Indikator Harga

Pembukaan % Perubahan
EURUSD 1.18110 -0.16%
GBPUSD 1.30630 -0.18%
AUDUSD 0.72070 -0.54%
NZDUSD 0.66470 -0.24%
USDJPY 105.320 0.03%
USDCHF 0.90900 0.07%
USDCAD 1.31140 0.18%
GOLDUD 1922.038 -0.38%
USD/IDR 14670 0.20%

Fokus NZDUSD:

      1. NZDUSD masih bergerak merah pagi ini
      2. Data Selandia Baru dirilis beragam



Selasa, 13 Oktober 2020 - Pasangan mata uang NZDUSD pada sesi pagi hari ini terpantau masih berjuang untuk keluar dari tekanan bearishnya di tengah pembaruan sentimen minat risiko di pasar yang dikombinasikan dengan serangkaian data yang perlu diawasi pasar sebagai arahan dari dalam Selandia Baru. Indeks Harga Rumah REINZ Selandia Baru untuk September turun dari perkiraan 1.9% menjadi 0.2% MoM sedangkan Penjualan Ritel Kartu Elektronik menguat 7.3% versus perkiraan 0.5% dan -0.8% sebelumnya. Selain itu, Indeks Harga Pangan untuk Agustus turun di bawah perkiraan 0% dan pembacaan sebelumnya + 0.7% menjadi -1.0% MoM. Selain itu, baru saja dirilis untuk diawasi dampaknya, Neraca Perdagangan China yang dirilis dengan mempertipis surplus di angka 258B, dibawah ekspektasi 420B dan 417B sebelumnya.
Terkait faktor risiko pasar, berita baru ini melaporkan bahwa Johnson & Johnson telah menghentikan uji coba vaksin COVID-19 karena ada peserta yang merespon dengan penyakit yang tidak dapat dijelaskan. Selain itu, peringatan penting juga datang dari Pejabat Kesehatan AS Anthony Fauci yang memperkirakan skenario terburuk masih mengancam AS. Di sisi lain, larangan China atas batu bara Australia dan kritik keras terhadap proposal Gedung Putih untuk tiga penjualan persenjataan canggih ke Taiwan juga ikut menantang sentimen risiko pasar. Berbicara tentang hal positif, Presiden AS Donald Trump akhirnya dinyatakan negatif COVID-19 selama beberapa hari berturut-turut setelah terinfeksi dan menyita perhatian selama sepekan terakhir.
Pada saat penulisan, NZDUSD masih bergerak merah dengan fokus zona support penting terdekat kini berada di areal 0.66100 dengan resistance terdekatnya berada di areal 0.66700. Sementara, resistance terjauhnya berada di sekitar areal 0.67000 dan support terjauhnya di 0.65800.

AUDUSD – Pasangan AUDUSD memulai pekan ini dengan pergerakan bearish meskipun USD tetap diperdagangkan di bawah tekanan terhadap sebagian besar mata uang saingan lainnya, dan juga mengabaikan faktor risiko pasar yang tercermin dari kenaikan substansial di sejumlah pasar ekuitas. Tekanan jual dapat ditelisik di sekitar sentimen moneter China menyusul keputusan Bank Rakyat Tiongkok (PBOC) untuk menurunkan rasio cadangan risiko mata uang ke nol dan menyebabkan AUD ikut tertekan. Ke depannya, kalender ekonomi makro Australia tidak menawarkan apa-apa pada, sementara valuasi USD dan Neraca Perdagangan China periode September diperkirakan akan ikut direspon harga. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.71400 dan resistance di 0.72100.

EURUSD – Harga bergerak fluktuatif di awal pekan ini dan cenderung bertahan di sekitar zona 1.18000, setidaknya hingga pergantian sesi. Keuntungan di sejumlah pasar ekuitas besar memberikan beberapa dukungan, tetapi perdagangan selama sesi AS yang sepi, dengan pasar obligasi ditutup untuk Hari Columbus, masih menjaga para investor untuk tidak tergesa-gesa mengambil posisi. Di sisi lain, tren fokus pasar masih berkutat di antara ekspektasi pengeluaran bantuan lanjutan dan pemilu yang semakin dekat dari AS, serta kekhawatiran tentang COVID-19 di dalam Eropa. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.17700 dan resistance di 1.18300.

GBPUSD – GBPUSD membuka pekan dengan kenaikan substansial yang masih memanfaatkan pelemahan USD secara luas setidaknya hingga akhir sesi kemarin, di tengah sejumlah kabar dari dalam Inggris yang justru memberikan sinyal neatif. Dengan jumlah penularan COVID-19 baru di Inggris yang semakin meroket, PM Boris Johnson telah mengumumkan sistem pembatasan tiga tingkat untuk Inggris yang berarti semua pub, bar, dan tempat rekreasi akan kembali ditutup. Selain itu, salah satu pejabat BOE mengatakan bahwa bank sentral tetap terbuka terhadap suku bunga negatif. Namun, secara sigap dikoreksi oleh Gov. Bailey yang menunjukkan bahwa mereka belum membahas implementasinya dalam waktu dekat. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.30000 dan resistance di 1.30700.

USDCAD – Masih gagal upayakan pemulihan kerugian yang dialami sejak beberapa sesi perdagangan sebelumnya, USDCAD masih ditutup merugi untuk empat sesi beruturut-turut yang disponsori oleh masih tingginya valuasi CAD di papan keuangan. Kombinasi harga minyak yang masih dalam tren reli dan optimisme di sekitar angka ketenagakerjaan Kanada, belum dapat dialihkan oleh upaya rebound Dolar AS kemarin. Kendati demikian, perubahan cepat patut diwaspadai menurut sejumlah analis dengan konsolidasi suasana pasar yang masih ada. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.31000 dan resistance di 1.31500.

USDCHF – Harga terpantau masih mencoba keluar dari zona 0.91000 dengan faktor risiko yang kembali memainkan peran di tengah hari libur perdagangan AS. USD masih membukukan kinerja buruk dengan latar belakang ekuitas yang lebih hingga akhir sesi kemarin, tetapi ketidakpastian yang berkembang diantisipasi bisa memengaruhi USD dalam waktu dekat dengan adanya kemunduran terkait pengembangan vaksin COVID-19 oleh Johnson and Johnson di tengah semakin melonjaknya angka infeksi. Selain itu, langkah-langkah ketidakpastian stimulus yang masih tumbuh juga berada di belakang faktor risiko pasar. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.90800 dan resistance di 0.91200.

USDJPY – Terperosok untuk jatuh menembus zona 105.500, pasangan USDJPY merespon tantangan faktor risiko yang dihadapkan oleh kepastian stimulus AS dan adanya sentimen ketidaksukaan China terhadap penjualan senjata Amerika ke Taiwan, yang mendukung gelombang penghindaran risiko. Gubernur BOJ Kuroda menyampaikan pidatonya di awal minggu meski tanpa hal baru yang dapat mengesankan pelaku pasar. Dia mengatakan bahwa pembuat kebijakan akan memantau dengan cermat dampak COVID-19 terhadap ekonomi dan bahwa mereka tidak akan ragu untuk melonggarkan lebih lanjut jika perlu. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 105.200 dan resistance di 105.550.


Data Ekonomi Harian

Jam Data Aktual Ekspektasi Sebelumnya
13:00 GBP - Claimant Count Change - - 73.7K
19:30 USD - CPI m/m - 0.2% 0.4%
19:30 USD - Core CPI m/m - 0.2% 0.4%

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter




ICDX MEMBER