDUSD masih koreksi dengan fokus zona support penting terdekat di level 0.76100 dengan resistance terdekatnya berada di areal 0.76700. Sementara, resistance terjauhnya berada di sekitar areal 0.76900 dan support terjauhnya di 0.75800.

EURUSD – Pasangan EURUSD berfluktuasi dalam kisaran yang ketat di sekitar zona 1.17 pada paruh pertama sesi kemarin, tetapi memperoleh daya tarik dengan USD yang berada di bawah tekanan jual kuat selama sesi perdagangan AS. Setelah mencapai level tertinggi sejak 25 Maret, kini EURUSD kembali masuk ke fase konsolidasi masih di atas zona 1.18. Kelemahan USD jadi faktor dominan di pasar keuangan dengan menyerap sentimen risk-on pasar dan data PMI ISM Jasa AS terbaru yang optimis, tampaknya belum sumbang pondasi berarti bagi USD. Ke depan, indeks Kepercayaan Investor Sentix dan Tingkat Pengangguran Februari akan ditampilkan dalam kalender ekonomi Eropa. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.17800 dan resistance di 1.18300.

GBPUSD – GBPUSD kini telah berhasil pulih kembali ke level psikologis penting di atas 1.39, yang dinilai para analis dapat secara substansial menyasar resisten di wilayah 1.40. Sementara suasa naoptimis pasar yang menekan USD telah menjadi alasan utama apresiasi harga, sejumlah tajuk dari Inggris juga perlu diperhatikan. Terbaru, kembali ada pertimbangan dari Badan Pengatur Obat dan Produk Kesehatan Inggris (MHRA) atas proposal untuk membatasi penggunaan vaksin keluaran Oxford-AstraZeneca pada gelombang vaksinasi selanjutnya. Namun, mengingat penurunan tajam dalam angka kematian, rawat inap, dan infeksi baru dalam beberapa minggu terakhir, ekspektasi pasar terhadap Inggris untuk maju ke tahap pembukaan kembali berikutnya masih kuat. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.38600 dan resistance di 1.39300.

NZDUSD – Dengan tidak banyak pembaruan di dalam negeri NZ, Kiwi mengambil isyarat dari sentimen negatif di sekitar USD yang lebih luas berkat derasnya selera risiko. Optimisme kembali dikonfirmasi dan mengarah pada ekonomi AS yang pulih dengan cepat dalam upaya untuk kembali ke kekuatan pre pandemi. Ketika tingkat infeksi turun, lanjut percaya pada lancarnya program vaksinasi, lanjutan data dalam negeri yang optimis juga dicerna pasar - oleh karena itu apresiasi terlihat pada ekuitas dan mata uang yang sensitif terhadap risiko seperti NZD. Selain itu, kesiapan Selandia Baru untuk membuka perbatasan nasional dengan Australia dan PMI Layanan Caixin China yang kuat untuk bulan Maret pagi ini jadi beberapa berita ekstra positif. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.70200 dan resistance di 0.70700.

USDCAD – USDCAD memperpanjang gerak negatif hari sebelumnya sambil mengambil penawaran di sekitar 1.25200 di sesi pagi hari ini. Pasangan mencatatkan koreksi paling tajam di antara mata uang G10 lainnya, meskipun harga minyak masih bergerak bearish. Oleh karena itu, satu-satunya katalis masih dapat ditelusuri dari aksi jual kuat di sekitar USD di tengah suasana risk-on. Sementara itu, kebangkitan kembali virus di India dan China yang bergabung dengan kekhawatiran pasokan minyak lebih banyak seperti yang diisyaratkan oleh OPEC+, patut diperhatikan untuk pembalikan lebih lanjut. Selanjutnya, pembaruan mingguan dari persediaan minyak industri dan kembalinya pasar setelah rangkaian libur paskah, akan mewarnai volatilitias pasangan. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.25200 dan resistance di 1.25900.

USDCHF – Harga bergerak di belakang USD yang sebelumnya diterpa aksi jual luas setelah data ekonomi AS yang baru-baru ini datang untuk bergabung sebagai bahan bakar suasana risk-on pasar. Menambah kelemahan USD, imbal hasil Treasury AS mundur di tengah kekhawatiran atas berlalunya rencana belanja infrastruktur $ 2.25 triliun besar-besaran di Kongres, terutama setelah Senator Demokrat Joseph Manchin mengatakan bahwa dia tidak akan mendukung kenaikan 28% untuk pajak perusahaan. Ke depan, adanya pembalikkan suasana risk-on belum terlacak sejara jelas, namun katalis terbaru dapat dinantikan dari hasil FOMC besok, dan pidato Powell di hari selanjutnya. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.93600 dan resistance di 0.94000.

USDJPY – USDJPY menghentikan penurunan korektifnya dari dekat tertinggi satu tahun, karena pembeli melawan kembali kendali di tengah suasana pasar yang optimis sementara jeda dalam aksi jual Dolar AS pagi ini juga menawarkan beberapa kelonggaran. Dari dalam Jepang, ada yang perlu diperhatikan dari komentar pejabat Bank of Japan (BOJ) yang mengekspektasi kesulitan ekonomi dalam kasus penurunan suku bunga serta data beragam dari Jepang. Terbaru, data Penghasilan Tunai Tenaga Kerja Jepang Februari pulih dari -0.8% sebelumnya dan konsensus pasar -1.5% menjadi -0.2%. Namun, Pengeluaran Rumah Tangga Keseluruhan turun di bawah perkiraan -2.1% dan pembacaan sebelumnya -6.1% menjadi -6.6% selama bulan Februari. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 110.200 dan resistance di 110.800.


Data Ekonomi Harian

Jam Data Aktual Ekspektasi Sebelumnya
11:30 AU - RBA Rate Statement - 0.10% 0.10%

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter




ICDX MEMBER