Indikator Harga

Pembukaan % Perubahan
EURUSD 1.17060 -0.03%
GBPUSD 1.29140 -0.19%
AUDUSD 0.70930 -0.18%
NZDUSD 0.65960 -0.03%
USDJPY 105.440 -0.18%
USDCHF 0.91490 0.02%
USDCAD 1.32200 0.10%
GOLDUD 1906.900 -0.02%
USD/IDR 14695 -0.03%

Fokus EURUSD:

      1. EURUSD masih berjuang di zona bearish
      2. Dolar AS masih kendalikan harga



Jumat, 16 Oktober 2020 - Pagi ini pasangan EURUSD terpantau coba konsolidasikan kerugian dalamnya yang dialami pada sesi perdagangan kemarin di tengah larinya para investor dari instrumen berisiko seperti Euro. Dari dalam Eropa sendiri, kekhawatiran disumbangkan oleh lonjakan kasus COVID-19 yang makin mengkhawatirkan di beberapa bagian. Sementara dari bank sentral Eropa, dapat disimpulkan dari paparannya dalam EU Economic Summit, para pejabat mengisyaratkan bahwa ECB tampaknya tidak terburu-buru untuk mengubah jalur kebijakan moneter. ECB dapat bertahan pada kebijakannya mengingat risalah dari pertemuan September mengungkapkan bahwa PEPP (Program Pembelian Darurat Pandemi) kemungkinan harus digunakan secara penuh untuk memberikan akomodasi.
Dolar AS terpantau menguasai papan harga pasar keuangan pada sesi perdagangan kemarin dengan kombinasi sentimen risk-aversion pasar dan lanjut dikonfirmasi oleh data dari AS yang menyumbangkan sinyal beragam. IEmpire State Manufacturing Index dirilis turun menjadi 10.5 pada bulan Oktober vs ekspektasi 14.0 dari 17.0 pada bulan September. Selain itu, Klaim Pengangguran Awal secara tak terduga meningkat menjadi 898 ribu total klaim untuk pekan yang berakhir 10 Oktober vs ekspektasi ekonom di angka 825 ribu total klaim.
Pada saat penulisan, EURUSD coba konsolidasikan kerugian dengan fokus zona support penting terdekat kini berada di areal 1.16800 dengan resistance terdekatnya berada di areal 1.17400. Sementara, resistance terjauhnya berada di sekitar areal 1.18000 dan support terjauhnya di 1.16300.

AUDUSD – Lanjut tertekan di belakang arus penghindaran risiko sejak dibuka sesi kemarin, AUDUSD cenderung menyerap arahan yang ditawarkan dari data ketenagakerjaan Australia, yang dirilis di atas ekspektasi para ekonom, namun memburuk dibandingkan dengan periode sebelumnya di Agustus. Di sisi lain, Dolar Australia masih kehilangan daya tariknya, yang sebelumnya berubah dengan cepat setelah retorika dovish disumbangkan dari para pejabat Reserve Bank of Australia dan kabar tentang tensi perdagangan Aussie-China terkait sejumlah sektor, seperti batu bara. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.70400 dan resistance di 0.71500.

GBPUSD – Pasangan GBPUSD kembali merosot ke level supportnya di 1.29000, masih di bealakang suasana risk-aversion pasar yang mulai mendominasi. Selain itu, GBP juga menyerap tekanan dari berita utama yang menunjukkan bahwa London, atau tempat dimana hampir setengah populasi Inggris, sedang diarahkan ke tingkat kewaspadaan tinggi di tengah peningkatan tajam kasus baru COVID-19. Selain itu, dari tajuk Brexit belum dapat menyumbang sesuatu yang berarti untuk dimanfaatkan harga sebagai pondasi lain. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.28500 dan resistance di 1.29600.

NZDUSD – Senada dengan pergerakan mata uang sensitif faktor risiko dan komoditas seperti AUDUSD, pasangan NZDUSD ikut tertekan cukup dalam untuk menguji level 0.66000. Dengan tak banyak yang dapat diperhatikan kedepan selain valuasi pasar terhadap USD, yang mungkin akan merespon arahan dari data Penjualan Ritel AS, faktor risiko akan tetap memainkan perannya di belakang setir kemudi. Perlu diantisipasi, selera risiko pasar terpantau masih suram selama beberapa hari terakhir dengan menyerap sentimen kekhawatiran atas gelombang kedua COVID-19 AS dan Eropa serta kurangnya kemajuan dalam paket stimulus AS.Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.65600 dan resistance di 0.66300.

USDCAD – Penguatan harga minyak didukung oleh data turunnya stok minyak AS dan juga komitmen OPEC+ untuk melanjutkan pengurangan produksi, gagal menarik harga USDCAD ke bawah. Meski demikian, pembatasan yang semakin ketat di negara-negara Eropa memberikan tekanan pada pasar minyak dan membatasi harga naik lebih lanjut. Secara luas, katalis apresiasi lebar harga dapat dilacak dari perkasanya USD yang memanfaatkan suasana penghindaran risiko di pasar, dan dikonfirmasi lebih lanjut oleh data Klaim Pengangguran AS yang memburuk. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.31800 dan resistance di 1.32500.

USDCHF – Membukukan penguatan kemarin, USDCHF secara mendasar dikendalikan oleh tarik-ulur pasar terhadap kedua mata uang, USD/CHF yang dalam hal ini masuk dalam nada penawaran tinggi di tengah suasana penghindaran risiko pasar. Kemunduran dalam pengembangan vaksin bersama dengan kekhawatiran tentang peningkatan pesat kasus COVID-19 baru jadi sponsor permintaan mata uang cadangan global. Namun, perubahan haluan yang tajam di pasar ekuitas memperpanjang beberapa dukungan terhadap CHF dan membatasi kenaikan yang kuat. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.91200 dan resistance di 0.91600.

USDJPY – Ditutup apresiasi cukup kuat kemarin, pasangan USDJPY hampir menutup kerugiannya yang dialami pada sesi sebelumnya di hari Rabu. Katalis harga masih dapat terlacak dari masih kuatnya permintaan aset safe haven melanjutkan pergerakan bursa saham AS dan yield treasury AS yang masih di zona merah. Sentimen yang bergulir pun belum berubah banyak dengan fokus utama tetap berkutat pada faktor risiko yang disetir tajuk pandemi COVID-19 - gelombang kedua dan pengembangan vaksin - , serta kepastian stimulus AS. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 105.000 dan resistance di 105.500.


Data Ekonomi Harian

Jam Data Aktual Ekspektasi Sebelumnya
19:30 USD - Core Retail Sales m/m - 0.4% 0.7%
19:30 USD - Retail Sales m/m - 0.7% 0.6%

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter




ICDX MEMBER