a

Indikator Harga

Pembukaan % Perubahan
EURUSD 1.18110 0.07%
GBPUSD 1.36860 0.11%
AUDUSD 0.75810 0.36%
NZDUSD 0.69600 0.29%
USDJPY 108.720 0.19%
USDCHF 0.93550 0.03%
USDCAD 1.25750 -0.05%
GOLDUD 1734.300 -0.04%
USD/IDR 14420 0.21%

Fokus USDCAD:

      1. USDCAD kembali balik menguat
      2. Angka ketenagakerjaan Kanada dirilis optimis



Senin, 12 April 2021 - Pagi ini, pasangan USDCAD memulai pekan dengan apresiasi dengan memanfaatkan kenaikan USD secara luas di pasar keuangan. Berbicara tentang pekan kemarin, harga dalam dua hari terakhir berakhir koreksi, untuk menutup keuntungannya sejak awal pekan dengan kombinasi sentimen bullish dari dalam Kanada. Data bulanan yang diterbitkan oleh Statistics Canada menunjukkan pada hari Jumat bahwa Tingkat Pengangguran di bulan Maret turun ke level terendah sejak awal pandemi di 7.5%, dibandingkan dengan perkiraan analis 8%. Rincian lebih lanjut dari laporan pekerjaan mengungkapkan bahwa pekerjaan meningkat lebih dari 300 ribu selama periode yang sama. Sementara itu, barel West Texas Intermediate (WTI) terus bergerak stabil dekat zona $ 60.
Kondisi bullish USD pagi ini mengambil isyarat dari komentar optimis Ketua Fed Jerome Powell dan tampaknya agak tidak terpengaruh oleh koreksi imbal hasil obligasi Treasury AS. Dalam wawancara pagi tadi, Powell mengatakan bahwa ekonomi AS benar-benar terlihat berada pada titik inflasi. Ini memperkuat ekspektasi pasar untuk pemulihan ekonomi AS yang relatif lebih cepat dari pandemi, berkat kecepatan vaksinasi yang mengesankan dan rencana pengeluaran infrastruktur Presiden AS Joe Biden. Powell lebih lanjut menambahkan bahwa Fed memang menginginkan inflasi secara moderat di atas 2% untuk beberapa waktu tetapi tidak ingin inflasi naik secara material di atas 2%.
Pada saat penulisan, USDCAD masih bergerak apresiasi dengan fokus zona support penting terdekat di level 1.25300 dengan resistance terdekatnya berada di areal 1.25600. Sementara, resistance terjauhnya berada di sekitar areal 1.25800 dan support terjauhnya di 1.25200.

AUDUSD – Fluktuasi liar pasangan AUDUSD dalam sepekan kemarin ditutup dengan koreksi di sesi hari Jumat, untuk menutup pekan dalam rentang negatif yang cenderung sempit. Meskipun serangkaian acara penting dari dalam Australia ditawarkan, valuasi USD tetap memegang kendali utama pasar untuk menaruh posisi di pasangan. RBA mengumumkan tidak ada perubahan pada keputusan kebijakan moneternya, mempertahankan janji untuk menjaga kebijakan akomodatif sampai tujuan pekerjaan dan inflasi tercapai. Menutup pekan, Tinjauan Stabilitas Keuangan RBA memperkuat pernyataan bahwa sistem keuangan telah tahan terhadap guncangan COVID-19 dan bank-bank Australia berada dalam posisi yang kuat. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.76000 dan resistance di 0.76300.

EURUSD – EURUSD dalam sepekan kembali diperdagangkan sebagai fungsi dari perbedaan penilaian pasar terhadap kondisi moneter Eropa vs AS, yang ditinjau dari fluktuasinya imbal hasil treasury. Tidak ada katalis utama dalam Eropa yang secara langsung menyebabkan volatilitas tinggi di pasangan, meskipun ada beberapa perkembangan yang perlu diperhatikan. Dalam kalender, angka Produksi Industri di Jerman, Prancis dan Spanyol semuanya dirilis tidak sesuai ekspektasi dan menunjukkan tanda-tanda pelemahan selama Februari. Di sisi ECB, Wakil Presiden De Guindos baru saja datang ke publik untuk menyatakan kinerja ekonomi buruk di Q1 dan memperingatkan terhadap penarikan dini dari program stimulus saat ini. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.18800 dan resistance di 1.19200.

GBPUSD – GBPUSD jgua sebagian besar disetir oleh valuasi USD sepanjang pekan, naik-turun seiring dengan fluktuasi imbal hasil obligasi pemerintah AS. Sementara itu, di Inggris, peluncuran vaksin terus berjalan dengan baik dan tingkat infeksi tetap rendah, dengan negara dinilai pada jalur yang tepat untuk membuka kembali sebagian besar ekonominya pada awal minggu depan. Kendati demikian, adanya isu negatif yang sama terkait vaksin AstraZeneca cenderung menahan investor tetap pada mode hati-hati setidaknya menjelang konfirmasi lanjutan dari gugus tugas COVID-19 nasional Inggris terhadap kebijakan selanjutnya. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.36800 dan resistance di 1.37200.

NZDUSD – Pasangan NZDUSD tarik-ulur dekat level yang cenderung sama dalam sepekan, setelah terangkat dari level psikologis 0.70 pada hari Kamis dan secara bertahap masih bergerak stabil di balik optimisme yang masih ada bagi mata uang sensitif komoditas seperti Kiwi. Berita baru-baru ini dari Asia Pasifik menawarkan tajuk tentang Australia dan Selandia Baru yang membuka kembali gelombang perjalanan mereka dan diharapkan dapat memberikan dorongan kecil pada mata uang antipode. Selain itu, pasangan dalam sepekan juga sempat memanfaatkan angka PMI Caixin China yang kuat untuk bulan Maret. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.70100 dan resistance di 0.70400.

USDCHF – Masih menjadi fungsi utama refleksi valuasi USD di pasar, fokus pasangan USDCHF tertuju pada serangkaian data, acara, dan kondisi moneter dari dalam AS yang ramai ditawarkan dalam kalender pekan lalu. Terbaru di hari Jumat, laporan Inflasi Harga Produsen Maret untuk bulan Maret dirilis dengan; tingkat tahunan PPI di angka 4.2% - sebagai level tertinggi sejak September 2011, melonjak 1.4% dari Februari dan jauh di atas ekspektasi untuk pembacaan 3.8%. PPI Inti juga lebih tinggi dari yang diharapkan, naik menjadi 3.1% YoY dari 2.5% pada bulan Februari, di atas ekspektasi untuk pembacaan 2.7%. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.92400 dan resistance di 0.92700.

USDJPY – Terkoreksi cukup dalam, pasangan USDJPY sempat merespon cukup dramatis koreksi USD sejak awal pekan. Sementara itu dari dalam Jepang, rilis data datang dari surplus Transaksi Berjalan Jepang dan ekuitas domestik negatif yang mendukung sentimen di sekitar Yen, dan Neraca Pembayaran Rekening Koran Jepang untuk Februari naik JPY 2,916.9 miliar vs. JPY 1,996 miliar yang diharapkan. Di tempat lain, investor juga memperhatikan sikap Jepang yang memberlakukan kembali pembatasan di Tokyo, Kyoto, dan Okinawa - sebagai dampak yang dinilai oleh para analis akibat terlambatnya program vaksinasi Jepang. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 109.400 dan resistance di 109.800.


Data Ekonomi Harian

Jam Data Aktual Ekspektasi Sebelumnya
06:00 US - Fed Chair Powell Speaks - - -
21:30 CA - BOC Business Outlook Survey - - -

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter




ICDX MEMBER