Indikator Harga

Pembukaan % Perubahan
EURUSD 1.18630 0.13%
GBPUSD 1.28390 -0.01%
AUDUSD 0.72900 0.19%
NZDUSD 0.66960 0.10%
USDJPY 105.710 -0.05%
USDCHF 0.90820 -0.10%
USDCAD 1.31700 -0.08%
GOLDUD 1956.900 0.25%
USD/IDR 14800 0.44%

Fokus AUDUSD:

      1. AUDUSD lanjutkan penguatan
      2. Harapan terkait vaksin jaga mood pasar



Selasa, 15 September 2020 - Pagi ini, AUDUSD masih bergerak dengan daya tarik belinya setelah risalah pertemuan periode September dari Reserve Bank of Australia (RBA) mengatakan penurunan yang disebabkan pandemi belum separah yang sebelumnya diekspektasi dan pemulihan sedang berlangsung di sebagian besar Australia. Bank sentral sekali lagi, telah melukiskan pandangan optimis, dengan mengatakan ekonomi pulih lebih baik dari yang mereka perkirakan. Mereka mengatakan penguncian baru di satu negara bagian akan membebani, tetapi mengingat mereka mengatakan bagian lain Australia pulih lebih cepat dari yang mereka kira maka pasar akan mengabaikan pandangan mereka tentang Victoria di beberapa waktu ke belakang.
Di sisi lain, optimisme pasar yang menjaga nad abeli di sekitar AUDUSD juga tak luput dari berita di akhir pekan terkait perkembangan vaksin COVID-19. Dua perusahaan yang dalam beberapa bulan terakhir memimpin dalam pengembangan vaksin kembali menuangkan "nada segar". AstraZeneca yang bekerja sama dengan the University of Oxford mengumumkan bahwa proyek imunisasi mereka akan segera diselesaikan setelah sempat berhenti untuk beberapa periode menyusul salah satu dari partisipan yang menimbulkan gejala sakit tertentu. Lebih lanjut, Pfizer sebuah perusahaan farmasi yang bertindak sebagai pesaing AstraZeneca, kembali berharap akan bisa menyediakan vaksin pada akhir tahun ini.
Pada saat penulisan, AUDUSD masih bergerak hijau dengan fokus zona support penting terdekat kini berada di areal 0.72600 dengan resistance terdekatnya berada di areal 0.73400. Sementara, resistance terjauhnya berada di sekitar areal 0.74000 dan support terjauhnya di 0.72100.

EURUSD – Pasangan memulai pekan dengan memperluas penguatannya dan sekali lagi mendekati untuk menguji level psikologis di 1.19000. Secara garis besar, apresiasi terhadap harga masih disponsori oleh optimisme - terutama vaksin, di pasar yang mendorong aset-aset sensitif risiko untuk kembali menarik minat beli pasar. Di sisi lain, sentimen yang diserap dari kombinasi beberapa pernyataan pejabat ECB pekan lalu menghasilkan pemahaman bahwa mata uang tunggal Euro ''diizinkan" untuk terus naik. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.18200 dan resistance di 1.19200.

GBPUSD – Sempat memanfaatkan optimisme luas di pasar untuk bergerak naik dengan kuat mengawali sesi pekan ini, pasangan GBPUSD mempersempit penguatannya untuk masih ditutup di sekitar zona 1.28500. Bayang-bayang Brexit masih menghantui. Pasca diskusi internal pembuat peraturan Inggris, pihak UE menyatakan kemarahannya atas langkah ini dan memberikan ultimatum kepada Inggris untuk mengubah kembali undang-undang tersebut pada akhir September atau ancaman atas dakwaan hukuman internasional akan direalisasikan. Ke depannya, fokus terdekat pekan ini akan ditawarkan oleh hasil rapat FOMC dan BoE. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.27700 dan resistance di 1.29200.

NZDUSD – Terapresiasi cukup lebar kemarin, NZDUSD kembali menguji resistancenya di 0.67000. Optimisme di pasar yang berlanjut dari tajuk vaksin COVID-19 menjadi satu-satunya alasan besar harga untuk menguat. Suasana pasar sebagian besar optimis, didorong berita akhir pekan yang telah dikonfirmasi untuk melaporkan bahwa Oxford dan AstraZeneca kembali melanjutkan uji coba pada potensi vaksin COVID-19 mereka setelah sebelumnya tersandung kendala pada salah satu pasien. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.66600 dan resistance di 0.67400.

USDCAD – USDCAD Cenderung bergerak dalam rentang yang tipis kemarin di tengah minimnya arahan yang ditawarkan dari kalender ekonomi jelang beberapa momen yang diantisipasi pasar. Selain FOMC di hari Kamis, panel pengawasan OPEC+ juga akan dinantikan pasar pada hari yang sama untuk menggerakkan harga minyak global sebagai salah satu pemegang setir USDCAD. Harga minyak telah turun cukup tajam sejak awal bulan dengan terbebani oleh peningkatan produksi minyak mentah OPEC yang dimulai 1 Agustus, persediaan minyak mentah AS yang tinggi, dan kekhawatiran tentang perlambatan permintaan minyak China. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.31400 dan resistance di 1.32000.

USDCHF – USDCHF sempat berfluktuasi dan masih ditutup dengan pelemahan tipis pada sesi kemarin di sekitar zona 0.90800. Secara mendasar, pasangan melemah karena harapan terhadap vaksin rebound memicu sentimen selera risiko sementara pasar menunggu pertemuan Fed di akhir pekan yang diharapkan memperkuat pandangan bahwa bank sentral AS akan tetap akomodatif untuk waktu yang lama. Lebih lanjut, proyeksi suku bunga kebijakan Fed hingga 2023 untuk pertama kalinya akan disoroti untuk pertemuan kebijakan The Fed. Pada saat penulisan harga bergerak dengan support di areal 0.90600 dan resistance penting terjauh berada di areal 0.91000.

USDJPY – Mengawali pekan, USDJPY turun untuk menembus level basis sideways terendah dan harian minggu lalu. Penggerak mayoritas harga adalah kemunduran Dolar AS yang kembali lebih luas dan karena transisi kepemimpinan Jepang ke Yoshihide Suga pada hari Rabu mendatang terlihat akan berlangsung mulus dan melanjutkan kebijakan Perdana Menteri Shinzo Abe, termasuk kontrol kurva imbal hasil BOJ. Dalam waktu dekat, kabar dari FOMC hari Rabu dan laporan penjualan ritel Jepang, dan BOJ pada hari Kamis akan diperhatikan seksama. Pada saat penulisan harga kembali bergerak sideways dengan support di areal 105.500 dan resistance di 106.200.


Data Ekonomi Harian

Jam Data Aktual Ekspektasi Sebelumnya
08:30 AUD - Monetary Policy Meeting Minutes - - -
13:00 GBP - Claimant Count Change - 99.5K 94.4K

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter




ICDX MEMBER