a

Indikator Harga

Pembukaan % Perubahan
AUDUSD 0.77430 -0.10%
NZDUSD 0.71850 0.03%
USDJPY 108.990 0.07%
USDCHF 0.92440 0.11%
USDCAD 1.24460 0.06%
GOLDUD 1735.200 -0.03%
USD/IDR 14400 0.42%

Fokus AUDUSD:

      1. AUDUSD bergerak tipis pagi ini
      2. Pidato pejabat RBA fokus ke UMKM



Rabu, 17 Maret 2021 - Pagi ini, pasangan AUDUSD masih kehilangan arah di tengah suasana hati-hati pasar. Dari dalam Australia terbaru, Christopher Kent, Asisten Gubernur bagian Pasar Keuangan RBA pagi tadi menyampaikan pidatonya yang berjudul 'Small Businesses Finance in the Pandemic'. Dalam pidatonya, Kent menyatakan bahwa para pembuat kebijakan RBA menghidupkan kembali kebutuhan akan stimulus yang kuat sambil menandai optimisme yang hati-hati. Di sisi lain, untuk menahan AUD juga adalah rilis Westpac Leading Index Australia untuk Februari, di angka 0.01% MoM versus 0.26% sebelumnya.
Suasana pra-FOMC cukup kuat untuk menyambut ketakutan pasar yang berasal dari berbagai perdagangan dan berita utama geopolitik. Hal yang sama mendorong para pedagang untuk sedikit memperhatikan tajuk baru-baru ini dari perpanjangan kemitraan publik-swasta (PPP) selama dua bulan di DPR AS. Di penjuru lain, dugaan intelejen Iran dalam membangun senjata nuklir dan kesiapan Inggris untuk memeranginya di luar kesepakatan bergabung dengan kemungkinan pengujian senjata Korea Utara untuk memberikan tekanan tambahan pada barometer risiko. Lebih lanjut, berita bahwa AS siap memberikan sanksi kepada Rusia atas campur tangan pemilu dan kesiapan Administrasi Biden untuk pembicaraan yang kuat dan jujur dengan China selama minggu ini menawarkan tantangan lebih lanjut bagi pasar.
Pada saat penulisan, AUDUSD masih bergerak tipis dengan fokus zona support penting terdekat di level 0.77200 dengan resistance terdekatnya berada di areal 0.77500. Sementara, resistance terjauhnya berada di sekitar areal 0.77900 dan support terjauhnya di 0.76900.

EURUSD – EURUSD mulai stabil di sekitar 1.19000, setelah penurunan tiga hari berturut-turut sebelumnya. Harga secara luas menggambarkan pergerakan khas sentimen kehati-hatian pasar menjelang acara penting The Fed, sembari mencerna suasana risiko pasar. Perlu dicatat bahwa kegelisahan vaksin di UE masih jadi rintangan yang merepotkan akhir-akhir ini. Di sisi lai, data Indeks Harga Konsumen (CPI) Eropa untuk bulan Februari dapat menawarkan arahan menengah ke harga EURUSD. Namun, perhatian utama akan diberikan pada langkah kualitatif The Fed yang kini masih diharapkan untuk tidak menawarkan perubahan kebijakan apa pun. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.18800 dan resistance di 1.19400.

GBPUSD – GBPUSD turun kemarin untuk menguji zona 1.38, mencapai level terendah satu mingguan dan kemudian rebound mendekati 1.39 selama sesi Amerika. Di tengah suasana yang membingungkan untuk pasar, GBP kini mungkin memperhatikan komentar dari gubernur BoE dan setelah Uni Eropa yang meluncurkan tindakan hukum terkait protokol Irlandia Utara. Masih fokus pada The Fed, menyusul acara tersebut, pada hari Kamis akan menjadi giliran BoE yang tampil ke pers. Diperkirakan tidak ada perubahan dalam sikap saat ini; fokusnya adalah pada reaksi bank sentral terhadap kenaikan imbal hasil obligasi baru-baru ini. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.38800 dan resistance di 1.39200.

NZDUSD – Fluktuasi harga kemarin tidak mengejutkan di tengah kurangnya pendorong fundamental, dikombinasikan dengan rasa kehati-hatian di pasar menjelang peristiwa-peristiwa penting akhir pekan ini. Dari dalam NZ, satu-satunya berita penting datang dari data lelang GlobalDairyTrade terbaru; indeks harga GDT turun 3.8%, yang tidak buruk mengingat kenaikan harga minggu lalu sebesar 15%. Sementara harga susu murni naik 23.5%. Selain itu, angka pertumbuhan PDB Selandia Baru Q4 2020 juga disinyalir akan memberikan pasangan lebih banyak arahan. ANZ mewaspadai bahwa tingkat pertumbuhan kemungkinan akan berjuang untuk menyamai rebound luar biasa yang terlihat pada Q3 2020. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.71700 dan resistance di 0.72100.

USDCAD – Belum ada berita, ekonomi atau pandemi terkait, dari dalam Kanada pada hari Selasa, jadi fokus USDCAD secara luas memperhatikan valuasi USD dan pasar minyak mentah. Meski sempat turun, stabilitas di pasar minyak masih coba memanfaatkan jumlah persediaan minyak mentah mingguan Private API yang bullish turun 1 juta barel minggu lalu, dibandingkan ekspektasi konsensus untuk peningkatan stok 2,715 juta barel. Dalam waktu dekat, rilis data Inflasi Harga Konsumen Kanada hari ini untuk bulan Februari akan dicermati dengan cermat, begitu pula angka Indeks Harga Rumah Baru untuk Februari dan angka Penjualan Ritel untuk Januari di penghujung pekan. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.24400 dan resistance di 1.24900.

USDCHF – Data AS yang lemah gagal meninggalkan dampak abadi pada USDCHF atau sentimen pasar yang lebih luas pada hari Selasa. Sebagai referensi; Penjualan Ritel AS turun lebih dari yang diharapkan pada bulan Februari, tetapi sebagian besar mewakili dorongan yang memudar dari pemeriksaan stimulus Januari. Penjualan ritel tidak diragukan lagi akan melonjak lagi pada bulan Maret setelah pemerintah membagikan $1400 lagi kepada setiap warga AS. Sedangkan Produksi Industri di bulan Februari juga mengecewakan. Ke depannya acara penting FOMC masih jadi fokus utama yang patut diperhatikan secara luas. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.92400 dan resistance di 0.92800.

USDJPY – USDJPY berbalik lebih tinggi dengan pasa yang bergerak sementara untuk fokus tetap pada risiko pertemuan Komite Terbuka Federal (FOMC) dalam waktu dekat ini. Pada saat penulisan, USDJPY masih bergerak di kisaran dan menguji level 109.000. Perlu dicatat bahwa sentimen pasar memburuk dan menawarkan filter tambahan untuk penurunan saat ini. Oleh karenanya, adanya ancaman geopolitik dari Iran, Korea Utara, dan Rusia dapat mengambil alih kursi depan. Yang juga menantang suasana pasar adalah komentar terbaru dari diplomat AS yang menyatakan kesiapan untuk pembicaraan yang kuat dan jujur dengan China selama minggu ini. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 108.900 dan resistance di 109.300.


Data Ekonomi Harian

Jam Data Aktual Ekspektasi Sebelumnya
19:30 CAD - CPI m/m - 0.7% 0.6%
01:00 US - FOMC Economic Projections & Rates - 0.25% 0.25%

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter




ICDX MEMBER