a

Indikator Harga

Pembukaan % Perubahan
EURUSD 1.18110 0.07%
GBPUSD 1.36860 0.11%
AUDUSD 0.75810 0.36%
NZDUSD 0.69600 0.29%
USDJPY 108.720 0.19%
USDCHF 0.93550 0.03%
USDCAD 1.25750 -0.05%
GOLDUD 1734.300 -0.04%
USD/IDR 14420 0.21%

Fokus USDJPY:

      1. USDJPY dibuka koreksi pagi ini
      2. Data pekerjaan AS sebelumnya dirilis optimis



Senin, 05 April 2021 - Pagi ini, pasangan USDJPY masih bergerak minim cenderung koreksi di tengah konsolidasi suasana pasar yang baru kembali dari akhir pekan yang panjang. Dengan demikian, barometer risiko menyambut katalis positif dari AS sambil memperhatikan sedikit kekhawatiran pandemi di Eropa yang diimbangi dengan perkembangan positif di beberapa negara Asia. Selain itu, sisi positif risiko juga dilacak dari sikap kesiapan Jepang untuk menyiapkan lebih banyak stimulus. Selama akhir pekan, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Liberal yang berkuasa, Toshihiro Nikai mengatakan secara resmi melalui portal lokal bahwa Jepang mungkin perlu mengumpulkan anggaran tambahan untuk tahun fiskal saat ini untuk memerangi pukulan ekonomi dari pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.
Dari sisi lain, USD masih sempat mendapatkan kekuatan ekstra baru-baru ini karena Biden tetap siap menggunakan kebijakan khusus untuk mendapatkan persetujuan Senat untuk paket bantuan utama. Lebih lanjut, sentimen tetap terangkat oleh ekspektasi pemulihan AS yang lebih cepat setelah ekonomi menambahkan hampir satu juta pekerjaan di bulan Maret, melampaui konsensus pasar. Prospek pengembalian yang lebih cepat ke sektor pekerjaan penuh mendukung peluang kenaikan suku bunga Fed, dan pada gilirannya, meningkatkan imbal hasil berdurasi lebih pendek. Ke depan, harga kemungkinan akan lanjut melacak dinamika Dolar AS dan nada risiko, di tengah likuiditas rendah yang dipicu oleh Senin Paskah menjelang laporan IMP Jasa ISM AS.
Pada saat penulisan, USDJPY masih koreksi dengan fokus zona support penting terdekat di level 110.400 dengan resistance terdekatnya berada di areal 110.750. Sementara, resistance terjauhnya berada di sekitar areal 111.000 dan support terjauhnya di 110.150.

AUDUSD – Ditutup dalam rentang yang hampir datar setelah berfluktuasi selama sepekan, pasangan AUDUSD secara luas disetir oleh tarik-ulurnya sentimen risiko pasar yang dipengaruhi sejumlah tajuk bergulir baik dari dalam maupun luar Australia. Meskipun pergerakan dolar AS sebagian besar dapat dilacak sebagai batasan pasangan baru-baru ini, kebangkitan kembali COVID-19 di Brisbane meski setelah penguncian juga belum sumbang tekanan yang berarti. Dari data, katalis juga diserap secara beragam beragam terkait data neraca perdagangan dalam negeri dan China sebagai rekan utamanya yang meleset turun dari perkiraan. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.76000 dan resistance di 0.76400.

EURUSD – Sempat jatuh ke level terendah sejak November 2020, pasangan EURUSD di pertengahan pekan sempat mencoba bangkit dan kini lanjut bergerak di bawah zona psikologis 1.18000. Tekanan utama dari blok Euro pada hari Rabu datang dari pengumuman penguncian Presiden Prancis Emmanual Macron dimana dia mengatakan bahwa penguncian akan mencakup seluruh negeri dan akan berlangsung setidaknya selama satu bulan, mulai hari Sabtu. Lebih lanjut, Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire merevisi perkiraan ekonomi Prancis pada hari Minggu, menurunkan perkiraan PDB menjadi 5% dan meningkatkan proyeksi indeks dampak publik menjadi 9.0%. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.17500 dan resistance di 1.17900.

GBPUSD – Mengakhiri pekan dengan apresiasi mingguan, GBPUSD masih mencerna suasana minat risiko pasar yang cenderung bullish bagi GBP, untuk bergabung dengan optimisme yang masih sama terkait penanganan pandemi dari dalam Inggris sendiri. Pondasi yang masih kuat dapat dilacak dari peluncuran vaksin di Inggris yang masih dinilai terbaik dibandingkan negara-negara maju dan kekhawatiran akan kekurangan vaksin semakin berkurang karena Inggris bersiap untuk menerima pengiriman vaksin Moderna dan Novavax pada bulan April untuk pertama kalinya. Lebih lanjut, prospek ekonomi BoE yang optimis di akhir pekan, dengan pertumbuhan konsumsi Q2 2020 diprediksi sedikit lebih kuat, ikut menyumbang pondasi berarti bagi Pound. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.38200 dan resistance di 1.38500.

NZDUSD – Bergerak dengan pondasi yang lumayan kokoh, pasangan Kiwi memperpanjang reboundnya dan kembali nyaman di atas zona 0.70. Terlepas dari valuasi USD, kenaikan tidak memiliki katalis fundamental yang jelas dari dalam NZ selain memperhatikan laju perkembangan penanganan pandemi secara menyeluruh. Nyatanya, pasangan Kiwi memanfaatkan beberapa pemulihan suasana pasar dan sedikit mencerna data-data dari China. Perlu dicatat bahwa kutipan mengabaikan data suram dari Keyakinan Bisnis dan Aktivitas ANZ Outlook Selandia Baru yang sebelumnya tergelincir di bawah perkiraan awal dan pembacaan sebelumnya. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.70000 dan resistance di 0.70400.

USDCAD – Harga sempat mengalami tekanan yang berat di pertengahan pekan, namun masih menutup sesi pekan kemarin dengan margin yang tipis. Meskipun kemunduran Dolar AS dari puncak multi-bulan dan angka PDB Kanada yang optimis sebelumnya membebani kutipan. Data yang diterbitkan kemarin menunjukkan bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) riil Kanada pada bulan Januari tumbuh sebesar 0.5%, sesuai dengan ekspektasi. Di sisi lain, harga minyak mentah naik tajam menyusul pertemuan OPEC + ke-15 yang menunjukkan meskipun produsen setuju untuk meningkatkan produksi minyak secara bertahap dalam tiga bulan ke depan, mereka tetap berhati-hati terkait prospek permintaan. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.25300 dan resistance di 1.25800.

USDCHF – Masih berfluktuasi di balik kendali valuasi USD dan katalis risiko, pasangan USDCHF masih nyaman bergera di kisaran zona tertingginya sejak pertengahan 2020 kemarin. Sebelumnya pasar masih merespon optimis pengumuman rencana belanja infrastruktur senilai $ 2.25 triliun dari Presiden Biden yang lanjut mengatakan tidak akan adanya kenaikan pajak bagi mereka yang berpenghasilan kurang dari $400 ribu per tahun. Dari data, laporan pekerjaan AS untuk Maret telah kembali menghibur pembeli USD dengan tajuk utama Nonfarm Payrolls (NFP) yang dirilis meroket ke 916K versus sebagian besar konsensus pasar di sekitar 500K. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.93900 dan resistance di 0.94300.


Data Ekonomi Harian

Jam Data Aktual Ekspektasi Sebelumnya
21:00 US - ISM Services PMI - 58.3 55.3
All Day NZ/AU/CN/CH/EU/GB - Bank Holiday - - -

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter




ICDX MEMBER