a

Indikator Harga

Pembukaan % Perubahan
EURUSD 1.18110 0.07%
GBPUSD 1.36860 0.11%
AUDUSD 0.75810 0.36%
NZDUSD 0.69600 0.29%
USDJPY 108.720 0.19%
USDCHF 0.93550 0.03%
USDCAD 1.25750 -0.05%
GOLDUD 1734.300 -0.04%
USD/IDR 14420 0.21%

Fokus AUDUSD:

      1. AUDUSD berbalik koreksi pagi ini
      2. RBA datang tanpa perubahan baru



Rabu, 07 April 2021 - AUDUSD terpantau berkonsolidasi setelah sebelumnya mundur dari level tertinggi sepuluh hariannya, dengan USD yang tetap rentan di tengah aksi jual tiga hari dalam imbal hasil Treasury. Sebelumnya dari dalam Australia, RBA mengumumkan tidak ada perubahan pada keputusan kebijakan moneternya, mempertahankan janji untuk menjaga kebijakan akomodatif sampai tujuan pekerjaan dan inflasi tercapai. Di tempat lain, Laporan Outlook Ekonomi Dunia terbaru IMF berisi serangkaian perkiraan bullish baru untuk pertumbuhan global - yang dirilis setelah tiga sesi berturut-turut dari data ekonomi AS tingkat satu yang kuat, untuk menjaga persepsi risiko pasar. Ke depannya, kalender ekonomi tetap sepi untuk Asia dan oleh karena itu, fokus bergeser ke AS, dengan dinamika USD akan terus menjadi motor pasar utama.
Di sisi lain, kenaikan sederhana dalam imbal hasil obligasi Treasury AS memperpanjang beberapa dukungan untuk Dolar AS pagi ini, yang selanjutnya berkolaborasi untuk membatasi kenaikan pasangan AUDUSD. USD juga masih lanjut didukung oleh prospek pemulihan ekonomi AS yang relatif lebih cepat dari pandemi di tengah laju vaksinasi yang mengesankan. Hal ini, bersama dengan rencana belanja infrastruktur Presiden AS Joe Biden lebih dari $ 2 triliun, telah memicu spekulasi tentang kenaikan inflasi AS. Pada gilirannya, menimbulkan keraguan bahwa Fed akan mempertahankan suku bunga sangat rendah untuk jangka waktu yang lebih lama - dan akan dikonfirmasi oleh arahan yang akan disajikan oleh risalah rapat FOMC beberapa waktu ke depan.
Pada saat penulisan, AUDUSD masih koreksi dengan fokus zona support penting terdekat di level 0.76400 dengan resistance terdekatnya berada di areal 0.76700. Sementara, resistance terjauhnya berada di sekitar areal 0.76900 dan support terjauhnya di 0.76100.

EURUSD – Pasangan EURUSD yang sebelumnya memulai hari pertama minggu ini di wilayah positif, cenderung tetap relatif tenang di sekitar zona 1.1800 selama sesi kemarin. Selain fokus AS, data dari UE menunjukkan bahwa Kepercayaan Investor Sentix meningkat tajam menjadi 13.1 pada April dari 5 pada Maret dan mengalahkan ekspektasi pasar 7.5 dengan selisih yang lebar, membantu Euro ikut menjadi mata uang yang tangguh terhadap rekan-rekannya. Kedepannya, IHS Markit akan merilis data PMI Jasa untuk kawasan Eropa dan Jerman. Kemudian dari AS, FOMC akan merilis risalah rapat bulan Maret. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.18300 dan resistance di 1.18900.

GBPUSD – Terkoreksi cukup tajam kemarin, GBPUSD secara tegas gagal memanfaatkan pelemahan USD dan cenderung memperhatikan tajuk dari dalam Inggris. Terbaru, menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock mengatakan bahwa vaksin COVID Moderna Inc. akan didistribusikan untuk pertama kalinya pada hari Rabu. Namun, hal tersebut nyatanya belum dapat meredam kekhawatiran atas masalah vaksin keluaran AstraZeneca. Sebelumnya, Badan Pengatur Produk Obat dan Kesehatan Inggris (MHRA) sedang mempertimbangkan untuk menguraikan proposal, yang akan membatasi penggunaan vaksin COVID Oxford-AstraZeneca karena kekhawatiran terkait efek negatif berupa pembekuan darah yang sangat langka. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.38000 dan resistance di 1.38600.

NZDUSD – Kiwi telah bergerak minim di tengah sentimen pasar beragam kemarin. Dari dalam NZ, PM Jacinda Ardern mengumumkan bahwa kebijakan perjalanan baru bebas karantina dengan Australia akan dimulai pada 19 April, sesuatu yang menurutnya akan memberikan dorongan untuk pemulihan ekonomi negara. Di tempat lain, hasil lelang GlobalDairyTrade terbaru dirilis pada hari Selasa; denganHarga buku harian naik 0.3% sejak lelang terakhir dua minggu sebelumnya; terus berkonsolidasi mendekati tertinggi baru-baru ini. Ke depan, acara utama minggu ini di NZ akan menjadi rilis indeks Keyakinan Bisnis dan Aktivitas ANZ Outlook terbaru untuk bulan April pada hari Kamis. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.70300 dan resistance di 0.70700.

USDCAD – USDCAD membukukan kenaikan yang cukup substansial kemarin, untuk menyasar zona 1.26. Kekhawatiran tentang meningkatnya kasus C-19 di Kanada dan potensi penguncian yang lebih ketat tampaknya telah membebani CAD. PM Ontario, provinsi terpadat di Kanada dengan ekonomi terbesar, mengatakan pada hari Selasa bahwa negara bagian itu akan segera memberlakukan pembatasan dan PM Trudeau berkomentar bahwa Kanada kini menghadapi gelombang ketiga yang sangat serius. Di sisi lain, pasar minyak mentah juga berada di bawah tekanan jual setelah laporan persediaan minyak mentah mingguan API yang bearish. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.25500 dan resistance di 1.25900.

USDCHF – Pasar keuangan menunjukkan sinyal yang bervariasi pada hari Selasa, dengan USD mengalami keberuntungan yang beragam hanya dalam melawan sebagian mata uang. Penilaian pasar USD tetap menjadi pendorong utama pergerakan USDCHF (seperti biasanya) dan investor tetap fokus pada imbal hasil obligasi Treasury AS di tengah kurangnya rilis data makroekonomi yang signifikan. Persepsi pasar belum terpengaruh oleh data pembukaan pekerjaan AS yang lebih kuat dan revisi naik International Monetary Fund (IMF) terhadap perkiraan pertumbuhan global. Ke depan, investor diekspektasi akan tetap berhati-hati menjelang rilis risalah rapat FOMC. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.93000 dan resistance di 0.93500.

USDJPY – USD JPY jatuh di hari sebelumnya, masih ditengarai oleh aksi jual USD dan imbal hasil Treasury. Kemunduran terbaru di harga dapat dikaitkan dengan kenaikan benchmark pasar ekuitas, yang menunjukkan suasana optimis, terutama setelah indeks global melakukan pembalian yang cukup signifikan. Sementara itu dari dalam Jepang, komentar segar dari Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga, mengutip bahwa pemilihan cepat sebelum akhir September masih jadi kemungkinan yang "abu-abu", telah membebani Yen untuk tidak menaklukkan USD lebih jauh. Ke depan, pasar masih akanberhati-hati menjelang rilis risalah rapat FOMC, dan oleh karenanya persepsi risiko akan memainkan peran penting bagi harga. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 109.600 dan resistance di 110.000.


Data Ekonomi Harian

Jam Data Aktual Ekspektasi Sebelumnya
21:00 CA - Ivey PMI - 62.0 60.0
21:30 EIA - Crude Oil Inventories - -2.0M -0.9M

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter




ICDX MEMBER