a

Indikator Harga

Pembukaan % Perubahan
EURUSD 1.20620 -0.06%
GBPUSD 1.39510 -0.09%
AUDUSD 0.77720 0.18%
NZDUSD 0.72440 0.11%
USDJPY 106.990 0.06%
USDCHF 0.91970 -0.02%
USDCAD 1.26540 0.02%
GOLDUD 1711.460 0.10%
USD/IDR 14230 0.14%

Fokus GBPUSD:

      1. GBPUSD balik konsolidasi kenaikan kemarin
      2. Barometer risiko pasar belum tegas



Kamis, 04 Maret 2021 - GBPUSD kini sedang konsolidasi setelah mengalami peningkatan volatilitas kemarin, dengan ditutup sebagai salah satu mata uang G10 berkinerja terbaik pada hari itu. Pengumuman anggaran Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak tampaknya telah mendukung sterling. Sentimen utama harga dari dalam Inggris diwarnai pembukaan anggaran tahunan Inggris yang sebelumnya telah tertunda beberapa kali. Seperti yang diharapkan, Rishi Sunak mengumumkan paket besar langkah-langkah dukungan yang dirancang untuk memperpanjang dukungan pada sektor-sektor yang saat ini dipaksa ditutup oleh penguncian serta menyasar percepatan pemulihan pasca pandemi. Dalam mencerna kebijakan tersebut, saat ini pasar memperkirakan kenaikan suku bunga 10bps dari BoE pada akhir tahun 2022.
Perlu disebutkan bahwa perbincangan yang baru-baru ini meningkat atas stimulus $ 1.9 triliun dari Presiden AS Joe Biden, telah berada di Senat untuk dibahas dan disetujui, dan tampaknya telah mempengaruhi apsar obligasi AS. Namun pasar masih mencoba memanfaatkan aksi Biden yang mengajukan tenggat waktu untuk memvaksinasi semua lansia di bulan Mei, maju dari bulan Juli yang diproyeksikan sebelumnya. Selain itu, sisi negatif risiko dapat diwaspadai dari laporan serangan siber pada server email Microsoft yang ditautkan dari China dan plot yang dikabarkan untuk serangan lain terhadap Capitol Hill AS. Ke depan, investor akan terus mengawasi Powell dari The Fed untuk mencari petunjuk yang berkaitan dengan kekhawatiran reflasi, yang jika terwujud dapat membebani ekuitas dan komoditas setelahnya.
Pada saat penulisan, GBPUSD konsolidasi dengan fokus zona support penting terdekat di level 1.39200 dengan resistance terdekatnya berada di areal 1.39900. Sementara, resistance terjauhnya berada di sekitar areal 1.40300 dan support terjauhnya di 1.38600.

AUDUSD – Pasangan AUDUSD turun lebih jauh kemarin dan mencetak terendah harian baru di bawah 0.78 di tengah Dolar AS yang sempat secara keseluruhan. Sementara untuk arahan terbaru, pasangan dapat mengikuti arahan dari angka perdagangan optimis untuk Januari yang sementara juga memperhatikan sedikit angka Penjualan Ritel lunak untuk bulan yang disebutkan. Penjualan Ritel Australia turun di bawah estimasi awal 0.6% menjadi 0.5% MoM. Namun, Neraca Perdagangan dirilis optimis dengan surplus 10,142 juta versus 6,500 juta yang diharapkan dan 6,785 sebelumnya (dalam AUD). Meski begitu, suasana pasar tetap terikat menjelang data/peristiwa global penting minggu ini. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.77600 dan resistance di 0.78400.

EURUSD – Sempat rebound kemarin, pasangan EURUSD sempat memanfaatkan suasana pasar yang merespon rilis anggaran Inggris dan kemajuan pada RUU stimulus bersama AS yang menjanjikan lebih banyak inflasi dana dalam sistem. Namun, penurunan obligasi Eropa kini dinilai sebagai petunjuk terbaru setelah ECB menyatakan sebelumnya bahwa lonjakan imbal hasil Treasury tidak perlu dikhawatirkan. Di sisi lain, koreksi tajam harga yang dimulai sejak pagi ini juga ikut melacak hasil pertemuan beberapa pemimpin negara Eropa dengan ekspektasi beberapa tindakan dapat dicabut, sementara sebagian besar pembatasan saat ini diperkirakan akan diperpanjang hingga 28 Maret. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.20300 dan resistance di 1.20900.

NZDUSD – Fluktuasi NZDUSD masih berfokus pada rangkaian sikap Gubernur RBNZ Adrian Orr yang kembali datang dengan menolak perlunya kebijakan suportif untuk sektor rumah tangga. Dalam komentar terbarunya, Orr merincikan dampak apa pun pada kewenangan bank untuk mengikuti harga perumahan dan kebijakan pemerintah. Selain itu, dia dan timnya juga mengulangi kuatnya ketidakpastian ekonomi terkait kesehatan tetapi mengesampingkan tantangan apa pun terhadap kebijakan moneter. Di tempat lain, Presiden AS Joe Biden dan sejumlah pejabat di Asia Pasifik tetap optimis terkait distribusi vaksin terbaru. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.72300 dan resistance di 0.72700.

USDCAD – Pasangan USDCAD naik ke tertinggi harian di atas 1.26 namun perlahan kehilangan daya tariknya dengan kenaikan harga minyak mentah memberikan dorongan untuk Loonie yang sensitif terkait komoditas. Setelah menghabiskan paruh pertama hari perdagangan dalam kisaran yang relatif ketat sekitar $60, barel West Texas Intermediate (WTI) naik tajam dengan mengabaikan fakta bahwa laporan mingguan EIA menunjukkan peningkatan besar dalam stok minyak mentah AS. Kendati demikian, komentar bullish dari Presiden AS tentang peluncuran vaksin di AS serta komentar bullish dari sumber OPEC + juga dikutip sebagai penyebab performa baik pasar minyak mentah kemarin. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.26300 dan resistance di 1.26700.

USDCHF – Masih fokus terhadap USD, fluktuasi harga dibantu oleh rilis data ekonomi dari AS yang datang di bawah ekspektasi. Laporan ADP menunjukkan peningkatan lapangan kerja sebanyak 117 ribu pada Februari di bawah 177 ribu konsensus pasar. Sementara itu, data sektor Jasa ISM mengejutkan secara negatif dengan indeks utama jatuh dari 58.7 menjadi 55.3; sementara indeks harga melonjak dari 64.2 menjadi 71.8. Selanjutnya, Klaim Pengangguran mingguan dan detail Q4 untuk Produktivitas Non Pertanian dan Biaya Tenaga Kerja akan menjadi data utama tetapi tidak ada yang lebih penting dari pidato Ketua Fed Jerome Powell malam hari nanti. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.91600 dan resistance di 0.92100.

USDJPY – USDJPY telah bergerak sideways dengan terus menggoda level 107, tidak mampu menembus kembali ke atas secara meyakinkan untuk menguji level tertinggi sesi. Sentimen pasar tetap berat karena kekhawatiran refleksi kembali melonjak setelah pembuat kebijakan ECB mengesampingkan kebutuhan serius untuk menjinakkan penurunan obligasi. Sementara di sisi positif, anggaran Inggris dan kemajuan stimulus AS juga jadi pertahanan sentimen pasar. Di tempat lain, AS mengeluarkan peringatan darurat setelah peretas yang terkait dengan China disinyalir telah mengobrak-abrik server email Microsoft. Pada saat penulisan harga bergerak dengan support di areal 106.800 dan resistance di 107.100.


Data Ekonomi Harian

Jam Data Aktual Ekspektasi Sebelumnya
03:15 NZ - RBNZ Gov Orr Speaks - - -
All Day All - OPEC-JMMC Meetings - - -

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter




ICDX MEMBER