a

Indikator Harga

Pembukaan % Perubahan
EURUSD 1.20890 0.02%
GBPUSD 1.39510 0.06%
AUDUSD 0.78190 0.15%
NZDUSD 0.72860 0.15%
USDJPY 106.680 0.12%
USDCHF 0.91470 0.02%
USDCAD 1.26310 -0.02%
GOLDUD 1738.210 -0.35%
USD/IDR 14300 -0.07%

Fokus AUDUSD:

      1. AUDUSD kembali konsolidasi posisi
      2. Fokus USD masih mainkan peran besar



Rabu, 03 Maret 2021 - Pagi ini pasangan Aussie lanjut mencapai level tertinggi tiga hariannya menyusul rilis PDB Q4 Australia yang lebih baik dari perkiraan, bergabung dengan sentimen risiko yang pulih saat Presiden AS Biden mendorong harapan vaksin. Menurut badan statistik ekonomi Australia, PDB tumbuh 3.1% QoQ untuk kuartal keempat 2020, mengalahkan perkiraan penurunan tingkat pertumbuhan menjadi 2.5% dari pembacaan kuartal ketiga sebesar 3.4%. Secara tahunan, ekonomi berkontraksi 1.1% dibandingkan -1.8% yang diantisipasi dan -3.8% sebelumnya. Sementara itu, AUDUSD juga masih mempertahankan posisi dengan tetap tidak terpengaruh oleh IMP Jasa Caixin China yang suram.
Meskipun sentimen hati-hati menjelang peristiwa penting minggu ini menyelidiki volatilitas sejak hari sebelumnya, komentar dari Presiden AS Joe Biden, telah mencerahkan suasana. Presiden AS Biden mengutip kemitraan vaksin dengan Johnson dan Johnson, serta Merck, sambil mengutip kapasitas AS untuk mengaplikaskannya pada keseluruhan lansia AS, setidaknya pada bulan Mei, mengoreksi proyeksi di bulan Juli sebelumnya. Sementara itu, menjadi tolak ukut penting juga adalah The Fed fund futures yang baru-baru ini bertaruh pada waktu kenaikan suku bunga pertama hingga Desember 2022 dari 2024. Namun, hal tersebut masih dibayangi komentar minggu lalu dari Ketua Federal Reserve Powell yang meyakinkan pasar akan berlanjutnya stimulus moneter.
Pada saat penulisan, AUDUSD konsolidasi dengan fokus zona support penting terdekat di level 0.77800 dengan resistance terdekatnya berada di areal 0.78500. Sementara, resistance terjauhnya berada di sekitar areal 0.78900 dan support terjauhnya di 0.77500.

EURUSD – Meski pekan ini dimulai dengan posisi USD yang kuat terhadap Euro, perubahan dalam imbal hasil Treasury AS kemarin telah memungkinkan pembalikkan di mayoritas harga pasar keuangan. Dari dalam Eropa sendiri, sebagaimana dicatat, ada banyak berita untuk dicerna tetapi belum ada yang menginspirasi perubahan signifikan dalam sentimen. Dimulai dengan hal terbaru dalam hal pandemi, dimana Jerman dilaporkan akan memperpanjang pembatasan penguncian hingga 28 Maret (sebelumnya di 7 Maret) dan juga akan meminta warganya untuk menghindari perjalanan domestik dan internasional selama periode Paskah. Sementara itu, laporan terpisah menunjukkan Italia akan merumuskan stimulus baru di tengah prospek virus dalam negeri yang memburuk. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.20600 dan resistance di 1.21100.

GBPUSD – GBPUSD saat ini berkonsolidasi di untuk menyasar level 1.40000 di tengah volume perdagangan yang cenderung wait and see jelang beberapa fokus penting terdekat. Dari Inggris, petunjuk langsung dinantikan dari laporan anggaran tahunan negara yang akan dirilis hari ini. Detail menyebutkan bahwa para pembuat kebijakan akan mempertimbangkan kuat perpanjangan paket besar dukungan pandemi, seperti skema cuti Inggris, ditambah dengan manfaat senilai GBP 20 miliar. Menambah keyakinan pasar terhadap keseriusan dan "tajamnya" respon otoritas Inggris terhadap kondisi negara saat ini. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.39200 dan resistance di 1.39800.

NZDUSD – NZDUSD sedang dalam upayanya untuk membalikkan penurunan tajam pekan sebelumnya sambil menyegarkan kembali puncak mingguan di sekitar 0.73. Katalis yang disumbangkan dari dalam Selandia Baru juga kuat dengan data Indeks Harga GDT Selandia Baru dirilis kuat, untuk bergabung dengan koreksi terbaru mingguan USD. NZ GDT Price Index melonjak ke level tertinggi sejak September 2015 dengan menunjukkan angka 15.0% dalam pembacaan terbaru versus 3.0% sebelumnya. Tidak hanya angka-angka utama tetapi detailnya juga optimis karena harga rata-rata Whole Milk Powder (WMP) naik ke puncak tujuh tahunan. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.72600 dan resistance di 0.73100.

USDCAD – Fluktuasi USDCAD kemarin terjadi di belakang tarik ulur sentimen yang di satu sisi dilacak dari koreksi tajam USD, dan sebagai support adalah harga acuan minyak WTI yang tertekan untuk hari keempat berturut-turut. Tolok ukur energi baru-baru ini turun merespon data inventaris swasta, dan komentar sementara dari OPEC +. Sesuai data stockpile API terbaru, persediaan mingguan minyak naik 7.356 juta barel dibandingkan penambahan sebelumnya sebesar 1.026 juta barel. Data suram tersebut dinilai dapat berpengaruh besar pada sinyal dan kesepakatan yang akan disumbangkan oleh rapat OPEC-JMMC besok. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.26000 dan resistance di 1.26700.

USDCHF – Harga bergerak di belakang sebagian besar pedagang yang mengaitkan penurunan posisi menjelang sejumlah momen penting bulanan AS. Aksi wait and see luas di tengah penantian rilis laporan IMP Jasa ISM untuk Februari, pembaruan tepat waktu tentang keadaan pemulihan sektor jasa AS, serta perkiraan Perubahan Pekerjaan Nasional ADP Februari, rilis yang membantu menetapkan ekspektasi untuk rilis NFP nanti di akhir pekan. Sementara kondisi faktualnya adalah pidato Fed yang masih mencoba meredam kekhawatiran kenaikan inflasi yang menyebabkan pengetatan kebijakan moneter. Namun, pidato konfirmasi Ketua Fed Jerome Powell di hari Kamis masih dinantikan lebih lanjut. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.91300 dan resistance di 0.91800.

USDJPY – USDJPY telah turun kembali dari tertinggi sesi dan multi-bulan di bawah 107.000 (meski pada saat penulisan kembali dalam upaya lanjutan relinya) dalam perdagangan baru-baru ini di tengah pelemahan luas USD yang telah membuat Indeks Dolar AS (DXY) turun kembali di bawah level 91. Tidak ada katalis fundamental yang berada di belakang kenaikan dalam kelemahan USD yang membuat USDJPY turun kembali dari tertinggi, sebaliknya para pedagang mengutip kelemahan volatilitas perdagangan menuju ke berita utama yang banyak ditunggu. Di tempat lain, berita bahwa Tokyo kemungkinan akan meminta perpanjangan status daruratnya tampaknya belum banyak mengurangi sentimen JPY. Pada saat penulisan harga bergerak dengan support di areal 106.400 dan resistance di 106.900.


Data Ekonomi Harian

Jam Data Aktual Ekspektasi Sebelumnya
22:00 AU - GDP q/q 3.1% 2.3% 3.3%
Tentative GB - Annual Budget Release - - -
22:00 US - ISM Manufacturing PMI - 58.7 58.7

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter




ICDX MEMBER