Home
>
News
>
Publication
Carbon News & Insights
Monday, 18 September 2023
Publication
Renewable Energy Certificate (REC) have become increasingly popular in recent years as the demand for clean and sustainable energy sources continues to grow. REC is a market-based instrument that represents the property rights to the environmental, social, and other non-power attributes of renewable electricity generation. When one megawatt-hour (MWh) of electricity is generated and delivered to the electricity grid from a renewable energy resource, a REC is issued to certify the ownership of that renewable energy.
Carbon News & Insights
Perjanjian Paris bertujuan untuk memperkuat respon global terhadap ancaman perubahan iklim, dalam konteks pemberantasan kemiskinan dan pembangunan berkelanjutan. Hal ini diimplementasikan untuk mencerminkan prinsip ‘tanggung jawab yang sama namun berbeda’ dan juga kemampuan masing-masing dalam bentuk Nationally Determined Contributions (NDCs).
Carbon News & Insights
The voluntary carbon market is a financial vehicle that provides opportunities for them to achieve their climate commitments. It was created to mitigate climate change by creating space for private players to finance activities that remove GHG emissions associated with industries, transportation, energy, buildings, agriculture, and deforestation.
Carbon News & Insights
Pasar karbon sukarela atau voluntary carbon market adalah sarana keuangan yang memberikan peluang untuk mencapai komitmen iklim dengan menciptakan ruang bagi pemain swasta untuk membiayai kegiatan yang menghilangkan emisi GRK terkait dengan industri, transportasi, energi, infrastruktur, pertanian, dan deforestasi.
Carbon News & Insights
Pasal 6 dari Persetujuan Paris dimaksud untuk memfasilitasi ambisi melalui peningkatan efisiensi dengan cara mengurangi variabilitas dalam biaya marjinal pengurangan emisi di berbagai macam negara, memungkinkan para pihak untuk mengimplementasikan Nationally Determined Contribution (NDC) secara kooperatif, baik melalui kerjasama secara langsung maupun mitigasi yang ditransfer secara internasional. Sistem kooperatif sebagaimana dimaksud di pasal tersebut meliputi keterkaitan kebijakan yang homogen, yakni berbagai kebijakan berbasis pasar dan salah satunya adalah Pasar Karbon Sukarela (Voluntary Carbon Market).
Carbon News & Insights
Teknologi karbon atau teknologi hijau secara umum mengikuti prinsip ekologi dan hukum ekonomi yang ekologis, yaitu penghematan sumber daya dan energi, eliminasi atau pengurangan polusi serta kerusakan lingkungan, dan meminimalkan dampak negatif ekologis dalam proses inovasi.
Carbon News & Insights
Thursday, 03 November 2022
Publication
Isu krisis iklim semakin mengkhawatirkan sehingga urgensi untuk bisnis berkelanjutan semakin meningkat. Sejak revolusi industri, pertumbuhan manusia sangat bergantung pada sektor keuangan. Peran utama sektor keuangan adalah untuk mengelola keuangan global secara efisien dan penggunaan investasi yang tepat bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat.
Carbon News & Insights
Wednesday, 02 November 2022
Publication
Perdagangan unit emisi karbon sukarela merupakan bentuk perdagangan yang bisa memberi insentif berbasis pasar kepada proyek-proyek penurunan emisi. Proyek-proyek yang dapat menyerap emisi karbon dari atmosfer ataupun yang bisa menurunkan emisi karbon yang dilepaskan, bisa mendapatkan sertifikasi atas besarnya unit emisi karbon yang berhasil dikurangi atau dihindari. Unit emisi karbon ini kemudian dapat dijual kepada perusahaan-perusahaan yang berpotensi menghadapi regulasi seperti CBAM di atas atau regulasi terkait pembatasan emisi karbon lainnya. Hasil penjualan tentu digunakan oleh penyelenggara proyek untuk memelihara dan bahkan memperluas proyek penurunan emisi karbon yang dilakukan tersebut.
Member of
© Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 3002 7788