Home
>
News
>
Publication
Weekly Report
ICDX’s gold price ticked 0.52% higher than previous week as the release of US manufacturing activity showed slowed economic conditions and US House Of Representatives Speaker Nancy Pelosi visited Taiwan.
Articles
Berinvestasi dalam aset menghadapkan investor pada berbagai faktor risiko, terlepas dari kelasnya. Risiko biasanya dikaitkan dengan tingkat ketidakpastian dan potensi kerugian finansial. Empat risiko utama terkait dengan volatilitas dan risiko pasar, opportunity cost, likuiditas, dan faktor yang spesifik dengan perusahaan. Sekarang, banyak regulator sudah mengakui pemanasan global sebagai risiko keuangan sistemik. Peningkatan suhu, naiknya permukaan laut, dan perubahan ekstrim dalam pola cuaca memicu implikasi ekonomi, sosial, dan keuangan yang mengkhawatirkan secara global. Sebagai tanggapan, pemerintah telah memberlakukan kebijakan dan bisnis-bisnis telah mengubah model mereka untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Perubahan dalam kebijakan dan dinamika pasar telah membuat investor mempertanyakan apakah aset dan perusahaan yang intensif karbon akan lebih terpapar risiko keuangan. Ketidakpastian transisi ini bervariasi untuk berbagai jenis aset, tergantung pada seberapa banyak aset tersebut terpapar sumber yang intensif karbon seperti bahan bakar fosil.
Articles
Tuesday, 09 August 2022
Publication
Pasar karbon menjadi salah satu solusi dalam mengurangi emisi yang sulit untuk dihindarkan untuk sektor-sektor yang membangun ekonomi, dan kemungkinan untuk individu juga. Di saat kita bertransisi ke teknologi dan sumber energi yang lebih berkelanjutan, offset karbon menyediakan batu loncatan supaya mencapai netralitas karbon, instrumen yang selama ini dianggap sebagai komoditi karena kemampuannya dalam memberikan nilai ekonomi yang dapat diperjualbelikan. Namun, kredit karbon tidak terbatas pada perdagangan hak dari satu pihak ke pihak lain. Dengan berkembangnya teknologi, terutama blockchain, perdagangan kredit karbon telah bertumbuh secara kreatif. Teknologi ini membawa transparansi ke perdagangan komoditi sebagai sebuah solusi dalam mengurangi penipuan di sektor ini. Blockchain memungkinkan data untuk didistribusikan ke banyak basis data dan dengan demikian memberikan transparansi dalam proses sebuah komoditi dari tambang ke produk manufakturnya.
Sharia
Subrogasi merupakan penggantian kedudukan kreditur oleh pihak ketiga. Penggantian oleh pihak ketiga yang dimaksud bukan untuk membebaskan hutang dan kewajiban debitur namun, menggantikan kedudukan kreditur lama menjadi kreditur baru.
Articles
Tuesday, 09 August 2022
Publication
Perdagangan unit karbon atau perdagangan kredit karbon adalah mekanisme yang memungkinkan adanya insentif berbasis pasar bagi pihak yang berhasil melakukan upaya-upaya penurunan emisi karbon. Negara-negara yang menerapkan mekanisme cap and trade, akan menentukan kuota emisi karbon suatu perusahaan dalam periode tertentu berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Perusahaan yang hasil audit emisi karbonnya berhasil mencapai tingkat emisi di bawah kuota yang ditetapkan, bisa menjual sisa kuotanya melalui pasar karbon. Sementara perusahaan yang melebihi kuota, harus membeli kuota emisi dari perusahaan lain atau menghadapi denda yang besar.
Articles
Tuesday, 09 August 2022
Publication
Pengendalian emisi karbon adalah salah satu tantangan terbesar dalam menghadapi bahaya pemanasan global. Maka penting bagi tiap negara untuk menyiapkan sistem perdagangan karbon yang terstruktur, tak terkecuali di Indonesia. Berdasarkan definisi komoditi pada Undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2011, karbon termasuk sebagai komoditi, seperti halnya perdagangan karbon sebagai komoditi di pasar global.
Articles
Monday, 08 August 2022
Publication
Pertanian menghasilkan emisi karbon? Itu adalah pertanyaan yang sering kami jumpai ketika masyarakat awam pertama kali berhadapan dengan informasi ini. Karena persepsi yang umumnya dipahami adalah bahwa tanaman akan menyerap karbon dioksida. Memang benar, tanaman menyerap karbon dioksida pada siang hari dan melepaskan oksigen. Sebaliknya, dalam proses respirasi tumbuhan di malam hari, tumbuhan pada umumnya akan melepaskan karbon dioksida. Namun itu adalah proses yang sudah diperhitungkan oleh para ahli dalam perhitungan upaya pengurangan emisi karbon. Bagaimanapun, manfaat hutan dalam mengurangi gas rumah kaca di atmosfer sangat besar.
Weekly Report
The price of ICDX tin at the end of July moved up from last week to the level of $25,100.00 per tonne, the improved performance of Tin was due to tight supply affected by production that has not yet recovered due to the condition of China as the world's largest Tin producer and consumer, which is still dynamic with COVID- 19.
Member of
© Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)
Join Our Monthly Newsletter
Follow Us
Contact Us
Midpoint Place, 22nd Floor, K.H. Fachrudin Street No. 26, Tanah Abang, Jakarta Pusat
+62 21 3002 7788