Home
>
News
>
Publication
Bulletin
Monday, 22 January 2024
Publication
Indonesia merupakan negara produsen minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil/CPO) terbesar di dunia. Hal ini membuat kelapa sawit menjadi salah satu komoditas perkebunan yang memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Bagaimana potensi kelapa sawit Indonesia? Dan bagaimana upaya yang perlu dilakukan untuk terus mengembangkan industri kelapa sawit nasional? Simak ulasan lengkapnya dalam The Source Issue 28.
Carbon News & Insights
Monday, 18 September 2023
Publication
Renewable Energy Certificate (REC) have become increasingly popular in recent years as the demand for clean and sustainable energy sources continues to grow. REC is a market-based instrument that represents the property rights to the environmental, social, and other non-power attributes of renewable electricity generation. When one megawatt-hour (MWh) of electricity is generated and delivered to the electricity grid from a renewable energy resource, a REC is issued to certify the ownership of that renewable energy.
Bulletin
Friday, 04 August 2023
Publication
Indonesia, dengan penduduk lebih dari 237 juta jiwa, memiliki penduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia. Dengan begitu, Indonesia memiliki peluang besar dalam mengembangkan industri keuangan syariah. Komoditi syariah hadir sebagai salah satu inovasi yang dapat mendukung pertumbuhan industri keuangan syariah.
Carbon News & Insights
Perjanjian Paris bertujuan untuk memperkuat respon global terhadap ancaman perubahan iklim, dalam konteks pemberantasan kemiskinan dan pembangunan berkelanjutan. Hal ini diimplementasikan untuk mencerminkan prinsip ‘tanggung jawab yang sama namun berbeda’ dan juga kemampuan masing-masing dalam bentuk Nationally Determined Contributions (NDCs).
Carbon News & Insights
The voluntary carbon market is a financial vehicle that provides opportunities for them to achieve their climate commitments. It was created to mitigate climate change by creating space for private players to finance activities that remove GHG emissions associated with industries, transportation, energy, buildings, agriculture, and deforestation.
Carbon News & Insights
Pasar karbon sukarela atau voluntary carbon market adalah sarana keuangan yang memberikan peluang untuk mencapai komitmen iklim dengan menciptakan ruang bagi pemain swasta untuk membiayai kegiatan yang menghilangkan emisi GRK terkait dengan industri, transportasi, energi, infrastruktur, pertanian, dan deforestasi.
Bulletin
Wednesday, 03 May 2023
Publication
Sebagai negara produsen berbagai komoditas unggulan dunia, Indonesia tentunya memiliki peran strategis dalam perekonomian dunia. Bagaimana peran sentral Indonesia dalam berbagai komoditas unggulan seperti Crude Palm Oil (CPO) dan timah? Simak ulasan lengkapnya dalam The Source Issue 26.
Carbon News & Insights
Pasal 6 dari Persetujuan Paris dimaksud untuk memfasilitasi ambisi melalui peningkatan efisiensi dengan cara mengurangi variabilitas dalam biaya marjinal pengurangan emisi di berbagai macam negara, memungkinkan para pihak untuk mengimplementasikan Nationally Determined Contribution (NDC) secara kooperatif, baik melalui kerjasama secara langsung maupun mitigasi yang ditransfer secara internasional. Sistem kooperatif sebagaimana dimaksud di pasal tersebut meliputi keterkaitan kebijakan yang homogen, yakni berbagai kebijakan berbasis pasar dan salah satunya adalah Pasar Karbon Sukarela (Voluntary Carbon Market).
Member of
© Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 3002 7788