Indikator Harga

Pembukaan % Perubahan
EURUSD 1.16690 -0.03%
GBPUSD 1.27520 0.00%
AUDUSD 0.70450 0.14%
NZDUSD 0.65520 -0.05%
USDJPY 105.400 0.07%
USDCHF 0.92640 0.01%
USDCAD 1.33590 -0.06%
GOLDUD 1868.181 -0.08%
USD/IDR 14840 0.07%

Fokus USDCHF:

      1. USDCHF konsolidasikan penguatan
      2. Koreksi tipis USD diabaikan harga



Jumat, 25 September 2020 - Pagi ini, pasangan USDCHF masih konsolidasi cenderung melanjutkan penguatannya sejak awal pekan di tengah momentum utama dari dalam Swiss dan tak tergoyahkan oleh koreksi USD kemarin. Sebelumnya, Bank Nasional Swiss (SNB) mengumumkan bahwa mereka mempertahankan suku bunganya tidak berubah di -0.75% seperti yang diharapkan. Selama konferensi pers, Ketua SNB Thomas Jordan mengakui bahwa situasi pemulihan ekonomi masih rapuh di Swiss dan mengatakan bahwa intervensi telah berdampak pada tekanan ke atas dari CHF. Swiss pun mengalami resesi yang cukup tajam akibat pandemi, dengan pada kuartal kedua, PDB lebih dari 10% di bawah tingkat sebelum krisis. Sementara tahun ini, PDB akan menyusut sekitar 5% yang akan menjadi penurunan terkuat sejak krisis pada pertengahan 1970-an.
AS, di sisi lain, merilis Klaim Pengangguran Awal untuk pekan yang berakhir 18 September, yang datang pada 870 ribu orang mengajukan klaim dan tercatat lebih buruk dari yang diharapkan sekitar 843 ribu orang dan 866 ribu di periode sebelumnya. Secara total, Klaim Pengangguran Berlanjut untuk pekan yang berakhir 11 September naik menjadi 12.58 juta. Tingkat pengangguran yang sangat tinggi di AS mempengaruhi USD dan tanpa alasan yang jelas, membantu kinerja pasar ekuitas untuk melakukan rebound yang cukup berarti. Jumat ini, fokusnya adalah pada Pesanan Barang Tahan Lama AS bulan Agustus yang terlihat naik 1.5% mengikuti kenaikan 11.4% di bulan sebelumnya.
Pada saat penulisan, USDCHF mulai konsolidasikan kenaikan dengan fokus zona support penting terdekat kini berada di areal 0.92400 dengan resistance terdekatnya berada di areal 0.92800. Sementara, resistance terjauhnya berada di sekitar areal 0.93200 dan support terjauhnya di 0.91900.

AUDUSD – AUDUSD masih ditutup koreksi meski mempersempir ketugian mengikuti upaya membaiknya kinerja harga di sekitar sektor komoditas yang sensitif terhadap Aussie dan memanfaatkan koreksi USD setelah sebelumnya perkasa menekan hampir seluruh papan pasar keuangan. Berlanjut pagi ini, Pprgerakan harga kuat di pasar komoditas mulai tercermin pada kenaikan beberapa komoditas acuan seperti harga minyak mentah, harga emas dan juga komoditas unggulan Australia seperti tembaga dan bijih besi. Jelang pergantian pekan dan kalender yang cenderung tenang, AUDUSD hanya akan menyerap sentimen yang sama menggerakkan Dolar AS. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.70200 dan resistance di 0.71000.

EURUSD – Masih bergerak di sekitar zona terendahnya sejak dua bulan terakhir, pasangan EURUSD mulai mengumpulkan pondasinya di sesi kemarin memanfaatkan konsolidasi USD dengan data AS yang suram dan ekuitas memantul dari posisi terendah harian, memberikan tekanan pada USD di sesi perdagangan terakhir hari kemarin. Namun, hingga saat ini pasar masih menyadari ada banyaknya kekhawatiran yang muncul dari Uni Eropa, karena angka PMI sebelumnya dirilis beragam cenderung lemah dan tentu saja pasar cenderung harus khawatir tentang angka virus COVID-19 yang masih meningkat dan mengkhawatirkan di beberapa negara Uni. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.16400 dan resistance di 1.16900.

GBPUSD – Pasangan GBPUSD sempat berfluktuasi dan terpantau ditutup untuk membukukan kenaikan sederhana harian kemari, yang dibantu oleh kabar dari dalam Inggris. Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak meluncurkan skema pekerjaan darurat, yang akan mendorong pemerintah dan perusahaan untuk menambah gaji para pekerja yang pekerjaannya terkena pandemi. Skema Dukungan Pekerjaan yang baru akan mencakup tiga perempat dari gaji normal selama enam bulan mulai November mendatang. Pengumuman tersebut merupakan bagian dari rencana yang lebih luas untuk melindungi ekonomi selama musim dingin, dan secara optimis potensi efektifitasnya telah direspon positif pasar. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.27000 dan resistance di 1.28000.

NZDUSD – Ikut mencoba untuk memulihkan kerugian sebelumnya, pasangan NZDUSD mengakhiri sesi kemarin masih dalam rentang koreksi yang cenderung sempit. Beberapa sektor dan pasar telah mencerminkan rebound yang cenderung seragam dan berhasil meningkatkan sentimen perdagangan secara luas dan membiarkan short-covering mata uang terkait komoditas seperti NZD. Sebagai latar belakang untuk juga ikut diserap pasar, RBNZ mengingatkan pasar bahwa OCR yang lebih rendah dan pendanaan bank untuk program pinjaman (FLP) adalah pilihan yang lebih disukai untuk stimulus lebih lanjut, dengan mencatat bahwa FLP akan siap sebelum akhir tahun ini. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.65200 dan resistance di 0.65700.

USDCAD – Sempat menguji level resistance penting di 1.34000, pasangan USDCAD gagal melanjutkan pergerakan dan berbalik mundur untuk ditutup koreksi di level 1.33600. Secara garis besar, harga tertekan olah koreksi di sekitar USD yang merupakan dampak utama dari memantulnya kinerja sejumlah pasar ekuitas global. Di sisi lain, pasar minyak juga turut membantu CAD untuk menarik posisi pasangan lebih ke bawah. Harga minyak ikut terhibur membaiknya sentimen di beberapa sektor komoditas dan juga faktor geopolitik terbaru dari AS-Iran. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.33200 dan resistance di 1.34100.

USDJPY – Koreksi Dolar AS kemarin belum dapat menghapus pondasi kuat USDJPY yang sudah terbentuk sejak awal pekan. Kebangkitan angka baru virus COVID-19 telah membayangi pemulihan yang baru lahir pasca pandemi di seluruh dunia, terutama setelah pembatasan baru dan penguncian lokal diberlakukan kembali di Inggris dan Eropa. Oleh karena itu, investor masih bergegas mencari posisi keamanan dalam Dolar AS, memicu permintaan akan safe haven secara keseluruhan, dibandingkan dengan Yen. Pada saat penulisan harga bergerak dengan support di areal 105.200 dan resistance penting terjauh berada di areal 105.600.


Data Ekonomi Harian

Jam Data Aktual Ekspektasi Sebelumnya
13:00 GBP - Public Sector Net Borrowing - 40.6B 25.9B
19:30 USD - Core Durable Goods Orders m/m - 1.0% 2.6%
19:30 USD - Durable Goods Orders m/m - 1.1% 11.4%

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter




ICDX MEMBER