a

Indikator Harga

Pembukaan % Perubahan
AUDUSD 0.77430 -0.10%
NZDUSD 0.71850 0.03%
USDJPY 108.990 0.07%
USDCHF 0.92440 0.11%
USDCAD 1.24460 0.06%
GOLDUD 1735.200 -0.03%
USD/IDR 14400 0.42%

Fokus AUDUSD:

      1. AUDUSD masih tertekan pagi ini
      2. New South Wales longgarkan penguncian



Rabu, 24 Maret 2021 - Pagi ini, pasangan AUDUSD masih bergerak di balik tekanan suasana risk-off yang menyelimuti pasar, meski ada sedikit upaya perlawanan dengan bantuan kabar baik dari dalam Australia. Baru-baru ini bagian New South Wales (NSW) telah mengumumkan penghapusan substansial dari pembatasan aktivitas oleh pandemi mulai pekan ini. Secara luas, adanya kabar tersebut diharapkan semakin memberikan kepastian pada pasar terkait mulusnya realisasi wacana pemulihan ekonomai dari dalam Australia. Kendati demikian, serangkaian tajuk bergulir lainnya yang sensitif terhadap risiko secara keseluruhan serta valuasi USD yang masih memiliki pondasi, terus menjaga harga dalam arus bearish.
Sinyal beragam dari pembuat kebijakan Fed dan perpanjangan penguncian yang disebabkan pandemi di Eropa telah menjadi alasan utama untuk suasana risk-off menyelimuti pasar. Di sisi lain, tantangan geopolitik yang berasal dari Korea Utara dan China juga lanjut menantang suasana hati, sementara optimisme hati-hati Menteri Keuangan AS Janet Yellen gagal menghibur para pelaku pasar di tengah kalender yang lemah. Selanjutnya, data Pesanan Barang Tahan Lama AS untuk Februari dan babak ketiga pidato Ketua Fed Jerome Powell di Kongres akan menjadi kuncinya. Namun, imbal hasil Treasury AS akan menjadi sorotan di tengah obrolan stimulus fiskal lain dari pemerintahan Biden, setidaknya sebagai penyetir utama USD dalam jangka menengah.
Pada saat penulisan, AUDUSD masih lanjut koreksi dengan fokus zona support penting terdekat di level 0.75700 dengan resistance terdekatnya berada di areal 0.76800. Sementara, resistance terjauhnya berada di sekitar areal 0.77500 dan support terjauhnya di 0.75500.

EURUSD – Mata uang utama EURUSD turun ke level terendah dua minggu sebelumnya, dengan masih dipengaruhi USD yang tetap berada di posisi terdepan di sekitar puncak bulanan. Namun, kurangnya katalis utama tampaknya kini menawarkan kelegaan langsung tekanan harga. Perpanjangan langkah-langkah penguncian yang disebabkan oleh pandemi di Jerman hingga April masih menjadi sentimen negatif utama di Blok. Hal yang sama juga disoroti dari ketakutan kebangkitan virus, yang bergabung dengan adanya isu kekurangan suplai vaksin. Ke depannya, angka aktifitas dari Uni Eropa akan mewarnai fokus harga di tengah pasar yang masih mencerna rangkaian pidato tiga hari Powell. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.18200 dan resistance di 1.18900.

GBPUSD – Harga cenderung kurang stabil, menyegarkan kembali level terendahnya sejak Februari. Secara luas, pasangan Cable menghormati kekuatan luas Dolar AS di tengah suasana risk-off sambil mengabaikan optimisme vaksin di dalam Inggris. Dari dalam, angka ketenagakerjaan yang beragam dan kesiapan pemerintah untuk lanjut ke memulai vaksinasi anak-anak sekolah mulai Agustus gagal memberikan arahan yang jelas untuk pergerakan GBPUSD. Selanjutnya, data Indeks Harga Konsumen (CPI) Inggris untuk Februari, diharapkan 0.8% versus 0.7%, akan menjadi katalis langsung untuk GBPUSD menjelang pembacaan awal angka aktifitas dari PMI untuk bulan Maret. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.37000 dan resistance di 1.38000.

NZDUSD – NZDUSD masih terus tertekan untuk mendekati posisi terendah sejak November, menguji zona 0.70000, dengan sedikit bantuan dari angka perdagangan Selandia Baru (NZ) di awal hari Rabu. Namun, pasar belum yakin di tengah tantangan sentimen, yang menggambarkan kemerosotan besar di hari sebelumnya. NZ Trade Balance membalikkan defisit sebelumnya -$647 juta dengan dirilis di $181 juta, sementara data tahunan berkurang dari $ 2.73 miliar menjadi $ 2.36 miliar. Rincian lebih lanjut menunjukkan bahwa Ekspor tumbuh melewati -$ 4,2 miliar sedangkan Impor turun menjadi $ 4,29 miliar. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.69500 dan resistance di 0.70700.

USDCAD – Harga ikut memanfaatkan perkasanya USD di papan pasar keuangan dengan sejumlah sentimen yang menguntungkan Dolar baik dari sisi karakteristik safe-havennya, maupun beberapa fokus fiskal dari dalam USD. Di sisi lain, Dolar Kanada tertekan kembali ke posisi terendah sesi karena pergerakan minyak menjelang kesaksian Kongres oleh Ketua Federal Reserve Jerome Powell dan Menteri Keuangan Janet Yellen di kemudian hari. Sebagai catatan, harga minyak acuan WTI dalam sesi perdagangan semalam kembali ke bawah level $60 per barel. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.25500 dan resistance di 1.26200.

USDCHF – Harga masih memanfaatkan Indeks dolar AS (DXY) yang naik ke puncak dua mingguan kemarin, di tengah pembuat kebijakan Fed yang terus menolak kekhawatiran reflasi tetapi tidak dapat meyakinkan pasar. Di antaranya, Ketua Fed Jerome Powell dan Presiden Federal Reserve Dallas Robert Kaplan optimis atas pemulihan ekonomi dan kenaikan suku bunga, tetapi beberapa pejabat lain menawarkan sinyal beragam sesudahnya. Selain itu, yang juga berkontribusi pada kenaikan USD adalah kekhawatiran akan perselisihan antara Barat vs China setelah aliansi di antara AS, Inggris, Kanada, dan Uni Eropa (UE) mengkritik keras pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang, dan lanjutan suasana risk-off yang mencerna tajuk pandemi lainnya. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.93000 dan resistance di 0.93800.

USDJPY – USD telah menjadi pemain terbaik dalam sejumlah sesi perdagangan terakhir, namun kurang membantu pasnagan USDJPY untuk meroket di tengah Yen yang masih memiliki daya tarik sebagai safe-haven. Di sisi lain, risalah Bank of Japan (BOJ) dan Indeks Harga Layanan Korporat Jepang yang optimis dan PMI Layanan Bank Jibun, masing-masing untuk bulan Februari dan Maret, juga membantu Yen melawan USD. Risalah Bank of Japan telah dirilis dengan para anggota setuju bahwa BoJ harus melonggarkan tanpa ragu-ragu jika diperlukan dengan memperhatikan dampak pandemi pada ekonomi. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 108.400 dan resistance di 108.900.


Data Ekonomi Harian

Jam Data Aktual Ekspektasi Sebelumnya
16:00 EU - German Flash Manufacturing PMI - 60.4 60.7
16:30 EU - Flash Services PMI - 46.1 45.7
21:00 US - Fed Chair Powell Speaks - - -

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter




ICDX MEMBER