a

Indikator Harga

Pembukaan % Perubahan
AUDUSD 0.77430 -0.10%
NZDUSD 0.71850 0.03%
USDJPY 108.990 0.07%
USDCHF 0.92440 0.11%
USDCAD 1.24460 0.06%
GOLDUD 1735.200 -0.03%
USD/IDR 14400 0.42%

Fokus USDJPY:

      1. USDJPY memulai pekan dengan pondasi baru
      2. Suasana risk-off masih membayangi pasar



Senin, 22 Maret 2021 - Pagi ini, USDJPY memulai pekan dengan pondasi yang cukup kokoh setelah berfluktuasi liar dalam sepekan kemarin. Terbaru dari Jepang di hari Jumat kemarin, BoJ datang dengan sedikit memperluas kisaran toleransi untuk target imbal hasil obligasi pemerintah Jepang 10 tahun menjadi +/- 25 basis poin. BoJ juga menghapus sikap sebelumnya, dan menetapkan skema suku bunga untuk mempromosikan pinjaman yang dapat memudahkan bank sentral untuk menurunkan suku bunga kebijakan yang sudah negatif. Kendati demikian, menurut beberapa analis, BoJ hanya membuat sedikit perubahan pada kerangka kebijakannya tanpa memberikan sinyal yang jelas bahwa penyesuaian kebijakan lebih lanjut akan segera terjadi.
Perkembangan terkini, suasana risk-off masih mendapatkan kekuatan ekstra dari sejumlah tajuk utama. Pertama, Uni Eropa membebani pembatasan ekspor vaksin di tengah kebangkitan virus dan keraguan atas produksi AstraZeneca. Kedua, adanya pergumulan AS-China dan Iran-Arab Saudi, belum lagi ketegangan AS vs Iran dan Korea Utara juga memperkeruh suasana. Dari dalam AS sendiri, perkembangan terbaru datang dari Fed yang mengumumkan pada hari Jumat bahwa mereka akan membiarkan berakhirnya pada 31 Maret aturan sementara yang mengarahkan bank-bank besar untuk menahan lebih banyak modal terhadap aset mereka, seperti Treasury. Ke depannya, pedagang akan mencari lebih banyak petunjuk dari sentimen barometer risiko dari batasan kalender ringan hari ini.
Pada saat penulisan, USDJPY masih hijau dengan fokus zona support penting terdekat di level 108.700 dengan resistance terdekatnya berada di areal 109.100. Sementara, resistance terjauhnya berada di sekitar areal 109.400 dan support terjauhnya di 108.400.

AUDUSD – Harga terkoreksi dua hari berturut-turut pada akhir pekan kemarin dan menyelesaikan pekan dalam rentang negatif yang tipis, masih di sekitar zona 0.77000. Kekhawatiran akan berkurangnya obligasi dan kebangkitan kembali COVID-19 baru-baru ini bergabung dengan lembutnya arahan dari dalam Aussie untuk menjaga pondasi harga. Sebelumnya, pembacaan pertama Penjualan Ritel Australia turun jauh di bawah 0.5% sebelumnya dan konsensus pasar 0.4% menjadi -1.1% MoM. Namun, ada optimisme yang masih bisa dicatat dari data ketenagakerjaan Australia yang dirili kembali tumbuh melewati puncak pra-pandemi. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.77100 dan resistance di 0.77500.

EURUSD – EURUSD terus diperdagangkan di bawah tekanan dan telah kehilangan cengkeramannya di bawah level 1.19, mendekati posisi terendah dua mingguan. Masih sama, terseok-seoknya Euro masih dilanda berita terkait pandemi di Eropa yang terus memburuk; menyusul berita bahwa Prancis akan memperketat penguncian di 16 wilayah. Terbaru, Menteri Kesehatan Jerman pagi ini berbicara tentang ancaman tidak cukupnya pasokan vaksin untuk mengantisipasi gelombang ketiga blok - menambahkan perkiraan akan memburuknya keadaan ke depan. Ke depan di hari Rabu, Markit akan mempublikasikan perkiraan awal dari PMI UE untuk bulan Maret dengan output manufaktur diperkirakan mengalami kontraksi, sementara sektor jasa diperkirakan akan sedikit melambung. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.18700 dan resistance di 1.19300.

GBPUSD – Fluktuasi GBPUSD selama sepekan masih secara luas dipengaruhi oleh valuasi USD, dengan sedikit acara penting dari dalam Inggris - yang pada akhirnya tidak dimanfaatkan luas oleh harga. Di hari Kamis, BoE datang dengan menahan suku bunga tetap di 0.1% dan program QE bank total £ 895 miliar, dengan Komite mempertahankan komitmennya untuk menuntaskan sisa £ 150 miliar dalam pembelian aset sekitar akhir 2021. Selain itu, meski masih memimpin di antara negara-negara lainnya, kecepatan vaksinasi di dalam Inggris cenderung menunjukkan perlambatan - dengan alasan yang bisa dilacak dari suplai vaksin yang menipis. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.38200 dan resistance di 1.38700.

NZDUSD – NZDUSD terperosok tajam pada hari Kamis, berbalik kembali untuk menyasar zona 0.71500. Selain adanya pembalikkan suasana pasar yang dramatis, pada akhirnya, pasar juga merespon rilis data pertumbuhan PDB Q4 2020 Selandia Baru yang suram untuk menjadikan mata uang tunggal Kiwi sebagai salah satu mata uang berkinerja terburuk di G10. Kendati demikian, pendorong utama penurunan Kiwi, bagaimanapun, berasal dari sisi USD yang secara luas berimbas pada aksi negatif di beberapa sektor komoditas, yang sensitif bagi NZD. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.71400 dan resistance di 0.71800.

USDCAD – USD telah menjadi salah satu mata uang G10 berkinerja terbaik, dan jadi alasan utama rebound USDCAD sejak pertengahan pekan kemarin. Sementara di sisi lain, CAD juga mengalami latar belakang negatif karena masih ada ketidakstabilan dalam pergerakan harga minyak - meski angka ritel Kanada di hari Jumat cenderung optimis. Namun, perlu dicatat bahwa pergolakan dan ledakan antara Saudi-Iran di jalur pipa Venezuela tidak dapat mempertahankan kenaikan harga minyak karena pasar global tetap skeptis terhadap pemulihan ekonomi. Selain katalis risiko, perkiraan permintaan minyak yang stagnan dari Badan Energi Internasional (IEA) untuk tahun 2021 juga menantang pasar minyak. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.24800 dan resistance di 1.25400.

USDCHF – Bergerak di balik USD, pasangan USDCHF fokus hanya pada satu tajuk, yaitu valuasi USD. Sebelumnya semua mata tertuju pada acara FOMC yang datang dengan memutuskan untuk membiarkan suku bunga tidak berubah pada 0.0-0.25%, meski Fed masih dovish dengan ingin melihat kemajuan aktual sebelum mulai mengurangi program QE. Terbaru, meskipun tidak ada rilis data ekonomi makro yang signifikan dari AS pada hari Jumat, sentimen pasar masih buruk setelah Federal Reserve AS mengumumkan akan membiarkan aturan leverage bank besar sementara berakhir pada akhir Maret. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.92600 dan resistance di 0.93100.


Data Ekonomi Harian

Jam Data Aktual Ekspektasi Sebelumnya
20:00 US - Fed Chair Powell Speaks - - -

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter




ICDX MEMBER