a

Indikator Harga

Pembukaan % Perubahan
EURUSD 1.21740 -0.25%
GBPUSD 1.40130 -0.28%
AUDUSD 0.78700 -0.38%
NZDUSD 0.73690 -0.39%
USDJPY 106.210 0.14%
USDCHF 0.90420 0.24%
USDCAD 1.26010 0.25%
GOLDUD 1770.100 -0.27%
USD/IDR 14100 -0.14%

Fokus AUDUSD:

      1. AUDUSD lanjut tertekan pagi ini
      2. Dolar AS kembali mundur



Jumat, 26 Februari 2021 - Pagi ini AUDUSD masih dalam tekanan bearish yang bermula sejak beberapa jam di akhir sesi kemarin, dengan tekanan yang kuat dari USD dan kabar moneter terbaru dari dalam Australia. Dalam langkah mengejutkan di luar operasi biasanya pertengahan minggu, RBA beberapa jam lalu telah mengumumkan bahwa mereka akan melakukan pembelian obligasi pemerintah Australia 3 tahun dengan nilai AUD 3 miliar, yang ditangkap cenderung dovish oleh pasar. Di sisi lain, lonjakan imbal hasil Treasury setelah itu bergabung dengan data AS yang kuat untuk menyeret dan menandai penurunan terbesar AUDUSD sejak akhir September 2020. Di sisi lain, Australia baru merilis data Private Capital Expenditure atau Belanja Modal Pribadi (CAPEX) Kuartal 4 yang berbalik melambat 3.0% vs perkiraan pertumbuhan stagnan.
Imbal hasil obligasi AS kemarin kembali bergerak liar naik mengabaikan pertimbangan pejabat Fed untuk keputusan kebijakan moneter sambil mengambil petunjuk dari data AS yang optimis yang menunjukkan pemulihan ekonomi dan tekanan kenaikan ekstra pada inflasi. Di antara data yang dirilis, PDB Kuartal 4 AS cocok dengan perkiraan pasar yang optimis sedangkan Pesanan Barang Tahan Lama dan Klaim Pengangguran juga berada di sisi positif. Di sisi lain, katalis kualitatif untuk risiko juga positif karena Johnson dan Johnson mengeluarkan pembaruan yang menyarankan vaksinnya terkuat untuk melawan COVID setelah Pfizer dan Moderna menyampaikan lebih dari 90% tingkat efektifitas.
Pada saat penulisan, AUDUSD masih tertekan, namun coba memperkecil kerugian dengan fokus zona support penting terdekat di level 0.78400 dengan resistance terdekatnya berada di areal 0.79300. Sementara, resistance terjauhnya berada di sekitar areal 0.80000 dan support terjauhnya di 0.77900.

EURUSD – Arus akhir bulan jadi salah satu faktor yang diserap pasar sebagai langkah yang menjaga Euro melawan USD kemarin. Namun di sisi lain, imbal hasil obligasi Eropa yang telah meningkat, tetapi pada tingkat yang sama dengan kenaikan imbal hasil obligasi AS, dapat disimpulkan bahwa selisih imbal hasil obligasi AS vs Eropa belum banyak bergerak. Sebelumnya juga, survei Keyakinan Konsumen GfK Jerman bulan Maret dirilis layak dengan Indeks utama datang di atas ekspektasi di -12.9, meskipun ini masih jauh di bawah tingkat pra-pandemi, mengingat Jerman masih menjadi pusat lockdown dengan distribusi vaksin yang agak lambat. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.21500 dan resistance di 1.22100.

GBPUSD – GBPUSD diterpa aksi jual tajam selama beberapa jam terakhir sesi kemarin, turun mencapai posisi terendah sesi untuk konsolidasi sekitar level 1.4000. Sesi kemarin juga menandakan sesi terburuk GBPUSD sejak 15 Januari, meskipun secara bulanan pasangan masih mencetak apresiasi cukup signifikan, tepatnya 2.5%. membentuk hari kabel terburuk sejak 15 Januari, meskipun pada bulan tersebut, pasangan masih diperdagangkan lebih dari 2,5% lebih tinggi. Alasan utama adalah gejolak pasar yang telah memicu aksi ambil untung di seluruh pasangan utama GBP setelah kenaikan yang solid dalam beberapa pekan terakhir didukung peluncuran vaksin dan optimisme pembukaan kembali - mengingat fakta bahwa Inggris berada dalam posisi yang baik untuk mengungguli sebagian besar negara berkembang terkait penanganan pandemi. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.39800 dan resistance di 1.41000.

NZDUSD – NZDUSD menunjukkan reaksi terhadap katalis fundamental dalam NZ dengan angka perdagangan bulan Januari, dan berkinerja suram lanjut sejak beberapa jam sesi kemarin. Angka perdagangan bulan Januari NZ menunjukkan Neraca Perdagangan turun dari angka revisi naik $ 69 juta dan $ 2.98 miliar menjadi $ -626 juta dan $ 2.75 miliar masing-masing pada bulanan dan tahunan. Rincian lebih lanjut menunjukkan bahwa Impor turun dari $ 5.32 miliar menjadi $ 4.82 miliar sedangkan Ekspor turun menjadi $ 4,.9 miliar versus $ 5.38 miliar di periode sebelumnya. Untuk arahan lain terdekat, Gubernur RBNZ Orr pagi ini berpidato dovish bahwa suku bunga negatif adalah sebuah pilihan, dan tampaknya menambah tekanan bearish di sekitar NZD. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.73400 dan resistance di 0.74000.

USDCAD – Pasangan USDCAD sempat turun ke bawah 1.25000 untuk pertama kalinya dalam hampir tiga tahun pada hari Kamis tetapi melakukan rebound tajam di akhir sesi Amerika, memanfaatkan pemulihan tajam dadakan dari USD yang ditopang tajuk imbal hasil obligasi AS. Dengan kenaikan terbaru ini, USDCAD tetap berada di jalur untuk menghentikan penurunan beruntun lima harinya. Di sisi lain, harga minyak mentah acuan barel West Texas Intermediate (WTI) juga masuk diperdagangkan di wilayah negatif sedikit di atas $ 63, sehingga sulit bagi CAD terkait komoditas untuk menunjukkan ketahanan terhadap USD. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.25400 dan resistance di 1.26200.

USDCHF – Berita utama di sekitar USDCHF masih fokus pada tajuk imbal hasil AS dan apa yang akan dilakukan Fed tentangnya - dengan indeks Dolar AS DXY telah melonjak dan mengambil level 90.00 nya kembali. Hasil yang lebih tinggi tidak hanya membuat USD secara komparatif lebih menarik dibandingkan rekan-rekannya tetapi juga menyebabkan kekhawatiran overvaluasi di pasar saham - dengan semua indeks utama AS terpantau merosot pada hari Kamis, dan berujung untuk menguntungkan tawaran safe-haven USD. Ke depannya, kabar fundamental sedikit dari dalam Swiss, KOF Economic Barometer yang mungkin akan menawarkan arahan segar. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.90300 dan resistance di 0.90900.

USDJPY – Fluktuasi USDJPY bergerak di belakang pasar yang telah lebih tertarik pada pembicaraan bank sentral versus data ekonomi selama beberapa hari terakhir, terutama dari AS. Secara detail, pasar menelaah masih adanya risiko skenario-skenario tak terkira, setelah mengingat kembali bahwa Ketua Fed Jerome Powell sangat dovish pada kesaksian setengah tahunan di hadapan Kongres dan mengecilkan kekhawatiran banyak kekhawatiran tentang kenaikan imbal hasil obligasi baru-baru ini. Dari sisi positif untuk menekan Yen, sejumlah pemimpin produsen vaksin juga kembali muncul dengan klaim-klaim optimisnya. Kini, harga bergerak dengan support di areal 105.800 dan resistance di 106.300.


Data Ekonomi Harian

Jam Data Aktual Ekspektasi Sebelumnya
06:30 NZ - RBNZ Gov Orr Speaks - - -
15:00 CH - KOF Economic Barometer - 96.5 96.5
All Day ALL - G20 Meetings 0 0 0

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter




ICDX MEMBER