Indikator Harga

Pembukaan % Perubahan
EURUSD 1.12250 0.10%
GBPUSD 1.23390 0.22%
AUDUSD 0.68630 0.25%
NZDUSD 0.64040 0.41%
USDJPY 107.180 0.04%
USDCHF 0.94800 -0.06%
USDCAD 1.36720 -0.12%
GOLDUD 1772.490 -0.20%
USD/IDR 14150 0.07%

Fokus GBPUSD:

      1. GBPUSD dibuka menguat pagi ini
      2. Kekhawatiran masih membayangi pasar



Senin, 29 Juni 2020 - Pasangan GBPUSD pagi ini dibuka hijau setelah mundur dan menghapus penguatannya di awal pekan kemarin sejak hari Rabu (24/06). Hari ini, harga didukung oleh pelemahan USD dan perbincangan terkait Brexit antara Inggris dan Uni Eropa dijadwalkan akan berlanjut lebih intens. Kabar terakhir, kepala negosiator Brexit Uni Eropa, Michel Barnier, mengisyaratkan kesediaannya untuk mengeksplorasi solusi baru untuk memastikan bahwa UE atau Inggris tidak dapat menggunakan subsidi untuk merusak ekonomi negara lain. Ini adalah bagian penting dari tuntutan yang disebut "level-playing field" Brussel dalam pembicaraan perdagangan. Sementara dari pihak Inggris, masih kokoh dengan pernyataan negosiasi independensinya.
Di sisi lain, pasar pada pekan ini masih dibayangi oleh adanya ancama kekhawatiran lanjutan yang datang selain dari tajuk COVID-19, juga datang dari ketegangan geopolitik India-Cina dan perang perdagangan di antara ekonomi global utama Kondisi perbatasan antara India dan Cina semakin memburuk setelah pergolakan Galawan. Di sisi lain, ancaman AS untuk memungut tarif di Inggris, Uni Eropa dan Kanada, tidak melupakan ketegangan Amerika-Iran, tetap membuat sentimen perdagangan di pasar keuangan menjadi ringkih.
Pada saat penulisan, GBPUSD masih di zona hijau dengan fokus zona support penting terdekat kini berada di areal 1.23100 dengan resistance terdekatnya berada di areal 1.24200. Resistance terjauhnya berada di sekitar areal 1.25200 dan support terjauhnya di 1.22700.

AUDUSD – AUDUSD mempertahankan pondasi kokohnya sejak bibuka kuat awal pekan kemarin menyusul optimisme Gubernur RBA Lowe. Kendati demikian, AUDUSD memperkecil penguatan dengan mengikuti konsolidasi sentimen risiko pasar yang mempengaruhi volatilitas USD. Gelombang penghindaran risiko yang luas sejak pertengahan pekan, terutama didukung oleh tajuk pandemi dan pergumulan geopolitik, terus memberikan pengaruh pada barometer risiko pasar. Untuk pekan ini, dengan minimnya data lapis satu dari Australia, sentimen pasar akan tetap memegang kursi kemudi utama harga. Pada saat penulisan harga bergerak dengan support berada di areal 0.68400 dan resistance di 0.69000.

EURUSD – Pasangan mata uang EURUSD yang juga dibuka kuat di awal pekan perlahan memperkecil penguatannya yang secara garis besar merefleksikan sentimen risiko di pasar. Hingga pernyataan presiden ECB Lagarde di akhir pekan yang cenderung menunjukkan kepercayaan dirinya terhadap perkembangan COVID-19 dunia, masih belum memberikan penguatan lanjutan yang berarti dengan USD yang masih menarik bagi pasar dengan kekhawatiran yang membangun implikasi bahwa gelombang kedua COVID-19 dapat menghambat pemulihan ekonomi. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.12000 dan resistance di 1.12600.

NZDUSD – Selain menerima nada yang sama dengan AUDUSD, pasangan NZDUSD sempat tertekan cukup kuat di pertengahan pekan dengan pernyataan dovish yang datang dari dewan RBNZ bersamaan dengan keputusan suku bunga tidak berubah. Pihak bank sentral mengatakan bahwa seiring dengan kekuatan fundamental NZD di pasar, hal tersebut memberikan tantangan baru, namun cenderung mempersulit para pelaku ekspor Selandia Baru. Melanjutkan pergerakan, harga akan menantikan data manufaktur Cina sebagai arahan jangka pendek baru, dengan tetap sentimen risiko pasar jadi acuan utama harga. Support harga NZDUSD pada saat penulisan berada di areal 0.64000 dengan resistance berada di areal 0.64600.

USDCAD – USDCAD melanjutkan kenaikan mingguan kedua di bulan Juni pada pekan kemarin di tengah nada bearish di sekitar CAD dan USD yang kembali menarik kepercayaan investor yang tinggi. Tidak ada statistik Kanada yang dirilis pekan kemarin, namun pidato gubernur BoC Tiff Macklem menyatakan bahwa pemulihan ekonomi akan tidak merata dan bahwa bank akan terus membeli obligasi pemerintah sampai pemulihan ekonomi "berjalan dengan baik." Sebaliknya, USD terus dilirik pasar sebagai aset pelarian yang juga didukung oleh data positif Amerika. Support harga USDCAD pada saat penulisan berada di areal 1.36100 dengan resistance berada di areal 1.37000.

USDCHF – Secara mingguan,USDCHF ditutup melemah dengan masih merespon tajuk utama yang sama dan mendorong harga untuk bergerak disetir oleh tarik-ulur minat risiko pasar yang berpengaruh pada daya tarik dari masing-masing mata uang tunggal sebagai safe-haven. Namun nampaknya, meski serangkaian data AS dirilis optimis, bahkan beberapa sektor menunjukkan ekspansi, belum dapat memulihkan penurunan tajam yang dialami harga di awal pekan. Saat ini harga masih melanjutkan penguatannya dengan support di areal 0.94500 dan resistance terdekatnya berada di areal 0.95200.

USDJPY – Ditutup hijau untuk pekan kemarin, USDJPY terangkat oleh daya tarik Dolar AS yang terus meningkat sejak pertengahan pekan. Situasi sentimen pasar yang terus tidak menentu pada saat ini di tengah ketakutan akan tertundanya pembukaan kembali ekonomi jadi dorongan utama. Kini investor akan sangat tergantung pada apakah rekor angka baru dari penyebaran infeksi COVID-19 di seluruh dunia dan juga AS akan kembali terjadi. Saat ini harga masih melanjutkan penguatannya dengan support di areal 106.900 dan resistance terdekatnya berada di areal 107.000.


Data Ekonomi Harian

Jam Data Aktual Ekspektasi Sebelumnya
16:30 GBP - BOE Gov Bailey Speaks - - -
21:00 USD - Pending Home Sales m/m - 18.9% -21.8%
All Day EUR - Italian Bank Holiday - - -

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter




ICDX MEMBER