Indikator Harga

Pembukaan % Perubahan
EURUSD 1.18510 0.09%
GBPUSD 1.31930 0.15%
AUDUSD 0.73180 0.04%
NZDUSD 0.69020 0.06%
USDJPY 104.570 -0.08%
USDCHF 0.91230 -0.05%
USDCAD 1.30740 -0.04%
GOLDUD 1888.760 0.03%
USD/IDR 14000 0.39%

Fokus AUDUSD:

      1. AUDUSD masih jaga penguatannya
      2. Kabar pengembangan vaksin kembali optimis



Selasa, 17 November 2020 - Pagi ini, pasangan AUDUSD masih bergerak hijau, cenderung tenang di tengah lanjutan optimisme yang masih dijaga terkait optimisme vaksin dan kabar dari risalah RBA. Pasangan ini baru-baru ini menangkap bias bullish RBA, seperti yang disampaikan melalui risalah kebijakan moneter terbaru. Meskipun para pembuat kebijakan menawarkan alat baru untuk kredit murah dan menambah Pelonggaran Kuantitatif (QE), pembuat kebijakan RBA menunjukkan kesiapan pembuat kebijakan untuk menawarkan uang lebih mudah sambil menolak penurunan suku bunga yang lebih langsung dan penolakan yang jelas untuk suku bunga negatif.
Tidak hanya risalah RBA tetapi optimisme pasar global mengenai vaksin COVID-19 dan kejadian global lainnya juga mendukung harga pada posisinya. Tidak hanya vaksin Moderna yang 94.5% efektif, sesuai hasil uji coba terbaru, tetapi berita bahwa Johnson dan Johnson juga memulai uji coba tahap akhir pada vaksin dua dosisnya mendukung sentimen perdagangan pasar belakangan ini. Perlu juga dicatat bahwa Pfizer-BioNtech sebelumnya melaporkan tingkat keberhasilan 90% untuk uji coba vaksin mereka dan meningkatkan harapan bahwa dunia akan dapat menaklukkan COVID-19. Ke depan, pembaruan mengenai vaksin dan pandemi dapat menawarkan arahan baru bagi pedagang AUDUSD menjelang pidato dari Asisten Gubernur (Pasar Keuangan) RBA Guy Debelle.
Pada saat penulisan, AUDUSD masih konsolidasi dalam rentang bullish dengan fokus zona support penting terdekat di level 0.72800 dengan resistance terdekatnya berada di areal 0.73400. Sementara, resistance terjauhnya berada di sekitar areal 0.73500 dan support terjauhnya di 0.72200.

EURUSD – Harga kembali ditutup apresiasi untuk hari ketiga berturut-turut kemarin, didukung oleh mundurnya USD dipicu minat risiko pasar dengan rilis data ekonomi makro China yang positif dan hasil yang menjanjikan dari tes vaksin Moderna. Kendati demikian, fluktuasi harga masih terjadi dengan sedikit nada sumbang oleh komentar dovish dari pejabat ECB, Pablo Hernandez de Cos. Dalam pidatonya, Hernandez de Cos telah menunjukkan bahwa pergerakan valuta asing antara Euro dan USD adalah sesuatu yang perlu dikhawatirkan dan harus mendukung akomodasi moneter lebih lanjut untuk menghindari fragmentasi pasar mengingat prospek ekonomi dan inflasi yang memburuk. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.18100 dan resistance di 1.18900.

GBPUSD – GBPUSD masih melanjutkan reboundnya kemarin dengan konfirmasi lanjutan terkait tajuk Brexit. Kabar baru datang dari sebuah portal berita yang melaporkan bahwa kesepakatan perdagangan antara Uni Eropa (UE) dan Inggris kemungkinan akan datang awal minggu depan. Prospek kesepakatan telah membaik selama beberapa pekan terakhir, tetapi waktu di mana ratifikasi kesepakatan apa pun yang dapat dicapai telah menyusut. Inggris secara resmi akan meninggalkan UE pada Januari tetapi masa transisi status-quo-nya, tetap berada dalam serikat pabean UE dan pasar tunggal, akan berakhir pada 31 Desember dengan hampir 1 triliun USD dalam perdagangan tahunan dipertaruhkan. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.31500 dan resistance di 1.32500.

NZDUSD – Balik memantul ke sekitar zona 0.69000, pasangan Kiwi terhibur dengan risk appetite yang melonjak setelah berita positif vaksin, dan mendorong ekuitas AS mendekati rekor tertinggi. Dari sisi lain, Menteri Perdagangan Selandia Baru O’Connor sempat menuangkan sentimen negatif denganmenyampaikan kekhawatirannya atas lonjakan Selandia Baru (NZD) baru-baru ini, karena sifat ekonominya yang berorientasi perdagangan. Meski begitu, tidak ada yang spesifik dapat ditemukan untuk menahan reli lanjutan pasangan di tengah pasar yang masih berkonsentrasi pada harapan vaksin untuk arahan segera. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.68400 dan resistance di 0.69200.

USDCAD – USDCAD terperosok kembali dalam untuk menembus supportnya dengan tekanan harga masih dapat dilacak dari suasana optimis di pasar yang menekan USD, dan sentimen positif di sekitar pasar minyak. Dari sisi permintaan, optimisme disulut oleh rilis data Produksi industri China dan PDB Jepang yang semuanya melampaui ekspektasi. Selain itu, 15 negara Asia telah menandatangani pakta perdagangan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP), menciptakan blok perdagangan terbesar di dunia dan menandakan hambatan perdagangan yang lebih rendah. Untuk arahan terdekat, rapat OPEC-JMMC akan diselenggarakan dan update terkait kepatuhan dan ketegasan pasar anggota akan diperhatikan. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.30400 dan resistance di 1.31600.

USDCHF – Fluktuasi lebar dan berakhir dalam rentang tipis di sekitar zona 0.91200, fokus USDCHF ikut memperhatikan sentimen pasar yang terangkat dengan konfirmasi pemulihan di Asia yang diwakilkan China dan Jepang. Beberapa saat kemudian, produsen obat Moderna mengumumkan bahwa vaksin COVID-19-nya efektif 94.5% yang mendorong sentimen pasar yang memicu kemajuan yang solid di indeks ekuitas utama. Dalam latar belakang ini, safe-haven USD telah melemah terhadap beberapa rival utamanya, meskipun kenaikan pada imbal hasil Treasury AS telah menghindari pelemahan USD lebih lanjut terhadap CHF. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.91000 dan resistance di 0.91500.

USDJPY – USDJPY kembali jatuh ke bawah zona 105.000 menyusul data PDB Q3 Jepang yang jauh lebih kuat dari yang diharapkan semalam, yang menunjukkan ekonomi tumbuh pada tingkat 5.0% QoQ terhadap ekspektasi untuk tingkat pertumbuhan 4.4%. Meski para analis mengingatkan bahwa data ini mungkin tidak terlalu mencerminkan pemulihan yang sedang berlangsung, kini pasar lebih fokus pada bagaimana ekonomi global akan berkembang hingga akhir tahun dan pada 2021. Dalam waktu dekat, USDJPY akan terus didorong terutama oleh pandemi dengan tarik-ulur yang sedang berlangsung saat ini adalah antara optimisme tentang vaksin vs pesimisme tentang keadaan wabah yang memburuk, terutama di AS. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 104.300 dan resistance di 105.000.


Data Ekonomi Harian

Jam Data Aktual Ekspektasi Sebelumnya
07:30 AUD - Monetary Policy Meeting Minutes - - -
Tentative ALL - OPEC-JMMC Meetings - - -
20:30 USD - Core Retail Sales m/m - 0.6% 1.5%
20:30 0 0 0.5% 1.9%

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter




ICDX MEMBER